Tips Berpergian dan Harga Tiket Kereta Api Malang Jogja 2024

by

Jogjabay.id

Harga tiket kereta api Malang Jogja

Jogjabay.idHarga tiket kereta api Malang Jogja bisa menjadi pertimbangan bagi para pelancong yang ingin menempuh perjalanan menggunakan kereta api. Dalam artikel ini, kita akan membahas mengenai harga tiket kereta api Malang Jogja, alamat loket, fasilitas, serta jam keberangkatan yang bisa menjadi referensi bagi para pelancong.

Harga Tiket Kereta Api Malang Jogja

Harga tiket kereta api Malang Jogja bervariasi tergantung pada kelas kereta yang dipilih. Untuk kelas eksekutif, harga tiket kereta api Malang Jogja berkisar antara Rp. 200.000 – Rp. 250.000, sedangkan untuk kelas bisnis harga tiketnya berkisar antara Rp. 140.000 – Rp. 170.000. Adapun untuk kelas ekonomi, harga tiket kereta api Malang Jogja berkisar antara Rp. 70.000 – Rp. 100.000.

Alamat Loket Pembelian Tiket Kereta Api

Harga tiket kereta api Malang Jogja
Harga tiket kereta api Malang Jogja

Untuk membeli tiket kereta api Malang Jogja, Anda bisa datang langsung ke loket penjualan tiket yang terletak di Stasiun Malang. Loket ini buka setiap hari pada jam operasional stasiun kereta api, yakni mulai dari pukul 06.00 pagi hingga 22.00 malam. Selain itu, Anda juga bisa membeli tiket kereta api Malang Jogja secara online melalui situs resmi PT Kereta Api Indonesia (KAI) atau aplikasi KAI Access.

Fasilitas Kereta Api Malang Jogja

Kereta api Malang Jogja dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang membuat perjalanan Anda lebih nyaman. Beberapa fasilitas yang tersedia di kereta api Malang Jogja antara lain:

  1. Kursi yang nyaman: Kursi di kereta api Malang Jogja didesain dengan nyaman dan empuk sehingga Anda dapat menikmati perjalanan dengan lebih relaks.
  2. AC: Kereta api Malang Jogja dilengkapi dengan AC yang membuat udara di dalam kereta selalu segar dan sejuk.
  3. Toilet: Setiap gerbong di kereta api Malang Jogja dilengkapi dengan toilet yang bersih dan terawat.
  4. Wifi: Kini, hampir semua kereta api di Indonesia telah dilengkapi dengan wifi gratis. Begitu juga dengan kereta api Malang Jogja.
  5. Tempat penyimpanan bagasi: Setiap gerbong di kereta api Malang Jogja dilengkapi dengan tempat penyimpanan bagasi di atas tempat duduk.
Baca juga:  Comprandoseguidores, Solusi Cepat Tambah Followers Instagram 

Jam Keberangkatan Kereta Api Malang Jogja

Kereta api Malang Jogja beroperasi setiap hari dengan jadwal keberangkatan yang berbeda-beda untuk setiap kelas kereta. Berikut adalah jadwal keberangkatan kereta api Malang Jogja untuk kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi:

  1. Kelas Eksekutif
  • KA Matarmaja: Berangkat dari Stasiun Malang pukul 06.10 WIB dan tiba di Stasiun Lempuyangan pukul 12.17 WIB
  • KA Malioboro Ekspres
  1. Kelas Bisnis
  • KA Matarmaja: Berangkat dari Stasiun Malang pukul 06.10 WIB dan tiba di Stasiun Lempuyangan pukul 12.17 WIB
  • KA Gajayana: Berangkat dari Stasiun Malang pukul 11.45 WIB dan tiba di Stasiun Lempuyangan pukul 18.35 WIB
  1. Kelas Ekonomi
  • KA Matarmaja: Berangkat dari Stasiun Malang pukul 06.10 WIB dan tiba di Stasiun Lempuyangan pukul 12.17 WIB
  • KA Gajayana: Berangkat dari Stasiun Malang pukul 11.45 WIB dan tiba di Stasiun Lempuyangan pukul 18.35 WIB
  • A Jayabaya: Berangkat dari Stasiun Malang pukul 18.45 WIB dan tiba di Stasiun Lempuyangan pukul 01.25 WIB

Namun, jadwal keberangkatan kereta api Malang Jogja dapat berubah sewaktu-waktu. Oleh karena itu, sebaiknya Anda memeriksa jadwal terbaru pada situs resmi PT KAI atau aplikasi KAI Access sebelum membeli tiket.

Tips Bepergian yang Aman Menggunakan Kereta Api

Bepergian dengan kereta api adalah salah satu cara yang paling nyaman dan efisien untuk melakukan perjalanan. Namun, seperti halnya dengan setiap jenis perjalanan, ada risiko keamanan yang harus diwaspadai. Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda bepergian dengan kereta api secara aman:

Memilih Kelas Kereta yang Aman

Kelas kereta yang lebih tinggi biasanya lebih aman daripada kelas yang lebih rendah. Kelas Bisnis dan Eksekutif cenderung lebih aman daripada kelas Ekonomi karena penumpang yang menggunakan kelas ini umumnya lebih terbatas. Anda juga dapat memilih tempat duduk yang dekat dengan petugas keamanan atau di dekat pintu keluar.

Baca juga:  Pantai Glagah Yogyakarta: Rute & Harga Tiket Terbaru

Menjaga Barang Berharga di Tempat yang Aman

Pastikan barang berharga Anda selalu dalam pandangan atau dalam genggaman Anda. Jangan biarkan barang berharga Anda tergeletak di atas meja atau di kursi ketika Anda berjalan-jalan di sekitar kereta. Jangan pula menyimpan barang berharga seperti uang, paspor, atau tiket kereta api dalam tas di atas kepala Anda atau di bawah kursi Anda.

Jangan Membuka Pintu Kabin

Jangan membuka pintu kabin kecuali dalam keadaan darurat. Meskipun mungkin terlihat aman untuk membuka pintu kabin saat kereta berjalan, ini dapat membuka celah bagi penjahat untuk mencuri atau melakukan tindakan kriminal lainnya.

Menjaga Kebersihan Diri

Pastikan Anda selalu menjaga kebersihan diri Anda dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan atau menggunakan toilet. Selain itu, hindari makanan atau minuman dari sumber yang tidak jelas dan bawa masker jika perlu.

Hindari Membawa Terlalu Banyak Barang

Jangan membawa terlalu banyak barang karena ini dapat memperumit perjalanan Anda dan mengurangi keamanan Anda. Jika Anda harus membawa banyak barang, pastikan Anda selalu memegang tas Anda di samping Anda dan jangan membiarkannya tanpa pengawasan.

Gunakan Bagasi yang Aman

Pastikan bagasi Anda dijaga dengan aman di tempat yang disediakan dan jangan biarkan siapa pun yang tidak dikenal mengakses bagasi Anda. Selain itu, pastikan Anda menggunakan gembok yang kuat untuk melindungi barang-barang berharga Anda yang disimpan di dalam bagasi.

Hindari Pakaian yang Terlalu Mencolok

Hindari memakai pakaian yang terlalu mencolok dan memperlihatkan barang-barang mahal Anda. Anda dapat menjadi sasaran pencurian jika Anda terlihat kaya atau memperlihatkan barang berharga.

Jangan Meninggalkan Kursi Tanpa Pengawasan

Jangan meninggalkan kursi Anda tanpa pengawasan, terutama jika Anda harus menggunakan toilet atau pergi ke kantin kereta. Pastikan Anda selalu membawa barang berharga Anda bersama Anda ketika meninggalkan kursi Anda.

Baca juga:  Pengaruh Warna Terhadap Angka Menurut Psikologi, Neurosains!

Mengikuti Prosedur Keamanan

Prosedur keamanan kereta api penting untuk diperhatikan agar perjalanan dengan kereta api bisa berlangsung aman dan nyaman. Beberapa prosedur keamanan yang harus diikuti antara lain adalah pemeriksaan tiket dan identitas penumpang, pemeriksaan barang bawaan, dan pemeriksaan keamanan sebelum masuk ke dalam gerbong.

Selain itu, penumpang juga diharuskan untuk memperhatikan pengumuman dan aturan yang berlaku, seperti larangan membawa barang-barang yang berbahaya atau mengganggu kenyamanan penumpang lain.

Prosedur keamanan kereta api bertujuan untuk melindungi penumpang dan menjaga keamanan selama perjalanan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengikuti semua prosedur yang ada demi keamanan dan kenyamanan bersama.

Akhirnya

Bepergian dengan kereta api dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan dan nyaman jika kamu mengikuti tips dan cara yang aman. Selalu perhatikan keselamatanmu dan jangan ragu untuk meminta bantuan jika merasa tidak nyaman atau tidak aman. Semoga tips di atas dapat membantumu dalam mempersiapkan perjalanan dengan kereta api. Selamat bepergian!

jogjabay

Jogjabay.id

Jogjabay.id merupakan official website resmi Jogja Bay Waterpark. Situs ini memberikan informasi & update terbaru seputar wisata di Yogyakarta dan daerah lain di Indonesia.

Artikel Terkait