Terbaru! 6 Jurusan di Poltekkes Jogja dan Akreditasinya

by

Jogjabay.id

Jogjabay.idJurusan di Poltekkes Jogja dan Akreditasinya, Politeknik Kesehatan Jogja atau Poltekkes Jogja adalah institusi pendidikan yang fokus pada bidang kesehatan di Indonesia. Saat ini, Poltekkes Jogja menawarkan 6 jurusan yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa, yaitu Keperawatan, Kebidanan, Farmasi, Analis Kesehatan, Gizi, dan Kesehatan Lingkungan.

Keenam jurusan poltekkes tersebut memiliki akreditasi A yang menandakan bahwa kualitas pendidikan dan pengajaran di Poltekkes Jogja telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Sejarah Poltekkes Jogja

Sebelum masuk ke topik 6 Jurusan di Poltekkes Jogja dan Akreditasinya, terlebih dahulu kita berkenalan dengan Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Jogja. Poltekkes ini adalah sebuah institusi pendidikan tinggi di Indonesia yang berfokus pada bidang kesehatan. Berikut adalah sejarah singkat Poltekkes Jogja:

  1. Awal Pendirian: Poltekkes Jogja didirikan pada tanggal 3 April 1981 dengan nama Politeknik Kesehatan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Institusi ini dibentuk sebagai bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang kesehatan di wilayah DIY.
  2. Pengembangan Program: Poltekkes Jogja awalnya menawarkan program pendidikan diploma tiga (D-III) dalam beberapa bidang, termasuk Keperawatan, Kebidanan, Kesehatan Lingkungan, dan Gizi. Seiring berjalannya waktu, Poltekkes Jogja juga mengembangkan program pendidikan diploma empat (D-IV) untuk bidang Keperawatan dan Kebidanan.
  3. Pengakuan dan Perubahan Nama: Pada tahun 1992, Poltekkes Jogja mendapatkan pengakuan sebagai institusi pendidikan tinggi dengan status terdaftar dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Pada tahun 1999, institusi ini mengubah namanya menjadi Politeknik Kesehatan Jogjakarta.
  4. Pengembangan Program Studi: Seiring dengan perkembangan kebutuhan sektor kesehatan, Poltekkes Jogja terus mengembangkan program studi yang ditawarkan. Beberapa program studi yang ditambahkan antara lain Teknologi Laboratorium Medis, Farmasi, Kesehatan Masyarakat, dan Optometri.
  5. Kerjasama dan Pengakuan Akademik: Poltekkes Jogja menjalin kerjasama dengan berbagai institusi dan lembaga di dalam maupun luar negeri untuk memperkaya pengalaman belajar mahasiswa dan meningkatkan kualitas pendidikan. Poltekkes Jogja juga telah mendapatkan pengakuan akademik dari berbagai lembaga, seperti Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dan Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).
  6. Pengembangan Infrastruktur: Poltekkes Jogja terus melakukan pengembangan infrastruktur pendidikan dan fasilitas penunjang lainnya. Hal ini dilakukan untuk mendukung kegiatan pembelajaran dan penelitian mahasiswa serta meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
Baca juga:  5 Fitur Terbaik Skays Droid Script Lengkap dan Terbaru

Poltekkes Jogja telah berperan penting dalam menghasilkan tenaga kesehatan yang berkualitas di wilayah DIY dan sekitarnya. Dengan terus mengikuti perkembangan di bidang kesehatan, Poltekkes Jogja terus berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang bermutu dan relevan dengan kebutuhan sektor kesehatan.

6 Jurusan di Poltekkes Jogja dan Akreditasinya Terkini

Jurusan di Poltekkes Jogja dan Akreditasinya
Jurusan di Poltekkes Jogja dan Akreditasinya

1. Jurusan Keperawatan (Akreditasi A)

Jurusan di Poltekkes Jogja dan Akreditasinya sudah A adalah Keperawatan. Jurusan ini adalah salah satu jurusan di Poltekkes Jogja yang paling diminati. Jurusan ini memiliki fokus pada pelayanan kesehatan dalam bidang keperawatan. Dalam kurikulumnya, mahasiswa akan mempelajari teori dan praktek keperawatan, serta bagaimana memberikan perawatan yang berkualitas kepada pasien.

Keperawatan adalah salah satu profesi yang sangat penting dalam bidang kesehatan, di mana para perawat dituntut untuk memiliki keahlian dalam memberikan perawatan kesehatan yang berkualitas bagi pasien. Setelah menyelesaikan studi di jurusan Keperawatan, lulusan dapat bekerja di berbagai institusi kesehatan, seperti rumah sakit, puskesmas, klinik, dan lain sebagainya.

2. Jurusan Kebidanan (Akreditasi A)

Selanjutnya, Jurusan di Poltekkes Jogja dan Akreditasinya sudah A juga adalah Kebidanan. Jurusan ini juga merupakan salah satu jurusan yang populer di Poltekkes Jogja. Jurusan ini memiliki fokus pada kesehatan ibu dan anak, termasuk dalam hal persalinan dan pemeriksaan kesehatan ibu dan bayi. Mahasiswa akan mempelajari teori dan praktek kebidanan, serta bagaimana memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada ibu dan anak.

Kehadiran bidan sangat penting dalam menjaga kesehatan ibu dan anak, terutama dalam hal persalinan. Lulusan dari jurusan Kebidanan dapat bekerja di berbagai institusi kesehatan, seperti rumah sakit, puskesmas, dan klinik-klinik kesehatan lainnya.

3. Jurusan Farmasi (Akreditasi A)

Jurusan Farmasi memiliki fokus pada pembuatan, pengujian, dan distribusi obat. Jurusan ini bertujuan untuk mencetak lulusan yang mampu menyediakan obat-obatan yang aman dan efektif bagi pasien. Mahasiswa akan mempelajari teori dan praktek farmasi, serta bagaimana mengoperasikan alat dan mesin farmasi.

Baca juga:  SIM PKB Guru Penggerak: Meningkatkan Kualitas Para Penggerak Pendidikan

Farmasi merupakan salah satu profesi yang sangat penting dalam bidang kesehatan, di mana para apoteker dituntut untuk memiliki pengetahuan yang luas terkait dengan obat-obatan. Setelah menyelesaikan studi di jurusan Farmasi, lulusan dapat bekerja di berbagai institusi kesehatan, seperti rumah sakit, apotek, industri farmasi, dan lain sebagainya.

4. Jurusan Analis Kesehatan (Akreditasi A)

Jurusan Analis Kesehatan memiliki fokus pada analisis laboratorium dalam bidang kesehatan. Mahasiswa akan mempelajari teori dan praktek analisis laboratorium, serta bagaimana mengoperasikan alat dan mesin laboratorium. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di laboratorium rumah sakit, puskesmas, atau klinik-klinik kesehatan lainnya.

Analis Kesehatan memiliki peran yang sangat penting dalam bidang kesehatan, dimana mereka bertanggung jawab dalam melakukan berbagai jenis analisis laboratorium untuk membantu diagnosis penyakit pasien. Setelah menyelesaikan studi di jurusan Analis Kesehatan, lulusan dapat bekerja di berbagai institusi kesehatan, seperti rumah sakit, puskesmas, dan klinik-klinik kesehatan lainnya.

5. Jurusan Gizi (Akreditasi A)

Jurusan Gizi memiliki fokus pada asupan makanan dan nutrisi yang seimbang bagi pasien. Mahasiswa akan mempelajari teori dan praktek gizi, serta bagaimana memberikan penanganan gizi yang sesuai dengan kondisi pasien. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di rumah sakit atau puskesmas sebagai ahli gizi.

Gizi merupakan salah satu aspek penting dalam kesehatan, di mana para ahli gizi bertanggung jawab untuk memberikan penanganan gizi yang sesuai dengan kondisi pasien. Setelah menyelesaikan studi di jurusan Gizi, lulusan dapat bekerja di berbagai institusi kesehatan, seperti rumah sakit, puskesmas, dan klinik-klinik kesehatan lainnya.

6. Jurusan Kesehatan Lingkungan (Akreditasi A)

Jurusan Kesehatan Lingkungan memiliki fokus pada kesehatan masyarakat yang berhubungan dengan lingkungan. Mahasiswa akan mempelajari teori dan praktek kesehatan lingkungan, serta bagaimana memberikan informasi dan penanganan kepada masyarakat agar terhindar dari penyakit yang berhubungan dengan lingkungan. Lulusan jurusan ini dapat bekerja di dinas kesehatan atau lembaga yang terkait dengan lingkungan.

Baca juga:  Cara Cek Akun Belajar ID dalam 9 Langkah Mudah

Kesehatan Lingkungan merupakan bagian penting dalam menjaga kesehatan masyarakat, dimana para ahli kesehatan lingkungan bertanggung jawab dalam memberikan informasi dan penanganan terkait dengan penyakit yang berhubungan dengan lingkungan. Setelah menyelesaikan studi di jurusan Kesehatan Lingkungan, lulusan dapat bekerja di berbagai institusi kesehatan, seperti dinas kesehatan, lembaga lingkungan, dan lain sebagainya.

Penutup

Dengan mengetahui informasi tentang Jurusan di Poltekkes Jogja dan Akreditasinya tersebut, diharapkan dapat membantu calon mahasiswa pada saat penentuan memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat (tentu saja).

Selain itu, dengan adanya akreditasi A pada keenam jurusan tersebut, dapat menjamin kualitas pendidikan dan pengajaran yang diberikan oleh Poltekkes Jogja telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Enam Jurusan di Poltekkes Jogja tersebut tentu saja berkualitas dan memiliki prospek karir yang baik di masa depan. Calon mahasiswa diharapkan dapat memilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka serta mempertimbangkan fasilitas dan kualitas pendidikan yang ditawarkan oleh Poltekkes Jogja.

Semoga artikel tentang jurusan di poltekkes jogja dan akreditasinya ini dapat membantu calon mahasiswa dalam memilih jurusan yang tepat sebelum berkuliah di Poltekkes Jogja.

jogjabay

Jogjabay.id

Jogjabay.id merupakan official website resmi Jogja Bay Waterpark. Situs ini memberikan informasi & update terbaru seputar wisata di Yogyakarta dan daerah lain di Indonesia.

Artikel Terkait