Cara Membuat Gudeg Jogja dan Krecek – Mudah dan Menggugah Selera!

by

Jogjabay.id

Jogjabay.idCara Membuat Gudeg Jogja dan Krecek Gudeg Jogja dan krecek merupakan salah satu makanan khas dari Yogyakarta yang sangat terkenal dan banyak dicari oleh wisatawan. Gudeg Jogja adalah olahan nangka muda yang dimasak dengan rempah-rempah khas Jawa, sedangkan krecek adalah olahan kulit sapi yang dimasak dengan bumbu pedas. Kuliner ini sangat menggugah selera, apalagi disantap saat cuaca dingin. Dijamin, deh, maknyus banget!

Nah, di dalam tulisan kali ini saya akan mengulas tentang kuliner khas Kota Pelajar Jogja yakni gudeg dan krecek, serta bagaimana cara membuat gudeg Jogja dan krecek yang gurih dan nikmat. Teruslah membaca!

Sejarah Gudeg Jogja dan Krecek

Sebelum kita membahas cara membuat gudeg Jogja dan krecek, saya akan bercerita sedikit tentang sejarah Gudeg Jogja dan Krecek. Biar Anda memiliki sedikit wawasan dengan kuliner satu ini. Gudeg Jogja dan Krecek adalah makanan khas dari Yogyakarta yang sangat terkenal di Indonesia dan di seluruh dunia. Namun, sedikit yang tahu tentang sejarah di balik kedua makanan ini.

Gudeg

Gudeg merupakan makanan yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan bumbu rempah khas Indonesia seperti lengkuas, daun salam, dan gula merah. Makanan ini biasanya disajikan dengan ayam, telur, atau krecek, dan disajikan dengan nasi putih. Gudeg sebenarnya sudah ada sejak zaman Mataram Kuno sekitar abad ke-8, dan mungkin berasal dari India atau Timur Tengah.

Namun, makanan ini diperkenalkan ke Yogyakarta oleh raja-raja Mataram pada abad ke-16. Saat itu, gudeg hanya disajikan pada saat-saat tertentu seperti perayaan keluarga atau upacara keagamaan.

Krecek

Sementara itu, krecek adalah makanan yang terbuat dari jeroan sapi, seperti paru-paru dan limpa, yang dimasak dengan bumbu kacang yang pedas dan gurih. Krecek menjadi pelengkap yang biasa disajikan bersama gudeg atau soto. Awalnya, krecek juga hanya disajikan pada acara-acara tertentu seperti pesta pernikahan atau khitanan.

Baca juga:  Cara Sadap WA Pacar Jarak Jauh Via Social Spy WhatsApp

Ketika zaman kolonial Belanda, makanan-makanan tradisional Indonesia seperti gudeg dan krecek semakin terpinggirkan karena pengaruh budaya Barat yang semakin kuat. Namun, setelah kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945, gudeg dan krecek kembali populer di Yogyakarta dan di seluruh Indonesia. Bahkan, kedua makanan ini telah menjadi ikon kuliner dari Yogyakarta.

Pada tahun 1950-an, pedagang gudeg mulai membuka warung kecil di sekitar kota Yogyakarta, dan makanan ini semakin dikenal oleh masyarakat. Bahkan, kini sudah banyak restoran dan kafe yang menyajikan gudeg sebagai menu utama. Selain itu, krecek juga semakin populer dan kini tersedia dalam berbagai varian, seperti krecek telur, krecek kulit sapi, dan krecek tempe.

Tidak hanya itu, gudeg dan krecek juga telah menjadi komoditas ekonomi yang penting bagi Yogyakarta. Banyak pengusaha kuliner yang membuka usaha di sekitar kota untuk menawarkan makanan khas ini kepada para pelancong. Selain itu, kini sudah banyak produsen makanan yang membuat gudeg dan krecek dalam kemasan siap saji, sehingga para pelanggan dapat menikmati makanan ini di mana saja.

Seiring berjalannya waktu, gudeg dan krecek tetap menjadi makanan yang dicintai oleh masyarakat Jogja dan Indonesia secara umum. Kedua makanan ini tidak hanya lezat dan bergizi, tetapi juga mengandung nilai sejarah dan kebudayaan yang sangat penting. 

Cara Membuat Gudeg Jogja dan Krecek

Okay. Sejarah soal Gudeg dan Krecek sudah kita bahas panjang lebar. Sekarang kita masuk ke pembahasan inti: bagaimana cara membuat Gudeg Jogja dan Krecek. Apa saja bumbu-bumbu dan resepnya? Penasaran? Yuk kita mulai! 

Berikut adalah cara membuat Gudeg Jogja dan Krecek dengan bumbu-bumbu sederhana yang mudah Anda temukan di warung-warung kecil di sekitar rumah Anda.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat gudeg Jogja:

  • 1 kg nangka muda
  • 500 ml santan kelapa
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai, memarkan
  • 1 ruas lengkuas, memarkan
  • 3 butir telur rebus, kupas kulitnya
  • Garam secukupnya
  • Gula merah secukupnya
  • Minyak untuk menumis
Baca juga:  7 Cara Mendapatkan Bantuan Bedah Rumah Secara Online!

Cara membuat gudeg Jogja:

  • Potong-potong nangka muda sesuai selera.
  • Tumis daun salam, daun jeruk, serai, dan lengkuas hingga harum.
  • Masukkan nangka muda, garam, dan gula merah. Aduk rata.
  • Tuang santan kelapa, aduk rata.
  • Tambahkan telur rebus dan masak hingga nangka muda empuk dan santan kelapa meresap.

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat krecek:

  • 200 gram kulit sapi, rendam dalam air panas hingga lembut, lalu potong-potong
  • 500 ml air
  • 2 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai, memarkan
  • 1 ruas lengkuas, memarkan
  • 3 buah cabai merah, iris tipis
  • 3 buah cabai rawit, iris tipis
  • 2 sendok makan minyak goreng
  • 1 sendok teh garam
  • 1 sendok makan gula jawa, sisir halus
  • 1 sendok makan air jeruk nipis

Cara membuat krecek:

  • Tumis daun salam, daun jeruk, serai, dan lengkuas hingga harum.
  • Masukkan cabai merah, cabai rawit, dan kulit sapi. Aduk rata.
  • Tambahkan air, garam, dan gula jawa. Aduk rata.
  • Masak hingga kulit sapi empuk dan kuah meresap.
  • Tambahkan air jeruk nipis dan aduk rata.

Nah, itu dia cara membuat Gudeg Jogja dan Krecek. Mudah bukan? Dan, untuk penyajiannya, Gudeg Jogja dan krecek biasanya disajikan bersama dengan nasi putih, telur rebus, ayam suwir, dan sambal goreng krecek. Sambal goreng krecek dapat dibuat dengan cara menumis krecek bersama dengan bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, dan petis udang.

Informasi tambahan: Tempat Makan Gudeg dan Krecek Recommended di Jogja

Informasi ini mungkin penting untuk Anda, khususnya bagi Anda yang sedang jalan-jalan ke Jogja, yang tertarik mencicipi gudeg dan krecek, khas Kota Pelajar itu. Berikut adalah 5 tempat makan gudeg yang terkenal enak di Jogja yang direkomendasikan untuk sarapan.

1. Gudeg Basah Mbok Mandeg

Gudeg Basah Mbok Mandeg
Gudeg Basah Mbok Mandeg

Di Yogyakarta, terdapat banyak tempat yang menyediakan gudeg, salah satunya adalah Gudeg Basah Mbok Mandeg. Gudeg Basah Mbok Mandeg terletak di kawasan Wijilan, Yogyakarta. Tempat ini sudah cukup terkenal di kalangan warga setempat maupun wisatawan. Gudeg yang disajikan di sini terasa sangat lezat dengan bumbu yang meresap sempurna pada daging dan telurnya. Selain itu, tempat ini juga memiliki suasana yang nyaman dan harga yang terjangkau.

Baca juga:  10 Cara Agar Voucher MAP Bisa Digunakan di Alfamart

2. Gudeg Yu Djum Wijilan 167

Gudeg Yu Djum Wijilan 167
Gudeg Yu Djum Wijilan 167

Selain Gudeg Basah Mbok Mandeg, Gudeg Yu Djum Wijilan 167 juga menjadi salah satu tempat yang sangat direkomendasikan bagi para pecinta kuliner. Tempat ini terletak di Wijilan, Yogyakarta. Gudeg yang disajikan di sini sangat lezat dengan tekstur nangka yang empuk dan bumbu yang meresap sempurna. Harga yang ditawarkan di sini juga cukup terjangkau dan suasana tempat yang ramah membuat pengunjung merasa nyaman.

3. Gudeg Jogja Gudeg Bu Djati

Gudeg Jogja Gudeg Bu Djati edited 1
Gudeg Jogja Gudeg Bu Djati

Selanjutnya, Gudeg Jogja Gudeg Bu Djati juga merupakan salah satu tempat yang wajib dikunjungi bagi pecinta gudeg. Terletak di Jalan Wates, Yogyakarta, tempat ini menyajikan gudeg dengan cita rasa yang khas dan harga yang terjangkau. Selain itu, suasana tempat yang nyaman dan bersih membuat pengunjung betah untuk menikmati hidangan gudeg yang lezat.

4. Gudeg Jogja Malioboro

Gudeg Jogja Malioboro
Gudeg Jogja Malioboro

Tidak hanya itu, Gudeg Jogja Malioboro juga menjadi salah satu tempat favorit bagi para pecinta gudeg. Terletak di Jalan Malioboro, tempat ini menyajikan gudeg dengan rasa yang khas dan tekstur nangka yang empuk. Selain itu, tempat ini juga memiliki suasana yang nyaman dan harga yang terjangkau.

5. Gudeg Jogja Bu Parto Utomo

Gudeg Jogja Bu Parto Utomo
Gudeg Jogja Bu Parto Utomo

Terakhir, Gudeg Jogja Bu Parto Utomo juga menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi bagi pecinta kuliner. Terletak di kawasan Sosrowijayan, tempat ini menyajikan gudeg dengan rasa yang khas dan tekstur nangka yang empuk. Selain itu, tempat ini juga menyediakan berbagai jenis lauk pendamping yang enak dan harga yang terjangkau.

Demikianlah artikel tentang cara membuat gudeg Jogja dan krecek dan beberapa rekomendasi tempat makan gudeg terkenal di Jogja yang bisa menjadi referensi untuk menikmati kuliner khas Yogyakarta. Semoga bermanfaat!

jogjabay

Jogjabay.id

Jogjabay.id merupakan official website resmi Jogja Bay Waterpark. Situs ini memberikan informasi & update terbaru seputar wisata di Yogyakarta dan daerah lain di Indonesia.

Artikel Terkait