Mudah! Inilah Cara Daftar Shopee Food Driver Jogja [Update 2024]

by

Jogjabay.id

Cara Daftar Shopee Food Driver Jogja

Jogjabay.idCara Daftar Shopee Food Driver Jogja Shopee Food merupakan salah satu platform pemesanan makanan online yang saat ini semakin populer di Indonesia. Shopee Food adalah layanan pengantaran makanan yang ditawarkan oleh platform e-commerce terbesar di Asia Tenggara, Shopee. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk memesan makanan dari restoran terdekat dan mengirimkannya langsung ke rumah atau tempat kerja mereka.

Bagi Anda yang berdomisili di Jogja dan ingin mendaftar menjadi driver Shopee Food, berikut adalah beberapa langkah cara daftar shopee food driver jogja yang harus Anda lakukan:

Cara Daftar Shopee Food Driver Jogja Tahun 2023

Cara Daftar Shopee Food Driver Jogja 1
Cara Daftar Shopee Food Driver Jogja

1. Memenuhi syarat

Syarat utama untuk menjadi driver Shopee Food adalah memiliki SIM C aktif dan kendaraan bermotor yang layak jalan. Kendaraan yang digunakan untuk pengantaran makanan dapat berupa sepeda motor atau mobil, tergantung dari kebijakan wilayah tempat tinggal driver.

Selain syarat fisik kendaraan, calon driver Shopee Food juga harus memastikan bahwa mereka memiliki smartphone yang dapat dihubungkan dengan aplikasi Shopee Food. Dalam aplikasi ini, driver dapat memilih pesanan yang ingin diambil, memantau lokasi pengantaran makanan, serta mengirimkan notifikasi kepada pelanggan tentang status pengantaran makanan mereka.

Terakhir, calon driver Shopee Food juga harus memiliki integritas dan tanggung jawab yang tinggi. Driver harus dapat memastikan keamanan dan keutuhan pesanan makanan yang diantar, serta memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan.

Dengan memenuhi syarat-syarat tersebut, calon driver Shopee Food dapat mendaftar dan bergabung dengan tim pengantar makanan mereka. Dengan menjadi driver Shopee Food, para pengemudi dapat memperoleh penghasilan tambahan dan memperluas jaringan sosial mereka.

Baca juga:  5 Cara Cek Pulsa Smartfren Mudah dan Cepat (Terbaru 2024)

2. Unduh aplikasi Shopee Food Driver

Setelah memenuhi syarat, langkah selanjutnya adalah mengunduh aplikasi Shopee Food Driver di Play Store atau App Store. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengunduh aplikasi Shopee Food Driver.

  • Pertama, kunjungi Google Play Store jika menggunakan perangkat Android atau App Store jika menggunakan perangkat iOS. Cari aplikasi Shopee Food Driver di dalam toko aplikasi dan unduh aplikasi tersebut.
  • Setelah selesai mengunduh aplikasi, buka aplikasi dan daftarkan akun Anda sebagai pengemudi Shopee Food. Anda perlu mengisi formulir pendaftaran dengan informasi yang diperlukan seperti nama lengkap, alamat email, nomor telepon, dan data kendaraan yang digunakan.
  • Setelah berhasil mendaftar, tunggu proses verifikasi dari pihak Shopee. Pastikan bahwa data yang Anda isi benar dan lengkap agar proses verifikasi berjalan lancar dan cepat. Setelah lolos verifikasi, Anda sudah siap untuk menerima pesanan pengiriman makanan melalui aplikasi Shopee Food Driver.

Aplikasi Shopee Food Driver dilengkapi dengan fitur-fitur seperti GPS untuk memudahkan pengemudi dalam mengetahui lokasi pengiriman, notifikasi pesanan, serta menu untuk melihat riwayat pengiriman dan penghasilan.

Dengan mengunduh aplikasi Shopee Food Driver, pengemudi dapat dengan mudah mengakses dan menerima pesanan pengiriman makanan dari restoran dan mengantarkan pesanan tersebut kepada konsumen dengan lebih efektif dan efisien.

3. Persiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan

Jika kamu ingin bergabung sebagai driver Shopee Food, pastikan kamu memiliki dokumen yang diperlukan. Dokumen-dokumen tersebut akan diproses oleh tim Shopee Food sebagai bagian dari verifikasi data kamu sebagai calon driver.

  • KTP

Dokumen pertama yang dibutuhkan adalah KTP. Pastikan KTP yang kamu miliki masih berlaku dan sesuai dengan nama yang akan digunakan sebagai driver Shopee Food.

  • Foto Diri

Selain KTP, kamu juga perlu menyertakan foto diri yang jelas dan terbaru untuk keperluan verifikasi identitas.

  • SIM

Selanjutnya, kamu juga perlu melampirkan SIM A (Surat Izin Mengemudi Jenis A) yang masih berlaku dan sesuai dengan kategori kendaraan yang akan kamu gunakan untuk mengantar pesanan Shopee Food. Jika kamu menggunakan kendaraan motor, kamu hanya perlu menyertakan SIM C.

  • STNK
Baca juga:  8 Cara Cek Nomor Smartfren & Solusi Voucher Tidak Masuk!

Dokumen terakhir yang perlu kamu sediakan adalah STNK kendaraan yang akan digunakan untuk mengantar pesanan Shopee Food. Pastikan STNK yang kamu miliki masih berlaku dan sesuai dengan kendaraan yang akan kamu gunakan.

Setelah semua dokumen disiapkan, kamu bisa langsung mendaftar menjadi driver Shopee Food melalui aplikasi yang sudah kamu unduh. Pastikan dokumen yang kamu unggah dalam format yang sesuai dan jelas agar proses verifikasi berjalan lancar dan cepat.

4. Verifikasi akun

Verifikasi akun pendaftaran driver Shopee Food merupakan tahap penting dalam proses pendaftaran menjadi driver Shopee Food. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa data yang diberikan oleh calon driver Shopee Food adalah benar dan valid. Berikut adalah langkah-langkah verifikasi akun pendaftaran driver Shopee Food:

  • Verifikasi Nomor Handphone (HP)

Setelah mendaftar sebagai driver Shopee Food, calon driver akan menerima SMS kode verifikasi dari Shopee Food yang harus dimasukkan ke dalam aplikasi. Hal ini dilakukan untuk memastikan nomor HP yang digunakan oleh calon driver adalah valid.

  • Verifikasi Email

Calon driver Shopee Food harus memasukkan alamat email yang valid pada saat pendaftaran. Email akan digunakan sebagai sarana komunikasi antara calon driver dengan Shopee Food. Shopee Food akan mengirimkan email verifikasi ke alamat email yang telah dimasukkan oleh calon driver. Calon driver harus membuka email tersebut dan mengikuti instruksi verifikasi yang terdapat pada email tersebut.

  • Verifikasi Identitas

Calon driver Shopee Food harus melengkapi data identitas pada aplikasi pendaftaran. Untuk proses verifikasi identitas, calon driver harus melampirkan foto KTP yang jelas dan valid. Shopee Food akan melakukan proses verifikasi data identitas yang telah dimasukkan oleh calon driver.

Setelah melalui proses verifikasi akun pendaftaran driver Shopee Food, calon driver akan mendapatkan notifikasi dari Shopee Food apakah pendaftaran telah diterima atau tidak. Jika pendaftaran diterima, calon driver akan dapat memulai tugas sebagai driver Shopee Food. Penting bagi calon driver Shopee Food untuk memberikan data yang valid dan benar agar proses verifikasi akun dapat dilakukan dengan cepat dan lancar.

Baca juga:  9 Cara Login Mitra Higgs Domino Mudah dan 100% Berhasil!

5. Menunggu proses seleksi

Setelah verifikasi akun selesai dilakukan, pihak Shopee Food akan melakukan proses seleksi terhadap calon driver yang mendaftar. Proses seleksi ini meliputi tes kesehatan, tes psikologi, dan wawancara.

6. Pelatihan

Jika Anda dinyatakan lolos seleksi, selanjutnya Anda akan diundang untuk mengikuti pelatihan sebagai driver Shopee Food. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai tugas dan tanggung jawab sebagai driver Shopee Food, serta memberikan tips dan trik untuk menjadi driver yang sukses.

7. Aktivasi akun

Setelah mengikuti pelatihan, pihak Shopee Food akan mengaktivasi akun Anda sebagai driver. Setelah itu, Anda sudah dapat mulai mengoperasikan aplikasi Shopee Food Driver dan menerima order dari pelanggan.

Tips untuk menjadi driver Shopee Food yang sukses:

  • Pastikan motor dalam kondisi yang baik dan terawat, sehingga tidak mengalami kerusakan di tengah jalan.
  • Pahami dengan baik rute yang akan Anda lewati, sehingga dapat menghindari kemacetan dan tiba di tujuan tepat waktu.
  • Jaga kualitas makanan yang diantar kepada pelanggan, sehingga pelanggan merasa puas dan kembali memesan di Shopee Food.
  • Jaga hubungan baik dengan pelanggan, dengan memberikan pelayanan yang ramah dan responsif terhadap keluhan atau masukan dari pelanggan.
  • Manfaatkan fitur-fitur yang disediakan oleh Shopee Food, seperti fitur promo atau diskon, untuk menarik pelanggan dan meningkatkan jumlah order yang diterima.

Itulah cara daftar Shopee Food Driver Jogja. Jangan lupa untuk selalu mematuhi aturan dan etika kerja yang berlaku serta mengedepankan keselamatan dalam menjalankan tugas sebagai driver. Jika kamu masih kebingungan cara daftar Shopee Food Driver Jogja setelah membaca artikel ini, kamu bisa membacanya lagi berulang-ulang sampai betul-betul paham. Selamat mencoba!

jogjabay

Jogjabay.id

Jogjabay.id merupakan official website resmi Jogja Bay Waterpark. Situs ini memberikan informasi & update terbaru seputar wisata di Yogyakarta dan daerah lain di Indonesia.

Artikel Terkait