Resep Sambal Goreng Krecek Kacang Tolo Khas Jogja Terbaru

by

Jogjabay.id

Jogjabay.idResep Sambal Goreng Krecek Kacang Tolo Khas Jogja Sambal goreng krecek kacang tolo adalah salah satu hidangan khas dari Jogja, kota yang terkenal dengan kekayaan kuliner Indonesia. Sambal ini menjadi favorit di kalangan pecinta makanan pedas dan menggugah selera. Dengan rasa pedas yang khas dan tekstur yang gurih, sambal goreng krecek kacang tolo menawarkan pengalaman kuliner yang unik dan memikat.

Jogja, sebagai pusat kebudayaan Jawa, telah melahirkan berbagai hidangan dan resep yang kaya akan cita rasa dan warisan budaya. Salah satunya adalah Resep Sambal Goreng Krecek Kacang Tolo Khas Jogja. Sambal goreng krecek kacang tolo merupakan salah satu hidangan yang mencerminkan kekayaan kuliner Jogja. 

Dalam artikel ini, kami akan berbagi resep lengkap dan langkah-langkah untuk membuat sambal goreng krecek kacang tolo khas Jogja di rumah. Kami juga akan memberikan tips dan trik yang berguna dalam proses pembuatan hidangan ini. Dengan mengikuti resep sambal goreng krecek kacang tolo khas Jogja, Anda dapat menikmati kelezatan sambal goreng krecek kacang tolo khas Jogja di meja makan Anda sendiri. Yuk, mari kita mulai menciptakan hidangan lezat ini!

Resep Sambal Goreng Krecek Kacang Tolo Khas Jogja

Resep Sambal Goreng Krecek Kacang Tolo Khas Jogja
Resep Sambal Goreng Krecek Kacang Tolo Khas Jogja

Sambal goreng krecek kacang tolo khas Jogja memiliki keunikan dan popularitas yang mencerminkan warisan kuliner kota ini. Sebelum kita membahas tentang resep sambal goreng krecek kacang tolo khas Jogja, di bagian ini, kita akan menjelajahi keunikan hidangan ini dan mengapa ia begitu populer di Jogja.

Baca juga:  7 Jurusan di UPN Jogja dan Akreditasinya Terbaik 2024

Keunikan Sambal Goreng Krecek Kacang Tolo

Kombinasi Bahan Utama yang Menarik

Resep sambal goreng krecek kacang tolo khas Jogja menggabungkan dua bahan utama yang unik: krecek dan kacang tolo. Krecek adalah kulit sapi yang digoreng kering dan memberikan rasa gurih serta tekstur yang renyah. Di sisi lain, kacang tolo atau kacang merah muda, memberikan sentuhan lembut dan kaya akan nutrisi. Kombinasi ini menciptakan kontras yang menarik dalam cita rasa dan tekstur hidangan.

Cita Rasa Pedas yang Khas

Sambal goreng krecek kacang tolo memiliki cita rasa pedas yang khas. Cabai merah keriting dan cabai rawit memberikan tingkat kepedasan yang dapat disesuaikan dengan selera. Pedasnya sambal ini memberikan sensasi yang menggugah selera dan menjadi ciri khas hidangan ini.

Aroma dan Rempah-rempah Tradisional

Hidangan ini juga ditandai dengan penggunaan rempah-rempah tradisional seperti bawang merah, bawang putih, daun salam, serai, dan terasi. Rempah-rempah ini memberikan aroma harum dan cita rasa yang kaya pada sambal goreng krecek kacang tolo.

Resep Sambal Goreng Krecek Kacang Tolo Khas Jogja: Bahan-bahan dan Cara Membuatnya

Bahan-bahan yang diperlukan:

  1. 200 gram krecek
  2. 150 gram kacang tolo
  3. 5 buah cabai merah keriting, iris tipis
  4. 3 buah cabai rawit merah, iris tipis (sesuai selera)
  5. 4 siung bawang putih, cincang halus
  6. 3 siung bawang merah, cincang halus
  7. 2 lembar daun salam
  8. 1 batang serai, memarkan
  9. 1 sendok teh terasi, sangrai
  10. 1 sendok makan gula merah, serut
  11. 1 sendok teh garam
  12. 1/2 sendok teh merica bubuk
  13. 200 ml air matang
  14. Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat:

  1. Pertama, rendam kacang tolo dalam air selama minimal 6 jam. Setelah itu, tiriskan dan rebus kacang tolo dalam air mendidih hingga empuk. Tiriskan dan sisihkan.
  2. Panaskan minyak goreng dalam wajan. Goreng krecek hingga kering dan renyah. Tiriskan dan sisihkan.
  3. Dalam wajan yang sama, tumis bawang putih, bawang merah, cabai merah keriting, cabai rawit merah, daun salam, dan serai hingga harum.
  4. Tambahkan terasi yang sudah disangrai, gula merah, garam, dan merica bubuk. Aduk rata.
  5. Masukkan kacang tolo yang sudah direbus dan krecek yang telah digoreng. Aduk hingga semua bahan tercampur merata.
  6. Tuangkan air matang ke dalam wajan. Masak dengan api sedang hingga air menyusut dan bumbu meresap ke dalam krecek dan kacang tolo.
  7. Angkat sambal goreng krecek kacang tolo dari wajan dan sajikan dalam mangkuk atau piring saji.
  8. Sambal goreng krecek kacang tolo khas Jogja siap untuk dinikmati. Hidangan ini dapat disajikan sebagai pelengkap nasi atau bisa juga sebagai lauk pendamping ketupat atau lontong. Rasanya yang pedas, gurih, dan sedikit manis akan menggugah selera Anda.
Baca juga:  10 Hotel Dengan Private Pool di Jogja yang Populer Saat Ini

Waktu yang Tepat Untuk Merebus Kacang Tolo

Kacang tolo adalah bahan utama yang harus direbus hingga empuk dalam sambal goreng krecek kacang tolo khas Jogja. Berikut adalah waktu yang tepat dalam merebus kacang tolo agar matang sempurna:

Rendam kacang tolo terlebih dahulu

Sebelum merebus kacang tolo, rendam kacang tolo dalam air selama beberapa jam atau semalaman. Hal ini akan membantu kacang tolo menjadi empuk dan lebih mudah direbus.

Rebus kacang tolo dalam air yang cukup banyak

Rebus kacang tolo dalam air yang cukup banyak dan jangan biarkan air mendidih terlalu kencang. Gunakan api sedang dan aduk kacang tolo secara teratur agar matang secara merata.

Periksa kematangan kacang tolo

Setelah merebus selama sekitar 45 menit, periksa kematangan kacang tolo dengan mencoba memecah satu kacang. Jika kacang tolo sudah empuk, matikan api dan biarkan kacang tolo dalam air panas selama beberapa menit lagi.

Tiriskan kacang tolo

Setelah kacang tolo matang sempurna, tiriskan kacang tolo di atas saringan atau kain saring untuk menghilangkan kelebihan air.

Dengan mengikuti waktu yang tepat dalam merebus kacang tolo, kacang tolo akan matang sempurna dan menjadi empuk, sehingga akan memberikan rasa lembut dan kaya akan nutrisi dalam sambal goreng krecek kacang tolo yang Anda buat.

Cara Menggoreng Krecek Agar Hasilnya Kering dan Renyah

Krecek adalah bahan utama dalam sambal goreng krecek kacang tolo khas Jogja yang harus digoreng hingga kering dan renyah. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda menggoreng krecek agar hasilnya kering dan renyah:

Pilih krecek yang berkualitas

Pastikan krecek yang akan Anda gunakan berkualitas baik dan tidak terlalu lembek atau terlalu keras. Pilih krecek yang agak tebal dan berwarna coklat kehitaman.

Baca juga:  Mudah! Inilah Cara Daftar Shopee Food Driver Jogja [Update 2024]

Iris krecek dengan ukuran yang sama

Untuk memastikan krecek matang secara merata, istilahkan krecek dengan ukuran yang sama. Hindari mengiris krecek yang terlalu besar atau terlalu kecil.

Panaskan minyak dengan suhu sedang

Panaskan minyak dalam wajan dengan suhu sedang, jangan terlalu panas. Jika minyak terlalu panas, krecek akan cepat gosong di bagian luar dan belum matang di dalamnya.

Goreng krecek dalam porsi kecil

Goreng krecek dalam porsi kecil dan jangan terlalu banyak sekaligus. Hal ini akan membantu menghindari krecek yang saling menempel dan tidak matang secara merata.

Jangan gunakan tutup wajan

Jangan gunakan tutup wajan saat menggoreng krecek, karena akan membuat uap yang dihasilkan tidak bisa keluar dan membuat krecek menjadi lembek.

Tiriskan krecek di atas kertas minyak

Setelah digoreng, tiriskan krecek di atas kertas minyak atau tisu untuk menghilangkan kelebihan minyak. Hindari menaruh krecek di atas piring yang masih panas karena akan membuat krecek menjadi lembek.

Kesimpulan

Nah, itu dia beberapa tips untuk menerapkan Resep Sambal Goreng Krecek Kacang Tolo Khas Jogja yang enak. Dengan mengikuti tips dan trik di atas, Anda dapat menghasilkan krecek yang kering dan renyah, sehingga sambal goreng krecek kacang tolo yang Anda buat akan memiliki tekstur yang pas dan nikmat untuk disantap.

Semoga resep sambal goreng krecek kacang tolo khas Jogja ini bisa menjadi hidangan yang lezat dan menggugah selera di rumah Anda. Selamat mencoba!

jogjabay

Jogjabay.id

Jogjabay.id merupakan official website resmi Jogja Bay Waterpark. Situs ini memberikan informasi & update terbaru seputar wisata di Yogyakarta dan daerah lain di Indonesia.

Artikel Terkait