WA GB Itu Apa dan Bedanya dengan WhatsApp Versi Biasa [Update 2023]

by

Jogjabay.id

Jogjabay.id – WhatsApp, aplikasi pesan instan yang telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari kita, telah berkembang menjadi salah satu cara utama komunikasi. Di samping versi resmi yang dikeluarkan oleh WhatsApp Inc., ada berbagai modifikasi yang dibuat oleh pengembang pihak ketiga. Salah satu modifikasi paling terkenal adalah WA GB, yang memungkinkan pengguna untuk mengakses fitur tambahan yang tidak tersedia dalam versi resmi. 

Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi WA GB dengan lebih rinci, termasuk definisi, perbedaan dengan WhatsApp biasa, ciri-ciri pengguna WhatsApp GB, kemampuan melihat pesan yang sudah dihapus, privasi, dan keamanan.

WA GB Itu Apa? Gunanya Apa?

WhatsApp GB, singkatan dari WhatsApp Gold Blue, adalah modifikasi dari aplikasi pesan instan WhatsApp yang dikembangkan oleh pihak ketiga yang dirancang untuk memberikan pengguna pengalaman yang lebih kaya dengan berbagai fitur tambahan dan opsi kustomisasi yang luas. 

Meskipun mirip dengan WhatsApp biasa dalam hal fungsionalitas dasar yakni sebagai penjawab pesan teks, melakukan video call, dan mengirim audio, WA GB juga menyediakan kemampuan lebih banyak lagi untuk mengubah tampilan aplikasi, mengatur privasi lebih rinci, dan lain sebagainya.

Apa Bedanya WA GB dan WA Biasa?

WA GB
WA GB

Sebagaimana dilaporkan di Kompas Tekno, perbedaan antara WhatsApp (WA) yang biasa atau resmi dan WhatsApp GB dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Dari segi legalitas, WA GB bukanlah produk aplikasi yang berasal dari Meta. Sebaliknya, WhatsApp Gold Blue adalah modifikasi dari WhatsApp Plus yang merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh pihak ketiga. Berbeda dengan WA biasa yang merupakan produk resmi Meta.
  1. Dalam hal sistem operasi dan penggunaannya, WA GB hanya dapat diinstal pada perangkat Android. Sementara itu, WA biasa atau resmi dapat digunakan pada berbagai platform, termasuk Android, iPhone, Mac, dan bahkan Windows PC.
  1. WA GB tidak dapat diunduh melalui platform resmi seperti PlayStore. Oleh karena itu, pengguna harus mengaksesnya melalui sumber pihak ketiga. Sebaliknya, WA resmi dapat diunduh dengan mudah melalui AppStore dan PlayStore.
  1. WA GB tidak menjamin keamanan data pribadi penggunanya. Di sisi lain, WA biasa atau resmi dilengkapi dengan sistem keamanan yang kuat dan menggunakan enkripsi data untuk melindungi informasi pribadi pengguna.

Perbedaan Mendasar Lainnya

Selanjutnya ada perbedaan mendasar lainnya antara WA GB dengan WA biasa.

  1. WhatsApp GB memungkinkan pengguna untuk mengubah tema, mengganti warna, mengubah ikon aplikasi, dan mempersonalisasi tampilan antarmuka pengguna sesuai dengan preferensi mereka. Sementara, WhatsApp resmi memiliki opsi kustomisasi yang lebih terbatas.
  2. Dalam WhatsApp GB, Anda dapat mengirim pesan dengan ukuran yang lebih besar daripada WhatsApp biasa. Ini bermanfaat ketika Anda perlu berbagi file besar, seperti video atau dokumen. 
  3. WhatsApp GB memungkinkan Anda untuk mengonfigurasi pemberitahuan dengan lebih rinci, termasuk mengubah nada dering untuk pesan dari kontak tertentu.
  4. WhatsApp GB menawarkan lebih banyak opsi privasi daripada WhatsApp biasa, seperti kemampuan untuk menyembunyikan tanda centang biru, terakhir terlihat, dan status online Anda. Dan yang kelima, WhatsApp GB memungkinkan pengguna untuk menginstal dua versi WhatsApp pada satu perangkat, misalnya, WhatsApp resmi dan WhatsApp GB.

Jadi itulah perbedaan besar antara WhatsApp Gold Blue dengan WhatsApp biasa.

Baca juga:  10 Aplikasi Pinjaman Online Terpercaya, Cepat Cair & Bunga Rendah

Apa Saja Fitur yang Ada di Dalamnya?

WhatsApp GB memiliki sejumlah keunggulan yang tidak selalu tersedia di WhatsApp resmi. Berikut adalah beberapa keunggulan WhatsApp GB yang mungkin tidak dapat ditemukan di aplikasi resmi:

  1. Kirim Gambar Berkualitas Tinggi: WhatsApp GB memungkinkan pengguna untuk mengirim gambar dalam resolusi tinggi tanpa mengalami kompresi, sehingga gambar tetap berkualitas baik.
  1. Tanda Pesan Belum Dibaca: Pengguna dapat menandai pesan yang belum dibaca, memberikan kemudahan dalam mengelola pesan yang perlu direspons.
  1. Filter Chat yang Tidak Diinginkan: WhatsApp GB memiliki fitur untuk menyaring chat yang tidak diinginkan, membantu mengurangi gangguan dalam kotak masuk Anda.
  1. Balas Pesan Otomatis: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk merespons pesan teks secara otomatis, berguna untuk pesan-pesan rutin atau balasan cepat.
  1. WhatsApp Pay: WhatsApp GB mendukung WhatsApp Pay, yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran langsung melalui aplikasi.
  1. Tema Kustomisasi: Pengguna dapat memasang tema yang keren dan mempersonalisasi tampilan WhatsApp GB sesuai dengan selera mereka.
  1. GIF yang Beragam: WhatsApp GB menyediakan GIF yang lebih beragam dan unik untuk menambah keseruan dalam percakapan.
  1. Bahasa yang Beragam: Terdapat beragam pilihan bahasa yang memudahkan pengguna di berbagai negara.
  1. Multi-Nomor HP: WhatsApp GB dapat digunakan untuk beberapa nomor HP sekaligus, memungkinkan pengguna untuk mengelola berbagai akun dalam satu aplikasi.
  1. Download Status Teman: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mendownload status dari teman mereka, sehingga status yang menarik dapat disimpan.
  1. Kirim Video dan Audio Besar: Anda dapat mengirim video hingga ukuran 50 MB dengan durasi hingga 7 menit, serta audio hingga 100 MB.
  1. Sembunyikan Tanda Centang Dua: Pengguna dapat menyembunyikan tanda centang dua pada pesan yang mereka kirim, menjaga privasi dan memberikan fleksibilitas.
  1. Status Selalu Online: Fitur ini memungkinkan pengguna untuk selalu terlihat online, meskipun sebenarnya mereka sedang offline.
  1. Arsip Pesan: WhatsApp GB memiliki fitur untuk mencadangkan pesan, membantu dalam mengatur pesan-pesan yang ingin disimpan.
  1. Emoji Eksklusif: Terdapat emoji eksklusif yang hanya tersedia di WhatsApp GB.
  1. Nonaktifkan Keterangan “Sedang Mengetik”: Anda dapat menonaktifkan keterangan yang memberi tahu orang lain bahwa Anda sedang mengetik pesan.
  1. Tanda Centang Kekinian: WhatsApp GB menawarkan tanda centang dengan desain yang lebih modern dan menarik.
  1. Jadwalkan Pesan: Anda dapat menjadwalkan pesan untuk dikirim pada waktu tertentu, yang berguna untuk pesan-pesan yang perlu dikirimkan pada waktu yang tepat.

Dengan sejumlah fitur unik ini, WA GB menjadi alternatif menarik bagi mereka yang ingin mengkustomisasi pengalaman mereka dalam berkomunikasi melalui WhatsApp. Namun, perlu diingat bahwa WhatsApp GB adalah aplikasi pihak ketiga yang memiliki beberapa risiko terkait privasi dan keamanan.

Apa Ciri-ciri Orang yang Menggunakan WA GB?

Pengguna WA GB memiliki ciri-ciri yang dapat membedakan mereka dari pengguna WhatsApp biasa. Ini adalah tanda-tanda yang dapat membantu mengidentifikasi mereka:

  1. Salah satu ciri paling mencolok dari pengguna WhatsApp GB adalah kecenderungan mereka untuk selalu mengubah tampilan dan tema aplikasi mereka. Mereka sering melakukan perubahan ini untuk menciptakan tampilan yang lebih personal dan unik. Berbeda dengan pengguna WhatsApp biasa yang mungkin lebih cenderung tetap pada tampilan default.
  1. Selanjutnya, pengguna WhatsApp GB seringkali mengekspresikan preferensi mereka untuk kustomisasi yang lebih eksplisit. Mereka memanfaatkan berbagai fitur kustomisasi yang disediakan oleh WhatsApp GB, seperti mengubah warna tema, mengganti gaya font, dan bahkan mengedit ikon aplikasi. Hal ini menciptakan pengalaman yang sangat individual dan berbeda dari WhatsApp resmi.
  1. Pengguna WhatsApp GB cenderung lebih sering berbagi file besar melalui aplikasi ini. Kelebihan utama yang dimiliki WhatsApp GB adalah kemampuannya untuk mengirim pesan dengan ukuran yang lebih besar daripada WhatsApp biasa. Oleh karena itu, pengguna seringkali memanfaatkan fitur ini untuk mengirim video, dokumen, atau file besar lainnya.
  1. Selain itu, privasi adalah salah satu aspek yang lebih diperhatikan oleh pengguna WhatsApp GB. Mereka sering menggunakan opsi privasi yang disediakan oleh aplikasi ini, seperti menyembunyikan tanda centang biru yang menunjukkan bahwa pesan telah dibaca atau status online mereka. Hal ini dapat mengindikasikan kepedulian mereka terhadap privasi dan ketenangan dalam berkomunikasi.
  1. Pengguna WhatsApp GB juga cenderung menyesuaikan notifikasi sesuai dengan preferensi mereka. Mereka dapat mengatur nada dering yang berbeda untuk pesan dari kontak tertentu, sehingga mereka dapat dengan cepat mengidentifikasi pesan yang masuk dari orang-orang penting dalam hidup mereka.
  1. Beberapa pengguna WhatsApp GB mungkin menggunakan lebih dari satu aplikasi pesan instan secara bersamaan. Mereka dapat menginstal WhatsApp GB bersama dengan WhatsApp biasa atau aplikasi pesan lainnya, memungkinkan mereka untuk berkomunikasi melalui berbagai platform. Ini dapat mengindikasikan tingkat fleksibilitas dalam komunikasi mereka.
  1. Terakhir, pengguna WhatsApp GB menyadari bahwa aplikasi ini bukanlah versi resmi yang dikeluarkan oleh WhatsApp Inc. Mereka memahami bahwa WhatsApp GB adalah aplikasi tidak resmi yang merupakan hasil modifikasi oleh pihak ketiga. Oleh karena itu, mereka mungkin lebih berhati-hati terhadap risiko yang terkait dengan penggunaan aplikasi ini dan mungkin lebih terbuka terhadap berbagai fitur yang ditawarkan oleh WhatsApp GB.
Baca juga:  Cara Sadap WA Pacar Jarak Jauh Via Social Spy WhatsApp

Dengan demikian, ciri-ciri pengguna WhatsApp GB mencerminkan keinginan mereka untuk memiliki pengalaman berkomunikasi yang unik, penuh kustomisasi, dan berfokus pada privasi, meskipun mereka sadar bahwa mereka menggunakan aplikasi yang tidak resmi.

Apakah WA GB Bisa Melihat Chat Orang Lain?

Jawabannya adalah tidak! WA GB tidak bisa digunakan untuk melihat chat orang lain. Ini karena aplikasi tersebut pada dasarnya dirancang untuk meningkatkan dan mengoptimalkan fitur yang sudah ada. Oleh karena itu, bagi yang ingin memantau percakapan orang lain, disarankan untuk menggunakan alat atau aplikasi lain yang bisa diinstal di perangkat target. 

Namun, kami ingin menekankan pentingnya menggunakan alat semacam itu dengan tujuan yang positif. Sebagai contoh, jika Anda memiliki seorang anak perempuan remaja, Anda dapat mempertimbangkan penggunaan aplikasi semacam itu.

Dengan cara ini, Anda dapat mengetahui dengan siapa anak Anda sering berkomunikasi dan aktivitas apa yang mereka lakukan. Hal ini bisa membantu Anda dalam menjaga dan mengawasi anak Anda dengan lebih baik, tetapi selalu penting untuk menggunakan alat semacam ini dengan tanggung jawab dan menghormati privasi orang lain.

Apakah iPhone Bisa Pakai WA GB?

Tentu saja, iPhone juga bisa menggunakan WhatsApp GB. Pengembang pihak ketiga telah membuat aplikasi GB WhatsApp khusus untuk pengguna ponsel iPhone.

Namun, penting untuk diingat bahwa aplikasi GB WhatsApp tidak tersedia di App Store, yang merupakan sumber resmi aplikasi untuk perangkat iPhone. Oleh karena itu, pengguna iPhone tidak dapat mengunduh WhatsApp GB melalui App Store. Namun, pengguna masih memiliki opsi untuk mengunduh GB WhatsApp dari internet.

Untuk menginstal aplikasi yang diunduh dari internet, prosesnya berbeda dengan menginstal aplikasi dari App Store. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Unduh terlebih dahulu aplikasi WhatsApp GB dari sumber yang terpercaya.
  2. Setelah unduhan selesai, jangan membuka aplikasi tersebut.
  3. Masuk ke pengaturan pada perangkat iPhone Anda, lalu aktifkan opsi “Sumber Tidak Dikenal” atau “Unknown Sources.”
  4. Setelah itu, buka file apk WhatsApp GB yang telah Anda unduh.
  5. Instal aplikasi tersebut di perangkat iPhone Anda.
  6. Tunggu hingga proses instalasi selesai.
  7. Setelah aplikasi terinstal, buka dan masuk menggunakan nomor ponsel aktif Anda.

Dengan langkah-langkah ini, Anda dapat menggunakan WhatsApp GB pada iPhone Anda. Namun, perlu diingat bahwa karena ini adalah aplikasi pihak ketiga yang tidak resmi, selalu berhati-hati dan pertimbangkan risiko yang mungkin terkait dengan penggunaan aplikasi semacam itu.

Baca juga:  5 Cara Menggunakan Perpus Digital Maktabah Syamilah APK

Apakah WA GB Bisa Melihat Pesan yang Sudah Dihapus?

WhatsApp GB memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk melihat pesan yang telah dihapus oleh pengirim. Ini adalah salah satu fitur yang berbeda dari WhatsApp resmi. Dalam WhatsApp GB, pesan yang dihapus oleh pengirim tidak akan otomatis hilang dari layar obrolan penerima. Namun, perlu diingat bahwa pengguna tidak dapat melihat pesan yang sudah dihapus oleh penerima.

Apakah WA GB Bisa Melihat Siapa Saja yang Diprofilkan?

WhatsApp GB tidak memiliki fitur yang secara langsung memungkinkan pengguna untuk melihat siapa saja yang telah melihat profil mereka. Fitur “terakhir terlihat” juga dapat disembunyikan dalam WhatsApp GB, sehingga pengguna tidak akan tahu kapan Anda terakhir kali membuka aplikasi.

Cara Memperbarui WA GB yang Kedaluwarsa

Langkah-langkah untuk memperbarui GBWhatsApp yang telah kedaluwarsa adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi GBWhatsApp Anda terlebih dahulu.
  2. Di pojok kanan atas, cari dan klik ikon tiga titik (titik tiga) untuk membuka menu.
  3. Pilih opsi “Pengaturan” atau “Setting.”
  4. Dalam menu pengaturan, cari dan klik opsi “Update.”
  5. Kemudian, pilih “Download” dan tunggu proses pengunduhan hingga selesai.

Anda juga dapat memperbarui GBWhatsApp dengan melakukan instalasi ulang, meskipun ini lebih rumit dan disarankan untuk mengikuti langkah-langkah di atas. Namun, jika Anda memilih untuk melakukan instalasi ulang, berikut langkah-langkahnya:

  1. Pastikan Anda mencadangkan percakapan dari aplikasi WhatsApp lama Anda. Anda dapat melakukannya dengan membuka aplikasi, masuk ke “Setelan,” lalu “Chat,” dan terakhir “Cadangkan Chat” atau “Backup Chat.”
  2. Selanjutnya, buka browser di ponsel Anda.
  3. Kunjungi situs resmi GBWhatsApp yang asli dengan mengakses link di bawah ini.
  4. Pilih versi GBWhatsApp yang sesuai dengan yang Anda gunakan saat ini.
  5. Unduh aplikasi GBWhatsApp hingga proses unduhan selesai.
  6. Pastikan untuk mengaktifkan opsi “Sumber Tidak Dikenal” di perangkat Anda agar file mod APK bisa diinstal dan tidak dianggap sebagai virus.
  7. Setelah selesai diunduh, instal aplikasi hingga selesai.

Anda dapat mengunjungi situs resmi GBWhatsApp untuk mengunduh versi terbaru pada tautan berikut: Link Download GBWhatsApp Versi Terbaru 2023

Itulah langkah-langkah untuk memperbarui GB WhatsApp yang sudah kedaluwarsa dengan versi terbaru.

Apakah WA GB Aman Digunakan?

Keamanan WhatsApp GB menjadi perhatian utama karena ini adalah aplikasi tidak resmi yang dikembangkan oleh pihak ketiga. WhatsApp GB tidak terkait dengan WhatsApp Inc., dan pengguna harus mengunduhnya dari sumber yang tidak resmi, yang berisiko mengunduh aplikasi berbahaya atau tidak terpercaya.

Selain itu, WhatsApp GB tidak memiliki jaminan keamanan dan privasi yang sama dengan WhatsApp resmi. Fitur-fitur tambahan yang disediakan oleh WhatsApp GB, seperti kemampuan melihat pesan yang sudah dihapus, dapat menimbulkan risiko privasi.

Oleh karena itu, pengguna harus berhati-hati dalam menggunakan WhatsApp GB dan memastikan untuk mengunduhnya dari sumber yang terpercaya. Juga, lebih baik untuk tetap menggunakan versi resmi WhatsApp jika keamanan dan privasi Anda merupakan prioritas utama.

Kesimpulan

WA GB atau WhatsApp Gold Blue adalah modifikasi populer dari WhatsApp yang menyediakan berbagai fitur tambahan dan opsi kustomisasi yang luas. Dengan menggunakan WhatsApp GB ada sejumlah keuntungan yang tidak diperoleh di WA resmi. 

Meskipun memiliki daya tariknya sendiri, pengguna harus mempertimbangkan risiko yang terkait dengan penggunaan WhatsApp GB, termasuk masalah privasi dan keamanan. Lebih baik menggunakan aplikasi resmi jika Anda mengutamakan keamanan dan privasi Anda. Selain itu, selalu penting untuk menghormati privasi dan hak orang lain saat menggunakan aplikasi pesan instan.

jogjabay

Jogjabay.id

Jogjabay.id merupakan official website resmi Jogja Bay Waterpark. Situs ini memberikan informasi & update terbaru seputar wisata di Yogyakarta dan daerah lain di Indonesia.

Artikel Terkait