20 Aplikasi Edit Video Terbaik Tanpa Watermark [Gratis 100%]

by

Jogjabay.id

Jogjabay.id – Masih pemula dan belajar mengedit video dengan baik? Anda bisa memilih salah satu dari 20 aplikasi edit video yang sedang populer saat ini.

Meskipun aplikasi editing video bukanlah faktor utama bagusnya hasil editan, tapi dengan menggunakan aplikasi yang tepat, akan mempermudah kita bekerja kreatif ketika mengedit video. Lalu adakah aplikasi editing video yang sangat direkomendasikan untuk para pemula karena kemudahan menggunakannya?

Tentu saja banyak. Bahkan, sangat banyak. Dan di ulasan kali ini saya akan membagikan informasi 20 aplikasi edit video terbaik untuk pemula yang cukup banyak digunakan para video editor seperti youtuber datau content creator.

20 Aplikasi Edit Video Terbaik Untuk Pemula

Berikut ini ada 20 aplikasi edit video yang bisa menjadi pilihan para pemula untuk mengedit video.

1. Movavi Video Editor

Aplikasi edit video yang pertama adalah Movavi Video Editor Plus. Aplikasi ini memudahkan proses pengeditan video pada komputer, baik itu laptop atau PC. Tidak dibutuhkan pengalaman khusus untuk mengoperasikan aplikasi pengeditan video ini. Cukup dengan menambahkan video yang ingin diedit ke dalam program.

Selain kesederhanaannya, Movavi Video Editor Plus juga menawarkan beragam fitur canggih, seperti:

  • Pengeditan audio
  • Filter
  • Transisi, dan berbagi dokumen

Aplikasi Movavi Video Editor Plus dapat digunakan pada PC dengan sistem operasi Windows 10 dan juga komputer Mac. Terlebih lagi, bagi mereka yang baru mencoba, tersedia pilihan untuk mengunduh versi gratisnya, yang memastikan bahwa investasi dalam versi berbayar tidak akan disia-siakan.

2. HitFilm Express

Aplikasi edit video yang kedua adalah HitFilm Express. Aplikasi ini mungkin merupakan pilihan terbaik bagi pemula yang mencari perangkat lunak pengeditan video PC gratis. Dalam program ini, terdapat lebih dari 400 efek dan preset yang dapat membantu meningkatkan kualitas video Anda. Tampilan antarmuka yang disesuaikan dan trek berkode warna membuat penggunaannya cukup sederhana.

Untuk pengguna berbayar, tersedia fitur seperti penilaian warna, kunci kroma, dan berbagai efek visual khusus. Jika Anda ingin mencoba aplikasi pengeditan video ini, Anda juga dapat mengakses tutorial gratis di YouTube.

3. Blender

Aplikasi edit video yang selanjutnya adalah Blender. Blender adalah perangkat lunak pengeditan video PC gratis yang secara khusus berorientasi pada beragam aspek kreasi dalam dunia 3D, mencakup:

  • Pembuatan model
  • Pembuatan rangka (rigging)
  • Animasi
  • Simulasi dan proses rendering

Tidak hanya itu, aplikasi pengeditan video ini juga menyediakan fitur dasar seperti pemotongan, penyambungan, dan pelapisan video. Salah satu keunggulan signifikan dari aplikasi ini adalah kemampuannya dalam mengatasi gradasi warna dengan berbagai pilihan.

4. iMovie

Aplikasi edit video yang keempat adalah iMovie. Ini adalah sebuah perangkat lunak pengeditan video gratis yang terkenal di kalangan pengguna Apple, tersedia dalam berbagai versi, termasuk perangkat lunak untuk komputer Mac dan aplikasi untuk iPad dan iPhone. Aplikasi pengeditan video ini sangat ramah pengguna, terutama bagi pengguna iOS, dan menonjol karena berbagai pilihan filter, judul dengan gaya studio, serta efek visual dan suara yang disediakan.

Selain itu, iMovie juga memungkinkan pengguna merekam suara. Hal yang menarik, meskipun ini adalah versi gratis, tidak ada watermark yang akan muncul di video yang Anda buat. Namun, untuk mengakses aplikasi ini, pengguna diharuskan membeli produk-produk yang dikeluarkan oleh Apple.

5. Pinnacle Studio

Aplikasi edit video yang selanjutnya adalah Pinnacle Studio. Pinnacle Studio merupakan perangkat lunak pengeditan video kelas atas untuk komputer yang sangat intuitif. Selain itu, perangkat ini juga menyediakan beragam fitur profesional yang akan memenuhi kebutuhan pengguna berpengalaman. Beberapa fitur dasar yang dapat dinikmati termasuk:

  • Kemampuan pengeditan dengan tampilan timeline dan storyboard.
  • Akses ke template proyek yang memungkinkan Anda memulai proyek dengan cepat.
  • Koleksi yang mencakup ratusan judul dan efek khusus.
Baca juga:  Download Tik Tok 18 Plus APK 1.1.8 (23 MB) Tanpa Iklan 2023

Pinnacle Studio juga menawarkan fitur-fitur tingkat lanjut seperti:

  • Pengaturan gradasi warna.
  • Pengeditan multi-kamera.
  • Pilihan video layar terpisah.
  • Grafik judul dengan gerakan khusus.

Versi Pinnacle Studio Plus dan Studio Ultimate menambahkan lebih banyak fitur profesional, termasuk kemampuan pelacakan gerak, pengeditan video 360 derajat, serta ruang kerja yang dapat disesuaikan dengan dukungan hingga 24 track.

6. Nero Video

Aplikasi edit video yang keenam adalah Nero Video. Ini adalah solusi yang memungkinkan pemula menghasilkan hasil pengeditan video dengan kualitas profesional. Aplikasi pengeditan video terkemuka ini menyertakan koleksi yang mengesankan dengan lebih dari 1.000 efek video dan template yang siap digunakan, yang mempermudah dalam pembuatan proyek-proyek video.

Nero Video memiliki Mode Ekspres yang memungkinkan pengguna melakukan pengeditan video lebih cepat dan lebih efisien dibandingkan dengan perangkat lunak sejenis. Aplikasi ini juga menonjol dalam hal kemudahan penggunaan, terutama dengan fitur 1-Click Video Story, yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah memindahkan elemen-elemen video ke dalam aplikasi Nero dan membuat proyek video dengan satu kali klik.

7. NCH VideoPad Video Editor

Aplikasi edit video yang ketujuh adalah VideoPad Video Editor dari NCH. Ini adalah perangkat lunak pengeditan video yang cocok untuk pemula dan dapat diakses baik di platform Windows, Mac, maupun perangkat Apple iOS.

Aplikasi pengeditan video ini menyertakan lebih dari 50 efek dan transisi, serta dilengkapi dengan editor audio yang komprehensif untuk menciptakan kualitas suara yang unggul. Hasil video yang telah selesai dapat diekspor dalam berbagai resolusi, termasuk HD, 2K, dan 4K.

Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mengunggah hasil video ke DVD, perangkat seluler, platform seperti YouTube, dan berbagai media sosial lainnya.

8. Magix Video Easy

Aplikasi edit video yang selanjutnya adalah MAGIX Video Easy. Seperti namanya yang menunjukkan, MAGIX Video Easy merupakannya alat yang sangat mendukung dalam membuat video berkualitas profesional di laptop. Aplikasi ini memberikan bantuan berbasis langkah demi langkah yang sangat berguna bagi pemula untuk mengubah berbagai sumber konten menjadi video yang terlihat mengesankan. Tentunya, aplikasi ini menyertakan berbagai elemen seperti judul, transisi, dan efek khusus.

Selain itu, aplikasi ini juga mempermudah pengguna dalam menambahkan narasi atau musik latar pribadi. Dan jangan lupakan kemampuan untuk mengekspor hasil video ke berbagai format, termasuk DVD, disk Blu-ray, platform seperti YouTube, dan media lainnya.

9. Quick

Aplikasi edit video yang kesembilan adalah Quick. Quick  adalah aplikasi pengeditan video dari GoPro yang tersedia untuk diunduh pada platform iOS dan Android. Aplikasi pengeditan video ini memiliki kemampuan untuk menganalisis video dengan deteksi warna dan wajah, sehingga memungkinkan penempatan framing yang akurat.

Aplikasi gratis ini juga memungkinkan pengguna untuk menambahkan hingga 200 foto dengan berbagai transisi dan efek, serta mengunggah klip video dari galeri foto atau GoPro Plus. Tidak hanya itu, aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan berbagai tindakan seperti pemotongan, perbesaran, dan rotasi pada foto dan klip video. Selain itu, tersedia 26 tema yang berbeda, serta beragam pilihan font, filter, dan grafik yang dapat digunakan. 

Dengan aplikasi ini, pengguna dapat membuat video dengan resolusi 1080p atau 720p dalam berbagai format seperti layar lebar, persegi, atau potret. Untuk berbagi hasil karya, aplikasi ini juga memungkinkan penyimpanan proyek draf selama tujuh hari.

10. WeVideo

Aplikasi edit video yang kesepuluh adalah WeVideo. Ini adalah aplikasi pengeditan video yang kompatibel dengan sistem operasi iOS dan Android. Salah satu keunggulannya adalah kemampuan untuk membuat film dengan efek 4K yang mengesankan. Aplikasi ini memberikan kendali penuh kepada pengguna dalam mengelola semua elemen kreatif seperti teks, transisi, dan efek pergerakan.

Dengan penyimpanan di cloud, pengguna dapat memulai proyek di satu perangkat dan melanjutkannya di perangkat lain. Selain itu, dengan membeli paket dalam aplikasi, pengguna dapat mengakses berbagai fitur tambahan, seperti:

  • Koleksi besar klip video berlisensi yang dapat digunakan tanpa pembayaran royalti.
  • Gambar dan trek musik untuk menambahkan elemen tambahan yang memikat dalam video.

Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk menjalani kreativitas dengan efek khusus layar hijau dasar, memberikan lebih banyak kebebasan dalam menciptakan konten video yang unik.

11. KineMaster

Aplikasi edit video yang kesebelas adalah KineMaster. Pembuat aplikasi ini mengklaim bahwa mereka menyasar para profesional dengan aplikasi pengeditan videonya, namun, penggunaan aplikasi ini juga sangat aksesibel bagi semua kalangan. Memang, aplikasi ini fokus pada pengeditan yang lebih serius dan terlihat melalui berbagai fitur menarik seperti:

  • Pengeditan frame-by-frame yang sangat rinci.
  • Pratinjau instan sebelum proses rendering.
  • Dukungan hingga empat trek audio.
  • Kemampuan penggunaan klip audio tanpa batasan.
Baca juga:  Arti Elektabilitas dan Kapabilitas di Indonesia

Aplikasi pengeditan video ini memungkinkan hingga dua lapisan video yang dapat dianimasikan menggunakan berbagai opsi, termasuk efek pra-set atau pengaturan animasi keyframe, kompositing dengan chroma key, serta kemampuan mengontrol kecepatan dari 0,25x hingga 1,5x tanpa mengganggu nada audio. Aplikasi ini juga memungkinkan penyesuaian warna yang sangat presisi.

12. PicPlayPost

Aplikasi edit video selanjutnya adalah PicPlayPost. Ini adalah sebuah aplikasi pengeditan video yang menawarkan akses ke 365 media berbeda yang memungkinkan pembuatan film hingga 30 menit, dan video yang dihasilkan dapat dibagikan dalam kualitas 1080p yang mengesankan.

Perusahaan pengembang, Mixcord, memiliki pemahaman yang kuat mengenai kebutuhan para pembuat konten yang cakap dalam penggunaan perangkat seluler. Aplikasi ini menyediakan beragam pilihan personalisasi dan juga mendukung rasio bingkai 9:16 yang cocok untuk Instagram Stories.

Aplikasi ini dapat diunduh dan digunakan pada perangkat iOS dan Android, dan memiliki kemampuan untuk mengatur kecepatan, memperlambat, serta memutar video. Terdapat juga fitur tayangan slide otomatis yang berguna saat perlu membuat film dengan cepat, terutama ketika waktu terbatas di dalam video.

13. VivaVideo

Aplikasi edit video selanjutnya adalah VivaVideo. VivaVideo merupakan salah satu aplikasi pengeditan video yang sederhana dan bersenang-senang. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat dengan mudah menggabungkan video dengan hanya beberapa ketukan di ponsel mereka. Aplikasi ini tersedia secara gratis di perangkat iOS dan Android, dan menawarkan berbagai pilihan efek spesial, stiker, filter, serta klip animasi.

Selain itu, VivaVideo dilengkapi dengan fitur penambahan subtitle yang memungkinkan pengguna mengubah klip video menjadi konten yang bisa dibagikan. Aplikasi ini juga menyajikan beragam fitur menarik, seperti:

  • Kontrol kecepatan video (slow motion/fast motion).
  • Sembilan pilihan lensa khusus.
  • Koleksi musik latar yang variatif.
  • Berbagai template kolase.

Lebih dari itu, pengguna dapat berbagi video mereka dengan lebih dari 200 juta pengguna di jaringan VivaVideo, sehingga memungkinkan mereka untuk memperlihatkan hasil kreativitas mereka.

14. Magisto

Aplikasi edit video selanjutnya adalah Magisto. Magisto memudahkan orang yang tidak memiliki pengalaman dalam pembuatan video untuk menciptakan karya yang luar biasa. Aplikasi pengeditan video ini mengandalkan kecerdasan buatan (AI) untuk membantu menghasilkan proyek-proyek yang mengesankan.

Magisto menawarkan template yang sangat intuitif dan dapat diakses secara online, cocok baik untuk pengguna Windows maupun Mac. Terlebih lagi, paket profesional dan bisnis menyertakan langganan Vimeo Pro secara gratis.

15. Hyperlapse

Aplikasi edit video yang ke-15 adalah Hyperlapse. Aplikasi Hyperlapse didesain secara spesifik untuk mempersingkat durasi video, sehingga mempermudah proses berbagi di platform seperti Instagram dan Facebook. Aplikasi ini menawarkan beragam opsi kecepatan hyperlapse yang memungkinkan pengguna untuk mengubah video menjadi format yang lebih singkat dalam waktu nyata.

Hyperlapse sangat berguna ketika merekam pemandangan matahari terbenam atau matahari terbit yang memakan waktu lama, dan kemudian mengompresnya menjadi video yang lebih singkat.

16. Wondershare Filmora

Aplikasi edit video selanjutnya adalah Wondershare Filmora. Aplikasi pengeditan video ini adalah pilihan yang sangat nyaman untuk melakukan pengeditan. Filmora dapat diakses pada komputer dengan sistem operasi Windows dan Mac. Sementara itu, untuk perangkat seluler, tersedia versi gratis yang dapat diunduh melalui FilmoraGo, terutama untuk perangkat iOS dan Android.

Mode “Easy Mode” memungkinkan pengguna untuk dengan cepat memotong klip video, menambahkan musik, dan menghasilkan proyek dalam hitungan menit. Bahkan, ada pilihan untuk mengintegrasikan intro, tema, dan transisi yang telah ditentukan sebelumnya ke dalam proyek pengeditan video.

17. InShot

Terkadang, kita menginginkan kemudahan dalam pengeditan video tanpa banyak efek tambahan. InShot adalah solusi praktis yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah melakukan pemotongan, percepatan, serta penambahan musik dan filter ke dalam video. Aplikasi ini sangat mudah digunakan dan bahkan memungkinkan pengguna untuk melakukan pengeditan foto secara bersamaan!

18. WeVideo PC

Aplikasi edit video selanjutnya adalah WeVideo. Perangkat lunak pengeditan video ini berbasis cloud, yang berarti dapat diakses secara online. WeVideo menyajikan berbagai fitur dan fungsionalitas menarik, termasuk:

  • Pemungkinkan pengeditan audio.
  • Tersedia perpustakaan musik dengan lisensi komersial.
  • Dapat membagikan video dalam resolusi 4K.

Namun, untuk menikmati fitur-fitur lebih lanjut yang lebih canggih, Anda perlu membeli versi berbayarnya. Aplikasi ini dapat diakses melalui PC Windows, perangkat iOS, atau Android.

Baca juga:  Tips Berpergian dan Harga Tiket Kereta Api Malang Jogja 2024

19. Splice

Aplikasi edit video yang ke-19 adalah Slice. Slice memfasilitasi pengguna dalam menggabungkan klip video yang berbeda di perangkat seluler mereka, menciptakan kolase bergerak. Aplikasi pengeditan video ini menyertakan beragam pilihan trek musik yang dapat digunakan sebagai latar belakang dalam video.

Pengguna akan menemukan bahwa pemotongan dan penyuntingan berbagai bagian dari video sangat mudah, dan mereka juga dapat menyesuaikan durasi transisi antara satu adegan dan adegan berikutnya.

20. Adobe Premiere Rush

Pengguna sistem operasi iOS dan Android disarankan untuk mencoba Adobe Premiere Rush, sebuah aplikasi pengeditan video yang dianggap lebih user-friendly daripada kebanyakan perangkat lunak Adobe lainnya.

Adobe Rush memiliki fitur yang memungkinkan video disesuaikan secara otomatis dengan musik pilihan pengguna dan menawarkan editor Freeform. Dengan kata lain, ini memberikan fleksibilitas untuk melakukan penyesuaian lebih lanjut dalam pengeditan setelah sinkronisasi awal dengan audio.

Nah, itu dia 20 aplikasi edit video yang bisa Anda pilih jika masih pemula.

10 Tips Mengedit Video Untuk Pemula agar Menarik

Mengedit video adalah salah satu keterampilan yang semakin penting dalam era digital ini. Banyak dari kita sekarang memiliki akses ke kamera yang canggih melalui ponsel pintar, dan membuat video telah menjadi kegiatan yang umum. Tapi, mengedit video bisa menjadi tugas yang menantang, terutama bagi pemula. Namun, dengan beberapa tips dasar, Anda dapat mempelajari cara mengedit video agar menarik untuk ditonton.

  1. Pahami Tujuan Video Anda – Sebelum Anda mulai mengedit, sangat penting untuk memahami tujuan video Anda. Apakah Anda ingin menceritakan cerita, mengajukan argumen, atau hanya berbagi momen spesial? Memahami tujuan Anda akan membantu Anda dalam mengatur alur cerita dan pemilihan klip.
  1. Gunakan Alat yang Tepat – Pemula sering kali merasa terintimidasi oleh perangkat lunak pengeditan video yang kompleks. Namun, ada banyak alat sederhana dan ramah pengguna yang tersedia, seperti iMovie (untuk pengguna Mac) atau Adobe Premiere Rush yang dapat digunakan di perangkat seluler. Pilih alat yang sesuai dengan tingkat keterampilan Anda.
  1. Pilih Klip yang Relevan – Jika Anda memiliki banyak klip, pastikan untuk memilih klip yang relevan dengan cerita Anda. Hindari klip yang berlebihan atau kurang relevan, karena ini dapat mengganggu alur cerita.
  1. Rencanakan Alur Cerita – Setelah Anda memahami tujuan video Anda, buatlah rencana untuk alur cerita. Tentukan bagaimana Anda ingin mengatur klip, transisi, dan audio agar alur cerita berjalan dengan baik.
  1. Pemotongan yang Cermat – Pemotongan adalah salah satu elemen kunci dalam mengedit video. Pastikan untuk memotong klip dengan cermat, dan hanya menjaga bagian yang paling relevan. Ini akan membuat video Anda lebih ringkas dan mudah diikuti.
  1. Manfaatkan Transisi yang Halus – Transisi adalah cara yang baik untuk menghubungkan klip video. Gunakan transisi yang halus seperti crossfade atau fade to black untuk menghindari perpindahan yang kasar antara klip.
  1. Suara yang Berkualitas – Audio adalah elemen penting dalam video. Pastikan bahwa suara dalam video Anda jernih dan terdengar baik. Anda juga dapat menambahkan musik latar untuk memberikan suasana yang sesuai.
  1. Gunakan Efek dengan Pas – Efek visual seperti warna, saturasi, dan efek khusus dapat menambahkan elemen kreatif dalam video Anda. Namun, gunakan efek dengan bijak. Terlalu banyak efek dapat mengganggu penonton.
  1. Pertimbangkan Durasi Video – Pertimbangkan durasi video Anda. Jangan membuat video terlalu panjang, karena dapat membuat penonton bosan. Cobalah untuk menjaga video Anda agar singkat dan langsung ke poin.
  1. Umpan Balik dan Perbaikan – Terakhir, setelah Anda selesai mengedit, mintalah umpan balik dari teman atau rekan. Umpan balik dari orang lain dapat membantu Anda untuk memperbaiki dan memperbaiki video Anda.

Akhir Kata

Itulah informasi tentang 20 aplikasi edit video terbaik dan gampang banget digunakan untuk pemula. Mengedit video bisa menjadi tantangan, terutama bagi pemula. Namun, dengan memahami tujuan Anda, menggunakan alat yang tepat, dan mengikuti tips di atas, Anda dapat membuat video yang menarik untuk ditonton. 

Ingatlah bahwa pengeditan video adalah keterampilan yang perlu dipraktekkan, jadi jangan takut untuk mencoba hal-hal baru dan terus belajar. Dengan waktu dan pengalaman, Anda akan menjadi seorang editor video yang lebih terampil dan kreatif.

jogjabay

Jogjabay.id

Jogjabay.id merupakan official website resmi Jogja Bay Waterpark. Situs ini memberikan informasi & update terbaru seputar wisata di Yogyakarta dan daerah lain di Indonesia.

Artikel Terkait