14 Platform YouTube Downloader Terbaik Untuk Mengunduh Video dari Youtube

by

Jogjabay.id

YouTube Downloader

Jogjabay.id – Ada banyak platform YouTube Downloader yang memungkinkan kamu untuk mengunduh video dari YouTube dengan mudah. YouTube adalah platform video terbesar di dunia dengan jutaan video yang dapat diakses secara gratis. Namun, seringkali kita ingin menyimpan video-video favorit kita untuk ditonton offline atau dibagikan dengan teman-teman. Inilah saatnya kamu menggunakan platform YTdownloader.

Berkenaan dengan itu, di ulasan ini, saya akan membagikan 1informasi mengenai 14 platform YouTube downloader yang bisa menjadi solusi bagi kamu ketika ingin mengambil video dari Youtube tersebut.

14 Platform YouTube Downloader Terbaik

Berikut ini adalah 14 platform YouTube Downloader terbaik yang banyak digunakan oleh para pengguna hingga saat ini.

1. 4K Video Downloader

Platform ini memungkinkan kamu untuk dengan mudah mengunduh video-video YouTube dalam kualitas tertinggi, mencapai hingga resolusi 4K yang memukau. Selain itu, keunggulan tambahan yang ditawarkan adalah kemampuan untuk mengunduh keseluruhan playlist atau saluran YouTube, yang dapat sangat berguna untuk mengakses banyak video secara bersamaan tanpa perlu mengunduh satu per satu. 

Dengan ini, kamu dapat membuat koleksi video favorit kamu dengan lebih efisien dan menghemat waktu. Menyimpan video dalam kualitas 4K juga memungkinkan kamu menikmati konten dengan detail visual yang luar biasa dan gambar yang tajam. Dengan beragam pilihan pengaturan kualitas, platform ini memberikan kontrol sepenuhnya kepada pengguna untuk menyesuaikan pengalaman pengunduhan mereka sesuai dengan preferensi dan kebutuhan mereka.

2. Y2Mate

Y2Mate adalah sebuah platform online yang mempesona, yang tidak hanya memungkinkan kamu dengan cepat dan mudah mengunduh video dari YouTube tetapi juga menawarkan berbagai fitur canggih yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna. 

Kecepatan yang tinggi dalam proses pengunduhan memastikan bahwa kamu tidak perlu menunggu lama untuk menikmati video yang diunduh. Platform ini sangat user-friendly, dengan antarmuka yang intuitif, sehingga bahkan pengguna pemula pun dapat dengan mudah menguasainya.

Yang membuat Y2Mate semakin menonjol adalah kemampuannya untuk mengkonversi video ke berbagai format. Ini berarti kamu dapat mengunduh video dalam format yang paling sesuai dengan perangkat atau kebutuhan kamu, termasuk format audio yang memungkinkan kamu menikmati hanya audio dari video tersebut. 

3. Freemake Video Downloader

Freemake adalah salah satu perangkat lunak yang sangat bernilai yang tersedia secara gratis dan memberikan kamu kemampuan untuk mengunduh video dari YouTube dan berbagai platform lainnya dengan sangat mudah. Keberadaan perangkat ini adalah jawaban bagi banyak orang yang ingin menyimpan video favorit mereka secara offline.

Freemake memiliki tampilan yang intuitif dan sangat ramah pengguna, sehingga bahkan pemula sekalipun dapat dengan mudah menggunakannya. Namun, kelebihan Freemake tidak hanya terbatas pada kemampuannya untuk mengunduh video. 

Kamu juga dapat mengkonversi video yang sudah diunduh atau yang telah kamu miliki menjadi berbagai format yang berbeda. Ini memungkinkan kamu untuk menyesuaikan video dengan perangkat kamu atau kebutuhan kamu, bahkan termasuk konversi ke format audio. 

4. ClipGrab

ClipGrab adalah perangkat lunak sumber terbuka yang luar biasa, yang memfasilitasi pengunduhan video dari berbagai situs, termasuk yang paling populer seperti YouTube, Vimeo, Dailymotion, dan masih banyak lagi. Kelebihan terbesar dari ClipGrab adalah kompatibilitas lintas platform dan kemampuannya untuk memberikan akses instan ke beragam konten multimedia yang dapat disimpan untuk ditonton secara offline.

Dengan ClipGrab, pengguna dapat mengunduh video dalam berbagai format, memberikan fleksibilitas dalam menyesuaikan konten sesuai dengan preferensi dan perangkat mereka. Dalam pengaturan unduhan, kamu dapat memilih resolusi yang diinginkan, termasuk opsi resolusi tinggi hingga 4K untuk pengalaman visual yang tajam. kamu bahkan dapat mengunduh hanya audio dari video jika kamu hanya ingin menyimpan lagu atau berbicara dari presentasi.

Selain itu, sebagai perangkat lunak sumber terbuka, ClipGrab menggabungkan komunitas pengembang yang dinamis yang secara teratur memperbarui perangkat ini untuk mendukung situs-situs web terbaru dan menghadirkan perbaikan fungsionalitas yang terus-menerus.

5. WinX YouTube Downloader

Sebuah platform yang memungkinkan kamu untuk mengunduh video dari YouTube dengan cepat dan mudah merupakan penemuan berharga bagi siapa pun yang gemar mengeksplorasi dunia konten multimedia online. Ketika kita berbicara tentang pengunduhan video, waktu dan kemudahan sangatlah berharga. Platform ini menawarkan solusi ideal untuk mendapatkan video favorit kamu dengan mudah dan dalam hitungan detik.

Baca juga:  Rumah Harga 50 Juta di Jogja - 3 Lokasi Ini Jadi Pilihan

Namun, keunggulan dari platform ini tidak hanya terbatas pada kemampuannya untuk mengunduh video. Fitur yang tak kalah penting adalah kemampuannya untuk mengkonversi video yang telah diunduh ke berbagai format yang berbeda. Ini berarti bahwa kamu tidak hanya dapat menghemat video YouTube favorit kamu untuk ditonton offline.

Tetapi kamu juga dapat menyesuaikan formatnya sesuai dengan perangkat yang kamu gunakan, seperti ponsel, tablet, atau PC. Kamu bahkan dapat mengkonversi video menjadi format audio, menjadikannya alat serbaguna untuk memenuhi berbagai kebutuhan multimedia kamu.

6. aTube Catcher

aTube Catcher adalah sebuah perangkat lunak yang berperan ganda sebagai penjelajah multi-tugas yang menyediakan beragam fungsi yang sangat berguna. Dengan aTube Catcher, pengguna dapat dengan mudah mengunduh video dari YouTube, serta dari berbagai situs web lain yang menyimpan berbagai konten multimedia. Kemudahan pengunduhan ini sangat penting bagi banyak orang yang ingin menjaga koleksi video favorit mereka dan menikmatinya secara offline.

Namun, aTube Catcher tidak berhenti disitu saja. Ini juga memungkinkan kamu merekam video secara langsung, yang berguna untuk merekam siaran langsung, konferensi video, atau acara langsung lainnya. Kamu dapat mengkonversi format video dari satu ke yang lain sesuai kebutuhan kamu, memungkinkan fleksibilitas dalam manajemen konten multimedia. 

Jadi, jika kamu ingin mengonversi video YouTube menjadi format yang kompatibel dengan perangkat kamu, itu tidak akan menjadi masalah sama sekali. Selain fitur utamanya, aTube Catcher juga menawarkan sejumlah alat tambahan, seperti pemotong video, pemutar media, dan bahkan konversi audio, yang memungkinkan kamu untuk mengatur konten multimedia kamu dengan lebih baik.

7. KeepVid

KeepVid, sebuah platform online yang berperan penting dalam pengunduhan dan konversi video, adalah teman setia bagi mereka yang menghargai fleksibilitas dalam mengakses dan mengelola konten multimedia. 

Fitur utama yang ditawarkan adalah kemampuan untuk mengunduh video dari YouTube dan beragam platform lain, memberikan akses instan ke berbagai jenis konten. Ini adalah jawaban bagi banyak orang yang ingin menyimpan video favorit mereka untuk ditonton offline atau dibagikan dengan teman-teman. Tetapi, keunggulan KeepVid tidak berhenti di situ. 

Platform ini juga memungkinkan pengguna untuk mengkonversi video ke berbagai format yang berbeda. Ini sangat berguna karena memungkinkan kamu menyesuaikan video dengan perangkat yang kamu gunakan atau mengonversi ke format audio jika kamu hanya ingin menyimpan suara dari video tersebut. Kebebasan dalam memilih format membuat KeepVid sangat serbaguna dalam mengelola konten multimedia.

8. Any Video Converter

Seperti yang disebutkan oleh namanya, platform ini memiliki kemampuan yang sangat mendasar untuk mengkonversi video dari YouTube dan mengunduhnya dalam berbagai format video atau audio. Kemampuan ini sangat berguna untuk mereka yang ingin mengatur koleksi video mereka dengan lebih baik atau mendapatkan audio dari video yang mereka sukai.

Mengonversi video adalah salah satu fitur penting yang ditawarkan oleh platform ini. Dengan kemampuan ini, kamu dapat dengan mudah mengubah format video sesuai dengan kebutuhan kamu. Mungkin kamu ingin mengunduh video dalam resolusi tertentu atau mengkonversi video menjadi format yang kompatibel dengan perangkat kamu, seperti ponsel atau tablet. Jika kamu hanya tertarik pada audio dari video tersebut, kemampuan untuk mengunduh hanya audio sangat berguna.

Selain itu, platform ini juga memungkinkan kamu untuk menyimpan video dalam berbagai format video atau audio, yang menjadikannya alat yang sangat fleksibel dalam manajemen konten multimedia kamu. kamu dapat dengan bebas memilih format yang paling sesuai dengan preferensi kamu dan kebutuhan perangkat kamu. 

9. VidMate

VidMate adalah sebuah aplikasi luar biasa yang telah menjadi favorit di antara pengguna perangkat Android. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk melakukan banyak hal yang berguna dalam satu paket yang efisien dan mudah digunakan. Salah satu fitur utamanya adalah kemampuannya untuk mengunduh video dari YouTube dan berbagai situs web lainnya, sehingga kamu dapat dengan mudah mengakses dan menikmati konten multimedia favorit kamu di ponsel atau tablet Android.

Tidak hanya sebatas pengunduhan video, VidMate juga menyediakan berbagai pilihan resolusi untuk pengunduhan video, termasuk opsi hingga 4K, sehingga kamu dapat menyesuaikan kualitas video sesuai dengan preferensi kamu. Selain itu, kamu dapat mengkonversi video menjadi berbagai format yang berbeda untuk memastikan kompatibilitas dengan perangkat kamu.

Baca juga:  8 Aplikasi Tambahan Maxim Biar Gacor & Cepat Dapat Orderan!

Selain fitur utama pengunduhan dan konversi, VidMate juga memiliki kemampuan streaming video berkualitas tinggi dan bahkan dapat digunakan untuk mendengarkan musik.

10. SaveFrom.net

SaveFrom.net adalah platform online yang menjadi kamulan para pengguna YouTube yang ingin mengunduh video dengan cepat dan simpel. Keunggulan utamanya adalah kemudahan penggunaannya. kamu hanya perlu menambahkan “ss” sebelum “youtube.com” pada URL video yang ingin kamu unduh, dan SaveFrom.net akan memberikan kamu berbagai pilihan resolusi dan format untuk video tersebut.

Penggunaannya yang sangat sederhana menjadikan platform ini sebagai pilihan yang sangat populer, terutama di kalangan pengguna yang tidak ingin menginstal perangkat lunak tambahan atau menghabiskan waktu untuk memahami antarmuka yang rumit.

Selain kemudahan penggunaan, SaveFrom.net juga memungkinkan kamu mengunduh video dalam berbagai resolusi, mulai dari SD hingga 4K, sehingga kamu dapat menyesuaikan kualitas video sesuai dengan preferensi kamu. Dengan kemampuan ini, kamu dapat menghemat penyimpanan perangkat kamu dan menghindari mengunduh video dalam kualitas yang lebih tinggi jika tidak diperlukan.

11. YouTube-dl

YouTube-dl adalah sebuah alat baris perintah yang berdiri kokoh sebagai salah satu solusi terkemuka untuk mengunduh video dari berbagai situs web, dengan fokus utama pada YouTube. Apa yang membuatnya begitu menonjol adalah statusnya sebagai perangkat lunak sumber terbuka yang dapat diunduh dan digunakan dengan mudah di berbagai platform, termasuk Windows, MacOS, dan berbagai distribusi Linux.

Keunggulan utama YouTube-dl adalah kekuatannya. Alat ini memberikan kontrol yang sangat tinggi kepada pengguna dalam proses pengunduhan. kamu dapat menyesuaikan banyak aspek, termasuk kualitas video, format, dan bahkan opsi seperti ekstraksi metadata. Ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan hasil sesuai dengan kebutuhan mereka.

Selain kemampuannya untuk mengunduh video dari YouTube, YouTube-dl juga mendukung banyak situs web video lainnya, yang membuatnya sangat serbaguna. Ini berarti kamu dapat menggunakannya untuk mengunduh video dari berbagai platform, bahkan yang mungkin tidak didukung oleh alat pengunduhan lainnya.

12. Dentex YouTube Downloader

Platform YouTube Downloader yang satu ini adalah sebuah aplikasi Android yang memberikan akses yang luar biasa kepada para pengguna untuk mengunduh video dari YouTube dalam berbagai format dan kualitas. Dalam era perangkat bergerak yang semakin canggih, aplikasi ini menjadi sebuah alat yang sangat berguna bagi siapa pun yang ingin menjelajahi dunia konten multimedia di perangkat seluler mereka.

Kemampuan utama dari aplikasi ini adalah pengunduhan video. Dengan fitur-fitur yang sangat lengkap, pengguna dapat memilih format video yang diinginkan, mulai dari resolusi stkamur hingga yang berkualitas tinggi seperti 4K. Ini memungkinkan kamu untuk menyesuaikan kualitas video sesuai dengan preferensi kamu dan kapasitas penyimpanan perangkat kamu.

Selain itu, aplikasi ini mendukung unduhan video dalam berbagai format audio, yang sangat berguna jika kamu hanya ingin menyimpan musik atau suara dari video tersebut. Dengan kemampuan ini, kamu dapat membuat koleksi musik favorit kamu dengan mudah.

13. GetVideo.org

Platform YouTube Downloader yang satu ini adalah solusi yang sangat praktis dan sangat mudah digunakan. Keunggulan utama platform ini adalah kemampuannya untuk mengunduh video dari YouTube, salah satu platform video terbesar di dunia, serta beberapa platform lainnya. 

Kemudahan penggunaan adalah salah satu faktor utama yang membuatnya begitu populer di kalangan pengguna yang ingin menyimpan video favorit mereka secara offline atau mengunduh konten yang mereka butuhkan untuk berbagai keperluan. Selain fitur pengunduhan yang sangat berguna, platform ini juga memungkinkan pengguna untuk memilih format dan kualitas video sesuai dengan preferensi mereka.

Ini memberikan kamu kendali penuh atas pengalaman pengunduhan kamu, memungkinkan kamu menyesuaikan video dengan perangkat kamu atau kebutuhan konten kamu. Dalam intisari, platform online ini memberikan kemudahan dan fleksibilitas dalam mengelola dan mengunduh video dari berbagai platform. Dengan antarmuka yang sederhana dan intuitif, platform ini sangat cocok untuk pengguna dari berbagai latar belakang, termasuk pemula.

14. VidPaw

VidPaw adalah sebuah platform online yang menyediakan solusi lengkap untuk mengelola video YouTube dengan mudah. Salah satu fitur utamanya adalah kemampuan untuk mengunduh video dari YouTube, yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan video favorit mereka secara offline. 

Keunggulan platform YouTube Downloader ini adalah kemampuannya untuk mendukung pengunduhan dari YouTube dalam berbagai format dan resolusi. kamu dapat memilih format video yang paling sesuai dengan perangkat kamu atau kebutuhan kamu, termasuk pilihan resolusi tinggi hingga 4K yang memukau.

Baca juga:  10 Penyebab Lazada Paylater Tidak Bisa Digunakan + Solusinya

Tidak hanya berhenti pada pengunduhan, VidPaw juga memungkinkan pengguna untuk mengkonversi video ke berbagai format yang berbeda. Ini sangat bermanfaat jika kamu ingin mengubah format video agar sesuai dengan perangkat kamu atau jika kamu hanya ingin mengunduh audio dari video tersebut.

Kelebihan dan Kekurangan Mengunduh Melalui Platform Youtube Downloader

Sebenarnya, ada banyak kelebihan jika kita mengunduh video Youtube melalui platform Youtube Downloader. Tapi, tetap juga pasti ada kekurangannya. Nah, berikut ini kita akan lihat apa saja kelebihan dan kekurangan menggunakan platform YT Downloader ini!

Kelebihan YouTube Downloader

Kalo bicara kelebihan, ini dia antara lain kelebihannya:

  1. Menyimpan Video Favorit: YouTube downloader memungkinkan kita untuk menyimpan video favorit kita, termasuk tutorial, lagu, dan video lainnya, sehingga kita dapat menontonnya secara offline tanpa perlu terhubung ke internet. Ini sangat berguna saat kita berada di tempat tanpa akses internet.
  1. Berbagi Video: Dengan video yang sudah diunduh, kita dapat dengan mudah berbagi konten dengan teman-teman atau keluarga tanpa harus mengirimkan tautan YouTube. Ini juga bermanfaat jika kita ingin memasukkan video ke dalam presentasi atau proyek lain.
  1. Konversi Format: Banyak YouTube downloader memiliki kemampuan untuk mengkonversi video ke berbagai format. Ini memungkinkan kita untuk mengubah video menjadi format yang kompatibel dengan perangkat atau aplikasi tertentu.
  1. Kualitas Video: Dalam beberapa downloader, kita dapat memilih kualitas video yang ingin kita unduh. Ini memberi kita kontrol penuh atas resolusi video, memungkinkan kita untuk menghemat ruang penyimpanan jika diperlukan.
  1. Menyimpan Video Pendidikan: Bagi pelajar dan pembelajar online, YouTube downloader memungkinkan mereka untuk menyimpan video pembelajaran atau tutorial yang dapat diakses dan digunakan tanpa perlu koneksi internet.

Nah, itulah antara lain beberapa kelebihannya.

Kekurangan YouTube Downloader

Akan tetapi, platform seperti ini juga memiliki sejumlah kekurangan. Diantaranya:

  1. Potensial Pelanggaran Hak Cipta: Salah satu kekurangan utama dalam mengunduh video dari YouTube adalah potensial pelanggaran hak cipta. Banyak video di YouTube dilindungi oleh hak cipta, dan mengunduhnya tanpa izin pemilik video bisa melanggar hukum.
  1. Isu Legalitas: Beberapa downloader YouTube melibatkan praktik yang melanggar syarat penggunaan YouTube. Ini berarti penggunaan aplikasi tersebut bisa melibatkan risiko hukum, seperti pemblokiran akun YouTube atau tuntutan hukum.
  1. Potensi Malware: Ada banyak YouTube downloader yang tidak terkendali dengan baik, dan mengunduh dari sumber yang tidak terpercaya dapat membawa risiko malware atau virus ke perangkat kamu. Keamanan harus selalu menjadi pertimbangan utama.
  1. Tidak Ada Akses ke Fitur Tambahan: Ketika kamu mengunduh video dan menyimpannya di perangkat kamu, kamu kehilangan akses ke fitur YouTube tambahan seperti komentar, like, dan berbagi. kamu juga tidak akan bisa menyimpan video dalam daftar putar atau melihat video terkait.
  1. Kualitas Video Menurun: Pada beberapa kasus, kualitas video yang diunduh mungkin lebih rendah daripada yang ditampilkan di YouTube. Ini tergantung pada sumber video yang kamu unduh dan pengaturan downloader yang kamu gunakan.

Mengunduh video dari YouTube melalui YouTube downloader memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan. Keuntungan utama adalah kemampuan untuk menyimpan video favorit, berbagi konten, dan mengonversi format sesuai kebutuhan. Namun, ada risiko pelanggaran hak cipta, isu legalitas, dan potensi malware yang harus diwaspadai.

Sebelum kamu menggunakan YouTube downloader, pertimbangkan kebutuhan kamu dan pastikan untuk memahami hukum hak cipta di wilayah kamu. Pastikan juga untuk memilih downloader yang terpercaya dan terkemuka untuk menghindari risiko keamanan. Menggunakan alat ini dengan bijak dan bertanggung jawab adalah kunci agar kamu dapat menikmati manfaatnya tanpa menghadapi masalah hukum atau keamanan.

Kesimpulan

Dengan 14 pilihan platform YouTube downloader yang beragam ini, kamu dapat dengan mudah memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu. Penting untuk diingat bahwa mengunduh video dari YouTube mungkin melanggar hak cipta, jadi pastikan untuk hanya menggunakan video yang memiliki izin untuk diunduh atau mengikuti pedoman hukum setempat tentang penggunaan konten YouTube.

Semua platform YouTube Downloader di atas memiliki fitur dan kelebihan yang berbeda. Beberapa mungkin lebih cocok untuk penggunaan desktop, sementara yang lain lebih sesuai untuk perangkat mobile. Pastikan untuk memeriksa ketentuan penggunaan dan pedoman privasi setiap platform sebelum mengunduh video. 

Semoga artikel ini membantu kamu menemukan solusi yang tepat untuk mendownload video YouTube dengan mudah!

jogjabay

Jogjabay.id

Jogjabay.id merupakan official website resmi Jogja Bay Waterpark. Situs ini memberikan informasi & update terbaru seputar wisata di Yogyakarta dan daerah lain di Indonesia.

Artikel Terkait