Resep Gudeg Jogja Merah Tanpa Daun Jati ala Rumahan

by

Jogjabay.id

Resep Gudeg Jogja Merah Tanpa Daun Jati

Jogjabay.id Resep Gudeg Jogja Merah Tanpa Daun Jati Kota Jogja yang terkenal sebagai Kota Pelajar ternyata memiliki banyak tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi. Selain itu, jika Anda mendengar tentang makanan khas Jogja, pasti yang terlintas di pikiran adalah Gudeg. Gudeg adalah makanan khas Jogja yang sangat terkenal dan legendaris hingga saat ini.

Banyak para pelancong dari luar kota yang berusaha mencari makanan khas ini. Akan tetapi, bagi Anda yang tidak bisa berkunjung ke kota Jogja, tidak perlu khawatir karena pada kesempatan ini, saya akan memberikan informasi mengenai Resep Gudeg Jogja Merah Tanpa Daun Jati ala rumahan. Dijamin mudah, memiliki citarasa sedap, dan ngangeni tentunya. 

Dengan begitu, Anda tidak perlu repot-repot pergi ke kota Jogja. Anda hanya perlu melihat resep Gudeg Jogja yang kami sajikan. Dijamin, Anda pasti bisa membuatnya sendiri di rumah dengan mudah.

Karakteristik dan Citarasa Gudeg Jogja

Resep Gudeg Jogja Merah Tanpa Daun Jati 1
Resep Gudeg Jogja Merah Tanpa Daun Jati

Gudeg Jogja mempunyai karakteristik dan citarasa yang khas, dengan bahan dasar dari Nangka Muda. Kuliner yang berasal dari Jogja ini tidak terlalu sulit dibuat, karena menggunakan bahan dan bumbu yang sama dengan resep masakan Jawa pada umumnya. Bagaimana cara membuat Gudeg Jogja Merah Tanpa Daun Jati? Simak penjelasannya di bawah ini beserta daftar bahan yang diperlukan.

Sejarah Gudeg Jogja Merah Tanpa Daun Jati

Sebelum kita membahas Resep Gudeg Jogja Merah Tanpa Daun Jati, kita akan membahas dulu sejarahnya.

Sejarah Gudeg Jogja Merah Tanpa Daun Jati ini tidak lepas dari sejarah Gudeg itu sendiri. Gudeg sendiri berasal dari kata “gudeg” yang berarti “matang secara perlahan-lahan”. Awalnya, gudeg dibuat dengan daun jati yang dimasak dalam panci tanah liat selama berjam-jam.

Baca juga:  7 Jurusan di UPN Jogja dan Akreditasinya Terbaik 2024

Pada masa lalu, gudeg hanya dihidangkan pada saat-saat tertentu, seperti saat acara adat atau upacara keagamaan. Namun, seiring perkembangan waktu, gudeg menjadi makanan yang dapat dinikmati kapan saja dan oleh siapa saja. Pada tahun 1960-an, Gudeg Merah Tanpa Daun Jati mulai populer.

Berbeda dengan gudeg tradisional yang menggunakan daun jati untuk memberikan warna merah pada gudeg, Gudeg Merah Tanpa Daun Jati menggunakan pewarna alami seperti kelopak bunga flamboyan. Pewarna alami ini memberikan warna merah yang khas pada gudeg tanpa meninggalkan rasa pahit yang disebabkan oleh daun jati.

Kini, Gudeg Jogja Merah Tanpa Daun Jati telah menjadi salah satu kuliner khas yang paling banyak dicari di Jogja dan menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Dalam setiap bungkusnya, Gudeg Jogja Merah Tanpa Daun Jati menyimpan sejarah panjang yang memperlihatkan betapa kaya dan uniknya budaya kuliner Indonesia.

Resep Gudeg Jogja Merah Tanpa Daun Jati

Sekarang kita masuk ke pembahasan inti artikel ini, yakni resep Gudeg Jogja Merah Tanpa Daun Jati. Apa saja sih bahan-bahan untuk membuat Gudeg Jogja Merah Tanpa Daun Jati ini? Berikut bahan-bahannya:

Bahan-bahan

  • 1 kg nangka muda
  • 500 ml santan kental
  • 250 ml air
  • 150 gram gula merah, iris tipis
  • 3 lembar daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai, memarkan
  • 2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 1 sendok teh ketumbar bubuk
  • 1 sendok makan bawang putih, cincang halus
  • 1 sendok makan bawang merah, cincang halus
  • 2 sendok makan minyak goreng

Cara membuat

Setelah semua bahan disiapkan, begini langkah demi langkah cara membuat gudeg merah tanpa daun jati tersebut:

  • Bersihkan nangka muda dan potong-potong sesuai dengan selera.
  • Tumis bawang putih dan bawang merah hingga harum, kemudian masukkan potongan nangka muda. Aduk rata.
  • Masukkan santan, air, daun salam, daun jeruk, dan serai ke dalam panci. Kemudian masukkan nangka muda yang sudah ditumis tadi ke dalam panci.
  • Masukkan gula merah, garam, merica bubuk, dan ketumbar bubuk. Aduk rata dan biarkan mendidih.
  • Setelah mendidih, kecilkan api dan masak gudeg hingga bumbu meresap dan nangka muda menjadi empuk. Perlu diingat, proses memasak gudeg merah tanpa daun jati membutuhkan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, pastikan untuk mengaduk gudeg secara berkala agar tidak gosong atau lengket di dasar panci.
  • Setelah nangka muda empuk dan bumbu meresap, angkat dan sajikan gudeg merah tanpa daun jati dengan nasi, ayam, telur, dan sambal goreng krecek.
Baca juga:  Resep Sambal Goreng Krecek Kacang Tolo Khas Jogja Terbaru

Makanan Alternatif

Gudeg merah tanpa daun jati ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin mencicipi makanan khas Yogyakarta dengan rasa yang sama lezatnya namun lebih praktis dan mudah dibuat di rumah. Yang penting saat ini Anda sudah paham Resep Gudeg Jogja Merah Tanpa Daun Jati khas Kota Pelajar ini.

Selain itu, dengan menghilangkan daun jati pada resep ini, gudeg merah tanpa daun jati juga lebih mudah dicerna oleh perut sehingga cocok bagi yang memiliki masalah pencernaan atau sedang dalam proses penyembuhan. Selain itu, bahan-bahan yang digunakan pada resep ini juga mudah didapatkan di pasar atau supermarket terdekat.

Namun, perlu diingat bahwa dalam proses memasak gudeg merah tanpa daun jati ini, kunci utamanya adalah kesabaran. Proses memasak yang memakan waktu lama memerlukan ketekunan dan ketelatenan. Anda juga perlu memastikan bahwa api tidak terlalu besar dan mengaduk gudeg secara berkala agar tidak lengket atau gosong di dasar panci.

Selain itu, dalam membuat gudeg merah tanpa daun jati ini, Anda juga dapat menyesuaikan rasa sesuai dengan selera. Jika ingin gudeg yang lebih manis, tambahkan sedikit gula merah. Jika ingin lebih pedas, tambahkan cabe rawit sesuai dengan selera.

Tips Membuat Gudeg Jogja Merah Tanpa Daun Jati yang Sedap

Sebagai tambahan, berikut ini adalah beberapa tips untuk membuat gudeg Jogja merah tanpa menggunakan daun jati yang tetap sedap.

Pertama, gunakanlah bahan-bahan yang berkualitas, seperti nangka muda, santan, dan bumbu-bumbu yang segar. Kedua, ganti daun jati dengan daun salam atau daun pandan yang dapat memberikan aroma yang khas pada gudeg. Ketiga, tambahkan gula merah secukupnya untuk memberikan rasa manis yang khas pada gudeg Jogja merah. Terakhir, masaklah dengan api kecil dan biarkan bahan-bahan meresap ke dalam santan hingga menghasilkan cita rasa yang lezat dan khas.

Baca juga:  10 Hotel Dengan Private Pool di Jogja yang Populer Saat Ini

Dengan tips ini, Anda dapat membuat gudeg Jogja merah yang sedap meskipun tanpa menggunakan daun jati.

Akhir kata …

Kesimpulannya, gudeg merah tanpa daun jati ini merupakan alternatif yang cocok bagi Anda yang ingin mencicipi makanan khas Yogyakarta dengan rasa yang lezat namun lebih praktis dan mudah dibuat di rumah.

Dengan memanfaatkan bahan-bahan yang mudah didapatkan, proses memasak yang tidak terlalu rumit, dan disesuaikan dengan selera, gudeg merah tanpa daun jati dapat menjadi pilihan menu yang cocok untuk disajikan dalam berbagai acara atau moment istimewa Anda.

Itulah ulasan artikel tentang Resep Gudeg Jogja Merah Tanpa Daun Jati ala Rumahan – Mudah, Sedap dan Ngangeni yang wajib dicoba. Semoga bermanfaat dan dapat jadikan referensi untuk anda yang ingin memasak Gudeg Jogja. Selamat mencoba.

jogjabay

Jogjabay.id

Jogjabay.id merupakan official website resmi Jogja Bay Waterpark. Situs ini memberikan informasi & update terbaru seputar wisata di Yogyakarta dan daerah lain di Indonesia.

Artikel Terkait