7 Jurusan di UPN Jogja dan Akreditasinya Terbaik 2024

by

Jogjabay.id

Jogjabay.id – Menjelang kelulusan pelajar SMA dan SMK tahun ini, membuat istilah penelusuran “jurusan di UPN Jogja dan akreditasinya” menjadi sangat banyak diketikkan di mesin pencarian. Apakah kamu juga sedang mencari informasi soal jurusan kuliah di UPN Jogja berikut status akreditasinya? Jika iya, kamu sudah berada di halaman yang tepat. Karena artikel ini akan membahas topik tentang jurusan di UPN Jogja dan akreditasinya sekalian. So, tetaplah membaca!

Sekilas Tentang UPN Jogja

UPN atau Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta merupakan salah satu universitas terkemuka di Indonesia, yang didirikan pada tahun 1964. Universitas ini memiliki beberapa fakultas, yaitu Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Pertanian, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dan Fakultas Hukum.

UPN Jogja telah menerima akreditasi A atau unggul dari BAN-PT untuk seluruh program studi yang ada di universitas ini, termasuk program Sarjana, Magister, dan Doktor. Hal ini menunjukkan bahwa UPN Jogja memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh BAN-PT dalam hal kualitas pengajaran, fasilitas, dosen, kurikulum, dan manajemen universitas.

Akreditasi A yang diberikan kepada UPN Jogja juga menunjukkan bahwa universitas ini telah memenuhi standar internasional dan memiliki reputasi yang baik di mata dunia pendidikan. Akreditasi merupakan penilaian terhadap kualitas dan standar pendidikan yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) di Indonesia.

Jurusan di UPN Jogja dan akreditasinya

jurusan di UPN Jogja dan akreditasinya
Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPN Jogja)

Sekarang kita masuk ke pembahasan inti tulisan ini, yakni jurusan di UPN Jogja dan akreditasinya yang perlu kamu ketahui jika ingin berkuliah di sini.

1. Teknik Industri

Jurusan Teknik Industri di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPN Jogja) adalah salah satu jurusan yang memiliki akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Akreditasi A menunjukkan bahwa jurusan ini memiliki kualitas pendidikan yang sangat baik.

Baca juga:  7 Hotel di Jogja dengan Kolam Renang Terbaik 2024

Prospek kerja lulusan Teknik Industri UPN Jogja sangat menjanjikan. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di berbagai industri, baik skala kecil maupun besar, mulai dari manufaktur, logistik, konsultan bisnis, hingga perbankan dan keuangan. Lulusan Teknik Industri UPN Jogja memiliki kemampuan untuk melakukan perancangan, pengembangan, serta pengelolaan sistem dan proses produksi yang efektif dan efisien.

Selain itu, lulusan Teknik Industri UPN Jogja juga dapat bekerja di berbagai posisi seperti manajemen operasi, manajemen rantai pasok, manajemen produksi, dan manajemen kualitas. Selain itu, lulusan juga dapat menjadi konsultan manajemen yang membantu perusahaan dalam meningkatkan efisiensi dan produktivitasnya.

Dengan prospek kerja yang sangat menjanjikan, jurusan Teknik Industri di UPN Jogja menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi calon mahasiswa yang ingin memiliki karir yang sukses di bidang industri.

2. Akuntansi

Jurusan Akuntansi di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPN Jogja) memiliki akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Akreditasi ini menunjukkan bahwa jurusan ini memiliki kualitas pendidikan yang sangat baik dan diakui secara nasional.

Prospek kerja lulusan Akuntansi UPN Jogja sangat luas. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di berbagai sektor, mulai dari perusahaan swasta, perusahaan publik, kantor akuntan publik, hingga instansi pemerintah. Lulusan Akuntansi UPN Jogja memiliki kemampuan untuk melakukan analisis keuangan, audit, serta pengelolaan sistem akuntansi yang efektif dan efisien.

Selain itu, lulusan Akuntansi UPN Jogja juga memiliki kemampuan untuk menjadi konsultan keuangan atau berkarir di bidang perencanaan keuangan. Prospek kerja yang luas dan tingkat gaji yang menjanjikan membuat jurusan Akuntansi di UPN Jogja menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi calon mahasiswa yang ingin memiliki karir yang sukses di bidang keuangan dan akuntansi.

Baca juga:  Resep Gudeg Jogja Merah Tanpa Daun Jati ala Rumahan

3. Teknik Informatika

Jurusan Teknik Informatika di Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPN Jogja) memiliki akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Akreditasi A menunjukkan bahwa jurusan ini memiliki kualitas pendidikan yang sangat baik dan diakui secara nasional.

Prospek kerja lulusan Teknik Informatika UPN Jogja sangat menjanjikan. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di berbagai bidang, mulai dari industri teknologi informasi, perbankan, telekomunikasi, hingga perusahaan rintisan (start-up) yang bergerak di bidang teknologi. Lulusan Teknik Informatika UPN Jogja memiliki kemampuan untuk merancang dan mengembangkan perangkat lunak dan hardware yang canggih serta efektif.

Selain itu, lulusan Teknik Informatika UPN Jogja juga dapat menjadi pengembang aplikasi mobile dan web, analis sistem, administrator jaringan, dan pengembang game. Dengan adanya kebutuhan yang semakin meningkat akan teknologi informasi, maka prospek kerja di bidang ini semakin terbuka lebar. Jurusan Teknik Informatika di UPN Jogja menjadi pilihan yang tepat bagi calon mahasiswa yang ingin berkarir di bidang teknologi informasi.

4. Hukum

Program studi Hukum di UPN Jogja merupakan salah satu program studi yang populer dan memiliki banyak prospek kerja di masa depan. Jurusan ini memiliki akreditasi B dari BAN-PT.

Selama kuliah, mahasiswa akan mempelajari tentang hukum pidana, hukum perdata, hukum internasional, dan hukum administrasi. Lulusan Hukum dapat bekerja di berbagai instansi seperti kantor advokat, lembaga pemerintah, perusahaan swasta, dan sektor publik seperti kejaksaan. Beberapa profesi yang dapat dijalankan oleh lulusan Hukum antara lain Jaksa, Hakim, Notaris, Advokat, dan Pengacara.

5. Agribisnis

Agribisnis merupakan program studi di UPN Jogja yang menawarkan banyak peluang karir di bidang pertanian dan agribisnis. Jurusan ini memiliki akreditasi A dari BAN-PT.

Baca juga:  Cara Cek Akun Belajar ID dalam 9 Langkah Mudah

Selama kuliah, mahasiswa akan mempelajari tentang manajemen agribisnis, teknologi pertanian, pemuliaan tanaman, dan ekonomi pertanian. Lulusan Agribisnis dapat bekerja di berbagai instansi seperti kementerian pertanian, perusahaan agribisnis, dan lembaga swadaya masyarakat di bidang pertanian. Beberapa profesi yang dapat dijalankan oleh lulusan Agribisnis antara lain Manajer Agribisnis, Konsultan Pertanian, Analis Pasar, dan Pengusaha Pertanian.

6. Manajemen

Program studi Manajemen di UPN Jogja menawarkan banyak peluang karir di bidang bisnis dan manajemen. Jurusan ini memiliki akreditasi A dari BAN-PT.

Selama kuliah, mahasiswa akan mempelajari tentang manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, manajemen pemasaran, dan manajemen operasi. Lulusan Manajemen dapat bekerja di berbagai industri seperti perbankan, manufaktur, konsultan, dan sektor publik. Beberapa profesi yang dapat dijalankan oleh lulusan Manajemen antara lain Manajer Operasional, Manajer Keuangan, Konsultan Bisnis, dan Wirausaha.

7. Teknik Sipil

Program studi Teknik Sipil di UPN Jogja merupakan program studi yang menawarkan banyak peluang karir di bidang konstruksi dan pembangunan infrastruktur. Jurusan ini memiliki akreditasi A dari BAN-PT. Selama kuliah, mahasiswa akan mempelajari tentang perencanaan dan perancangan struktur bangunan, manajemen konstruksi, dan teknologi konstruksi.

Lulusan Teknik Sipil dapat bekerja di berbagai instansi seperti perusahaan konstruksi, lembaga pemerintah, dan konsultan teknik. Beberapa profesi yang dapat dijalankan oleh lulusan Teknik Sipil antara lain Manajer Proyek Konstruksi, Konsultan Teknik, dan Insinyur Konstruksi.

Penutup

UPN Jogja menawarkan berbagai program studi di berbagai bidang yang memiliki prospek kerja yang menjanjikan di masa depan. Akreditasi yang dimiliki oleh setiap program studi menunjukkan kualitas yang ditawarkan oleh perguruan tinggi tersebut.

Memilih jurusan yang tepat di UPN Jogja dapat membantu mahasiswa untuk mengejar karir yang diinginkan dan mencapai kesuksesan di masa depan. Itulah informasi singkat seputar jurusan di UPN Jogja dan akreditasinya yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

jogjabay

Jogjabay.id

Jogjabay.id merupakan official website resmi Jogja Bay Waterpark. Situs ini memberikan informasi & update terbaru seputar wisata di Yogyakarta dan daerah lain di Indonesia.

Artikel Terkait