Resep Ayam Bacem Goreng Khas Jogja dan Cara Membuatnya

by

Jogjabay.id

Resep Ayam Bacem Goreng Khas Jogja dan Cara Membuatnya

Jogjabay.idResep Ayam Bacem Goreng Khas Jogja dan Cara Membuatnya, Ketika berbicara tentang kuliner khas Jogja, rasanya tidak lengkap jika tidak membahas Ayam Bacem Goreng. Masakan yang satu ini merupakan hidangan tradisional yang sangat populer di wilayah Yogyakarta. Dengan perpaduan antara bumbu-bumbu yang kaya akan rempah dan cara memasak yang khas, Ayam Bacem Goreng Jogja mampu merajai lidah dengan cita rasa yang otentik dan menggugah selera.

Mari kita jelajahi resep ayam bacem goreng khas Jogja dan cara membuatnya berikut ini!

Resep Ayam Bacem Goreng Khas Jogja dan Cara Membuatnya

Resep Ayam Bacem Goreng Khas Jogja dan Cara Membuatnya
Resep Ayam Bacem Goreng Khas Jogja dan Cara Membuatnya

Resep Ayam Bacem Goreng Khas Jogja

  • 1 ekor ayam, potong menjadi bagian-bagian yang sesuai
  • 2 batang serai, memarkan
  • 4 lembar daun salam
  • 4 lembar daun jeruk
  • 3 cm lengkuas, memarkan
  • 5 siung bawang merah, iris tipis
  • 3 siung bawang putih, iris tipis
  • 2 sendok makan gula merah, serut
  • 3 sendok makan kecap manis
  • 2 sendok teh garam
  • 1 sendok teh merica bubuk
  • 500 ml air
  • Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara Membuat Ayam Bacem Goreng Khas Jogja

Langkah 1: Membuat Ayam Bacem

  • Pertama-tama, bersihkan ayam dengan air mengalir dan tiriskan.
  • Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang.
  • Goreng ayam hingga matang dan berwarna keemasan. Angkat dan tiriskan ayam dari minyak.
  • Dalam wajan yang sama, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum dan berubah warna menjadi kecoklatan.
  • Masukkan serai, daun salam, daun jeruk, dan lengkuas ke dalam wajan. Tumis selama beberapa saat hingga rempah-rempah melepaskan aroma harum.
  • Tambahkan gula merah serut, kecap manis, garam, dan merica bubuk. Aduk rata hingga gula merah larut dan bumbu tercampur sempurna.
  • Tuangkan air ke dalam wajan dan aduk-aduk bumbu hingga tercampur merata dengan air.
  • Masukkan ayam yang sudah digoreng ke dalam wajan dan pastikan ayam terendam dalam bumbu.
  • Tutup wajan dan biarkan ayam meresap dalam bumbu selama sekitar 1 jam dengan api kecil. Sesekali aduk agar bumbu meresap secara merata.
  • Setelah ayam meresap, angkat ayam dan tiriskan.
Baca juga:  Resep Sambal Goreng Krecek Kacang Tolo Khas Jogja Terbaru

Langkah 2: Menggoreng Ayam Bacem

  • Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang.
  • Goreng ayam bacem yang telah direbus hingga kecoklatan dan renyah. Pastikan ayam matang merata dan bumbu pada ayam terasa garing.
  • Angkat ayam bacem goreng dari minyak dan tiriskan di atas kertas minyak untuk menghilangkan kelebihan minyak.

Langkah 3: Menyajikan Ayam Bacem Goreng Khas Jogja

  • Ayam Bacem Goreng khas Jogja siap disajikan. Tatan ayam di atas piring saji dan beri hiasan daun seledri atau bawang goreng sebagai garnish.
  • Sajikan Ayam Bacem Goreng dengan nasi hangat dan sambal terasi sebagai pendampingnya.

Nah, itulah Resep Ayam Bacem Goreng Khas Jogja dan Cara Membuatnya. Sekarang Anda siap untuk menikmati hidangan Ayam Bacem Goreng Khas Jogja yang lezat dan otentik. Kelezatan ayam yang empuk dan meresap bumbu rempah, bersama dengan aroma khas serai, daun salam, dan daun jeruk akan memanjakan lidah Anda. Rasakan keharmonisan rasa manis, gurih, dan sedikit pedas yang membuat hidangan ini begitu istimewa.

Ayam Bacem Goreng khas Jogja juga dapat dijadikan hidangan spesial saat Anda memiliki tamu atau acara keluarga. Dengan mengikuti resep ini, Anda akan mampu menghadirkan hidangan yang autentik dan menggugah selera. Selamat mencoba!

5 Tempat Kuliner yang Menyediakan Ayam Bacem Goreng Khas Jogja

Ayam Bacem Goreng merupakan hidangan khas Jogja yang sangat populer di kalangan pecinta kuliner. Dengan perpaduan cita rasa manis dan gurih, hidangan ini telah menjadi favorit bagi wisatawan lokal maupun mancanegara yang mengunjungi Jogja. Jika Anda mencari tempat kuliner terbaik untuk menikmati Ayam Bacem Goreng yang autentik, berikut adalah 5 tempat yang harus Anda kunjungi di Jogja:

Baca juga:  Resep Gudeg Jogja Merah Tanpa Daun Jati ala Rumahan

1. Angkringan Lik Man

Angkringan Lik Man adalah tempat yang terkenal dengan hidangan khas Jogja, termasuk Ayam Bacem Goreng mereka yang lezat. Di sini, Anda dapat menikmati ayam yang digoreng hingga kecokelatan dengan sempurna, dilumuri dengan bumbu bacem yang kaya rasa. Suasana angkringan yang santai membuat pengalaman kuliner Anda semakin berkesan.

2. Bale Raos

Bale Raos adalah restoran legendaris di Jogja yang menyajikan berbagai hidangan tradisional Jawa, termasuk Ayam Bacem Goreng. Ayam mereka dipanggang terlebih dahulu sebelum digoreng hingga renyah. Kemudian, disajikan dengan bumbu bacem yang manis dan gurih. Rasanya yang khas dan tekstur ayam yang empuk membuat hidangan ini menjadi favorit di Bale Raos.

3. Ayam Goreng Mbah Cemplung

Ayam Goreng Mbah Cemplung merupakan warung makan yang terkenal dengan ayam gorengnya yang renyah dan lezat. Namun, mereka juga menawarkan Ayam Bacem Goreng yang patut dicoba. Ayam yang digoreng dengan sempurna kemudian dibalut dengan bumbu bacem yang melimpah. Rasanya yang manis dan gurih akan memanjakan lidah Anda.

4. Warung Handayani

Warung Handayani adalah tempat kuliner yang terkenal dengan Ayam Bacem Goreng mereka yang menggoda selera. Ayamnya digoreng dengan teknik khusus sehingga kulitnya menjadi renyah dan garing. Setelah itu, ayam dipanggang dengan bumbu bacem yang kaya rempah, memberikan rasa yang lezat dan berbeda. Warung Handayani adalah tempat yang tepat untuk mencicipi Ayam Bacem Goreng yang autentik di Jogja.

5. Warung Bu Ageng

Warung Bu Ageng merupakan tempat yang ideal untuk menikmati Ayam Bacem Goreng yang lezat dan otentik. Ayam yang digunakan berkualitas tinggi, digoreng dengan sempurna sehingga kulitnya menjadi renyah. Kemudian, ayam dibalut dengan bumbu bacem yang manis dan kental. Warung Bu Ageng juga menawarkan variasi sambal yang pedas untuk menambah kenikmatan hidangan ini.

Baca juga:  Resep Gudeg Jogja Merah Tanpa Daun Jati ala Rumahan

Demikianlah 5 tempat kuliner terbaik di Jogja yang menyediakan Ayam Bacem Goreng yang lezat dan khas. Jadi, jika Anda belum tahu Resep Ayam Bacem Goreng Khas Jogja dan Cara Membuatnya, ketika berkunjung ke Jogja, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi hidangan yang kaya rasa dan menggugah selera ini. 

Tidak hanya rasanya yang memikat, tetapi juga pengalaman kuliner yang ditawarkan di tempat-tempat ini mampu membuat liburan Anda lebih berkesan. Anda dapat merasakan atmosfer yang khas dan nuansa budaya Jogja yang terasa dalam setiap suapan hidangan yang Anda nikmati. Selain itu, harga yang terjangkau membuat Ayam Bacem Goreng menjadi pilihan yang menguntungkan bagi wisatawan yang ingin mencicipi hidangan khas Jogja tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam.

Makanan Favorit Penduduk Setempat

Tak hanya bagi wisatawan, Ayam Bacem Goreng juga menjadi favorit di kalangan penduduk setempat. Hal ini menjadikan hidangan ini sebagai bagian tak terpisahkan dari kuliner Jogja yang terus melestarikan tradisi dan kelezatannya dari generasi ke generasi.

Jadi, jika Anda sedang berkunjung ke Jogja, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba Ayam Bacem Goreng di salah satu tempat kuliner yang disebutkan di atas. Nikmati rasa manis, gurih, dan unik dari hidangan ini yang akan memanjakan lidah Anda. 

Penutup

Oke. Itulah informasi tentang Resep Ayam Bacem Goreng Khas Jogja dan Cara Membuatnya serta beberapa tempat di Jogja yang menyediakan jualan ayam bacem khas Jogja yang bisa Anda kunjungi jika berlibur ke Kota Gudeg tersebut. Selamat mencoba resepnya dan selamat menikmati kuliner khas Jogja yang legendaris!

jogjabay

Jogjabay.id

Jogjabay.id merupakan official website resmi Jogja Bay Waterpark. Situs ini memberikan informasi & update terbaru seputar wisata di Yogyakarta dan daerah lain di Indonesia.

Artikel Terkait