Rumah Angker di Jalan Magelang Jogja

Rumah Angker di Jalan Magelang Jogja yang Kembali Viral itu!

Diposting pada

Jogjabay.id – Rumah Angker di Jalan Magelang Jogja, Sebuah rumah di Jalan Magelang Yogyakarta kembali viral. Banyak netizen mencari informasi seputar rumah angker tersebut di internet, meskipun kisah keangkeran rumah tersebut sudah lama diketahui.

Kisah rumah angker di jalan Magelang Jogja tersebut mulai trending setelah komika sekaligus youtuber Raditya Dika mengunggah video vlog berjudul “Paranormal Experience: Rumah Terseram di Jogja” pada 22 Juni 2018 silam. Di video tersebut Raditya Dika bersama dengan Mister, seorang teman SMA-nya dulu, mengupas kisah seram sebuah rumah di daerah Magelang. Rumah itu tidak lain adalah rumah Eyangnya si Mister temannya Radit tadi.

Singkat cerita, dari video itulah, akhirnya rumah seram tersebut menjadi viral. Dalam waktu beberapa hari, video unggahan Raditya Dika sudah ditonton 3 jutaan orang.

Komentar Masyarakat Terkait Rumah Angker di Jalan Magelang Jogja

Viralnya cerita tentang Rumah Angker di Jalan Magelang Jogja ini telah menyedot perhatian masyarakat Jogja dan Magelang. Meskipun terjadi pro dan kontra, namun tidak sedikit warga yang meyakini keangkeran beberapa rumah di Jogja dan Magelang ini.

“Ceritanya, memang ada beberapa orang yang melihat hal-hal gaib dan adanya penampakan misterius di sekitar sana, tetapi saya pribadi belum pernah mengalaminya,” kata Paijo, salah seorang warga sekitar.

Tidak jauh berbeda dengan Paijo. Fred, seorang pemuda asal Kupang, Nusa Tenggara Timur yang tinggal di Magelang juga memiliki pandangan serupa. Menurutnya, rumah dianggap angker atau tidak, sangat bergantung pada persepsi masing-masing individu. 

“Saya sudah tinggal di Jogja selama 11 tahun, dan menurut pengetahuan saya, hampir semua tempat di Jogja memiliki penunggu. Jadi, apakah suatu tempat di Jogja dianggap angker, itu tergantung pada pengalaman dan pandangan setiap orang,” kata Fred.

7 Rumah Angker di Jalan Magelang Jogja Lainnya

Rumah Angker di Jalan Magelang Jogja
Rumah Angker di Jalan Magelang Jogja

Selain rumah angker yang dikisahkan oleh Radit dan temannya tadi, sebenarnya ada banyak kisah tentang Rumah Angker di Jalan Magelang Jogja yang juga tidak kalah seru untuk dibahas. Konon, di sepanjang jalan ini terdapat beberapa rumah yang menurut cerita beberapa warga dihuni oleh makhluk halus. 

Baca juga:  10 Cara Top Up Higgs Domino Pulsa 1500

Berikut 7 rumah angker di Jalan Magelang Jogja lainnya yang dianggap angker, menyeramkan dan ada penunggu gaibnya.

1. Rumah Angker Mbah Maridjan 

Rumah angker Mbah Marijan adalah salah satu rumah angker yang terkenal di Jalan Magelang. Dulunya, Mbah Marijan adalah seorang juru kunci Gunung Merapi yang meninggal pada saat erupsi Merapi tahun 2010. Rumah tersebut konon masih dihuni oleh arwah Mbah Marijan yang masih sering muncul dan mengganggu penghuni rumah tersebut.

2. Rumah Angker Jendral Gatot Subroto

Rumah angker Jendral Gatot Subroto juga menjadi sorotan banyak orang. Jendral Gatot Subroto adalah seorang pahlawan nasional yang dulunya pernah tinggal di rumah tersebut. Konon katanya, arwah Jendral Gatot Subroto masih sering muncul dan menghantui penghuni rumah tersebut.

3. Rumah Angker Bom Bali

Rumah angker Bom Bali juga menjadi tempat yang menyeramkan. Dulunya, rumah tersebut digunakan sebagai tempat penyimpanan bom yang digunakan dalam peristiwa Bom Bali pada tahun 2002. Konon katanya, arwah korban Bom Bali masih sering muncul dan mengganggu penghuni rumah tersebut.

4. Rumah Angker Suster Ngesot 

Suster Ngesot juga menjadi salah satu cerita yang sering terdengar di Jalan Magelang. Konon katanya, rumah tersebut dihuni oleh suster ngesot yang sering menakut-nakuti penghuni rumah tersebut. Suster ngesot tersebut dikatakan merupakan arwah dari suster yang meninggal secara tragis di rumah tersebut.

5. Rumah Angker Belanda

Rumah angker Belanda juga menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi oleh orang-orang yang ingin merasakan sensasi berada di dalam rumah angker. Rumah tersebut dulunya ditinggali oleh seorang keluarga Belanda pada masa penjajahan. Konon katanya, arwah keluarga Belanda tersebut masih sering muncul dan menghantui penghuni rumah tersebut.

6. Rumah Angker Pocong

Rumah angker Pocong juga menjadi tempat yang sering dikunjungi oleh para penasaran. Konon katanya, rumah tersebut dihuni oleh pocong yang sering muncul dan menakut-nakuti penghuni rumah tersebut. Pocong tersebut dikatakan merupakan arwah dari seseorang yang meninggal secara tragis di rumah tersebut.

7. Rumah Angker Kuntilanak

Kuntilanak juga menjadi makhluk halus yang sering dikaitkan dengan rumah angker di Jalan Magelang. Rumah angker Kuntilanak konon dihuni oleh kuntilanak yang sering menampakkan diri dan menakut-nakuti penghuni rumah tersebut. Kuntilanak tersebut dikatakan merupakan arwah dari seseorang yang meninggal secara tragis di rumah tersebut.

Penjelasan Lebih Lanjut Seputar Rumah Angker di Sepanjang Jalan Magelang

Masyarakat Yogyakarta terkenal dengan kepercayaannya akan adanya makhluk-makhluk halus yang menghuni berbagai tempat, termasuk rumah-rumah angker yang tersebar di Jalan Magelang. Menurut cerita rakyat, keberadaan rumah angker di Jalan Magelang ini sudah ada sejak lama dan menjadi topik pembicaraan yang menarik bagi masyarakat sekitar.

Baca juga:  Perbedaan Creme 21 Biru dan Hijau

Tidak sedikit orang yang penasaran ingin mengunjungi rumah-rumah angker tersebut. Meskipun kebenaran dari cerita-cerita tersebut masih menjadi misteri, namun banyak yang merasa tertarik dan penasaran untuk mengetahui lebih jauh mengenai kisah-kisah dibalik rumah-rumah angker tersebut.

Rumah Angker Menurut Praktisi Spiritual

Kisah tentang rumah angker atau rumah berhantu memang sudah sangat akrab kehidupan masyarakat kita. Ada yang percaya, ada pula yang tidak. Tergantung keyakinan masing-masing. Berkenaan dengan ini, Wak Sayuti, seorang praktisi spiritual dari Bengkulu menjelaskan bahwa rumah angker biasanya karena ada penghuni gaibnya. 

“Biasanya, itu adalah jin. Di dalam al Quran disebukan bahwa selain manusia, Allah juga menciptakan jin. Nah, jin inilah biasanya yang sering menghuni rumah-rumah kosong, pohon besar, dan tempat-tempat angker itu,” terangnya.

Lalu, bagaimana cara terhindar dari gangguan jin ini? Wak Sayuti yang juga pakar tenaga dalam itu berpesan, khususnya kepada pemeluk agama Islam untuk membaca ayat-ayat perlindungan seperti ayat Kursi, hizib, ratib, atau doa-doa perlindungan yang sudah diajarkan oleh Nabi.

“Insya Allah kita akan terlindungi dari gangguan jin-jin jahat tersebut. Dan ini perlu juga kita bacakan di rumah-rumah kita setiap menjelang malam, agar kita selalu terlindungi dari makhluk-makhluk jahat seperti jin ini,” ujarnya.

Penutup 

Itulah ulasan singkat mengenai Rumah Angker di Jalan Magelang Jogja yang saat ini kembali viral. Banyak netizen yang mencari informasi tentang rumah angker Magelang ini. Meski hingga sampai saat ini masih menjadi misteri dan tidak bisa dibuktikan kebenarannya, namun, bagi masyarakat sekitar, cerita-cerita tersebut menjadi bagian dari tradisi dan budaya yang turun temurun.

Bagi yang penasaran, mengunjungi rumah-rumah angker tersebut mungkin bisa menjadi pengalaman yang menarik, tapi harus tetap berhati-hati dan menghormati kepercayaan masyarakat setempat.

Beberapa orang mungkin percaya dan mengalami pengalaman yang menyeramkan, sementara yang lain mungkin tidak merasakan hal serupa. Namun, keangkeran rumah-rumah di Jogja Magelang tetap menjadi cerita menarik yang terus menarik minat publik.

Gambar Gravatar
Jogjabay.id merupakan official website resmi Jogja Bay Waterpark. Situs ini memberikan informasi & update terbaru seputar wisata di Yogyakarta dan daerah lain di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *