2 Cara Membuat Pedang di Keyboard dalam Beberapa Langkah Mudah!

by

Jogjabay.id

cara membuat pedang di keyboard

Jogjabay.id – Lagi nyari tutorial cara membuat pedang di keyboard HP atau komputer? Gampang. Untuk membuat gambar pedang melalui keyboard cukup mudah. Dan, ini semua dilakukan secara manual atau hanya memadukan beberapa simbol atau karakter di keyboard sehingga membentuk gambar pedang. Sehingga ketika kamu ingin mengirimkan gambar pedang melalui WA, kamu cukup membuatnya melalui keyboard hp atau komputer saja.

By the way, gimana cara membuat pedang di keyboard dengan mudah? Yuk ikuti ulasan berikut sampai habis ya. Saya akan tunjukkan caranya. Saya akan tunjukan cara membuat gambar pedang di keyboard melalui cara manual dan dengan keyboard tombol mekanis.

Cara Membuat Pedang di Keyboard Secara Manual

cara membuat pedang di keyboard
Cara Membuat Pedang di Keyboard Secara Manual

Terkadang, karena ada alasan tertentu, kita ingin mengirimkan gambar pedang melalui WhatsApp atau pesan kita kepada seseorang. Tapi, kita ingin mengirim gambar pedang yang dibuat secara manual, melalui keyboard, bukan mengirimkan gambar pedang yang kita copy dari internet.

Mengirimkan gambar asli yang diambil dari internet, terkadang kurang terasa keren bagi sebagian orang. Makanya, kita ingin membuat gambar pedang secara manual dari keyboard. Nah, bagaimana cara membuat pedang di keyboard ini secara manual?

Begini caranya.

1. Tentukan Bentuk Pedang

Jadi, yang pertama, tentukan terlebih dahulu bentuk pedang yang ingin kita buat. Sebuah pedang biasanya terdiri dari tiga bagian. Bagian gagang, bagian, bilah, dan bagian tengah pembatas antara bilah dengan gagangnya.

Nah, untuk membuat pedang seperti ini, kita membutuhkan tiga simbol yang sudah ada di keyboard. Yang pertama, simbol ” O ” yang akan kita gunakan untuk membuat gambar Gagang Pedang. Yang kedua, simbol ” — ” untuk membuat gambar Gagang Pedang (Pendek). Berikutnya, tanda ” | ” akan digunakan untuk membentuk ilustrasi bilah pedang.

Baca juga:  Inilah Perbedaan Syukuran dan Tasyakuran dalam Budaya kita

2. Gabungkan Simbol Menjadi Gambar Pedang

Setelah kita mengetahui 3 simbol tadi, maka sekarang saatnya kita gabungkan ketiga simbol tersebut menjadi bentuk gambar sebuah pedang. Caranya bagaimana? Simbol “O” tadi kita jadikan ujung gagang pedang atau pegangan pedang. Setelah itu, simbol atau tanda “–” akan kita jadikan untuk menggambar pegangan pedang. Kemudian, tanda “|” akan kita jadikan menjadi pemisah antara pegangan pedang dan bilah pedang. Terakhir, simbol atau karakter “–” kita digunakan untuk membuat bilah pedangnya.

Sehingga jika digabungkan, hasil akhirnya akan menjadi seperti ini O–|–––––––. Ya, meskipun tidak begitu mirip dengan pedang aslinya, tapi dengan gambar seperti itu orang pasti segera tahu bahwa itu adalah gambar pedang.

Nah, itu adalah cara membuat pedang di keyboard yang pertama. Benar-benar dibuat secara manual. Apakah masih ada cara lain yang lebih keren? Tentu saja ada. Yuk kita gali lebih dalam cara membuat pedang versi lainnya di keyboard!

Cara Membuat Pedang di Keyboard Menggunakan Tombol Mekanis

Selain cara manual seperti di atas, atau menggunakan gabungan simbol O, __, dan |, masih ada cara kedua untuk membuat gambar pedang di keyboard. Kali ini kita akan menggunakan yang namanya tombol mekanis. Begini cara membuat pedang di keyboard menggunakan tombol mekanis.

1. Pilih Keyboard Tombol Mekanis

Yang pertama, pastikan kamu menggunakan keyboard yang menggunakan tombol mekanis. Beberapa keyboard yang menggunakan tombol mekanis contohnya adalah Cherry atau Kailh Red. Apa kelebihan menggunakan keyboard Cherry atau Kailh Red?

Secara umum, spesifikasi saklar mekanis Kailh vs Cherry hampir serupa dalam hal jarak tempuh dan gaya aktuasi. Namun, Kailh Red membutuhkan tenaga 5gf lebih besar dan juga lebih kaku. Kemudian, tombol-tombol di keyboard seperti ini memberikan respons yang lebih baik dan memungkinkan kamu untuk menekan tombol dengan lebih cepat dan lebih tepat.

Baca juga:  Awal Mula Klitih Aksi Kejahatan yang Mencoreng Jogja

2. Gunakan Software Khusus

Untuk membuat gambar pedang melalui keyboard, kamu perlu menggunakan software khusus yang bisa menciptakan gambar pedang yang diinginkan. Ada banyak program yang dapat digunakan. Contohnya, AutoHotkey atau Karabiner. 

AutoHotkey merupakan sebuah bahasa skrip kustom yang bersifat Open Source dan dapat diunduh secara gratis untuk sistem operasi Microsoft Windows. Alat ini telah dikembangkan untuk memudahkan pembuatan pintasan keyboard dan otomatisasi tugas komputer dengan kesederhanaan. 

Melalui perangkat ini, pengguna dapat dengan mudah menciptakan skrip dan makro yang dapat mengulang string input keyboard dan gerakan mouse, termasuk pembuatan gambar pedang melalui penggunaan keyboard.

Karena AutoHotkey diimplementasikan dalam C++, setiap skrip dapat dengan mudah dikonversi menjadi file .EXE yang dapat dijalankan oleh siapa pun, bahkan jika mereka tidak memiliki AutoHotkey terinstal. 

Tapi pilihlah program atau software yang sesuai dengan kamu. Mana yang paling nyaman kamu gunakan. Dan tentunya, harus disesuaikan dengan kebutuhan kamu, kan?

3. Buat Skrip Gambar Pedang

Setelah memilih software yang akan digunakan, sekarang saatnya membuat skrip gambar pedang. Skrip ini nantinya akan mengkonfigurasi tombol-tombol yang terdapat pada keyboard untuk membuat gambar pedang. Dalam hal ini kamu bisa membuat skrip sendiri atau mencari skrip yang sudah jadi di internet. Saat ini ada banyak skrip jadi yang bertebaran di internet; salah satunya script untuk membuat gambar pedang.

4. Terapkan Skrip Tadi di Word atau Notepad

Setelah kamu membuat skripnya, kini saatnya kamu coba skrip tadi, apakah sudah bisa diterapkan atau belum. Caranya bagaimana? Coba salin skrip tadi ke dalam aplikasi Notepad atau Microsoft Words, lalu kirimkan melalui pesan WA. Apakah gambar pedangnya sudah jadi atau belum. Jika belum coba perbaiki lagi sampai gambar pedang benar-benar jadi sempurna.

Baca juga:  7 Cara Cek Nomor Indosat, Penyebab Jaringan Indosat Lemot, dan Cara Mengatasinya!

5. Revisi Skrip

Pada saat membuat script, kita bisa jadi melakukan berbagai kesalahan. Akibatnya, gambar pedang yang kita inginkan tidak terbentuk secara sempurna. Oleh karena itu, coba lakukan revisi atau perbaikan pada script tersebut, sampai gambar pedang benar-benar terbentuk sempurna. Selanjutnya, kamu juga bisa menambahkan beberapa fitur tambahan di skrip tadi; sesuaikan dengan kebutuhanmu. 

Intinya, script ini bisa kamu utak-atik sesuai dengan selera. Matangkan betul skrip sebelum digunakan. Jika sudah selesai, baru gunakan skrip. Selesai.

Penutup

Itulah 2 cara membuat pedang di keyboard dalam beberapa langkah mudah. Jadi, kamu bisa membuat gambar pedang hanya melalui keyboard. Caranya ada dua. Bisa dengan cara manual, yakni dari simbol-simbol yang dikombinasikan dari keyboard. Dan, yang kedua, kita bisa membuat gambar pedang dengan menggunakan skrip tertentu, yang bisa dibuat sendiri atau bisa kita dapatkan dari luaran sana yang cukup banyak bertebaran di internet.

Membuat gambar pedang dengan cara manual, atau menggabungkan simbol-simbol dasar, tentu lebih mudah dan cepat. Tapi kelemahannya, gambar yang kita buat terlihat kurang bagus. Karena gambar hanya dibentuk dari gabungan simbol-simbol sederhana saja. Jika ingin gambar pedang lebih bagus, maka kita sebaiknya memilih cara yang kedua, yakni menggunakan skrip khusus. Skrip ini bisa kita buat sendiri, atau kita ambil saja skrip yang sudah jadi yang bisa kita ambil di internet secara gratis.

Tapi, yang namanya skrip, tentu ada usaha ekstra untuk membuatnya. Cara ini sedikit memakan waktu ketimbang menggunakan cara manual. Sekarang, tergantung dengan selera kamu lagi. Mau bikin cara manual, atau menggunakan skrip. Selamat mencoba, semoga bermanfaat!

jogjabay

Jogjabay.id

Jogjabay.id merupakan official website resmi Jogja Bay Waterpark. Situs ini memberikan informasi & update terbaru seputar wisata di Yogyakarta dan daerah lain di Indonesia.

Artikel Terkait