Arti Paket Menunggu Penjadwalan di Ekspedisi dan 4 Hal yang Harus Dilakukan?

by

Jogjabay.id

Paket Menunggu Penjadwalan

Jogjabay.id – Ketika Anda melakukan pembelian online atau mengirim barang melalui jasa pengiriman (ekspedisi), seringkali Anda akan menemui status “Paket Menunggu Penjadwalan.” Apa arti dari status ini dan kenapa paket Anda belum tiba? Tidak perlu panik. Ini memang kerap terjadi dan hampir sebagian besar pembelanja online sering menemui permasalahan seperti ini. Lalu apa maksud status tersebut, dan apa penyebabnya?

Artikel ini akan menjelaskan status “Paket Menunggu Penjadwalan” secara lengkap, termasuk berbagai kemungkinan yang mungkin terjadi, dan yang bisa Anda lakukan ketika menemui permasalahan seperti itu.

Beberapa Istilah Status Pengiriman di Ekspedisi

Berikut beberapa istilah status pengiriman di layanan ekspedisi. Sebelum kita membahas arti dari status “Paket Menunggu Penjadwalan,” mari kita kenali beberapa istilah terkait dalam industri pengiriman barang. Sebagai contoh, kita akan ambil nama-nama pada pengiriman Shopee dan JNE.

Istilah Status Pengiriman di Shopee Xpress

  • DC: Gudang Pusat Sortir Shopee Xpress atau Gudang sentral di Shopee Xpress untuk proses penyortiran paket.
  • First Mile Hub: Gudang Shopee Xpress yang Menerima Penyerahan Paket dari Penjual. Tempat di mana paket diterima pertama kali dari penjual.
  • Order has been created: Paket Anda sudah tercatat dalam database Shopee Xpress dan mendapatkan kode resi.
  • Parcel is being returned to seller: Paket sedang dalam proses pengembalian ke penjual (retur).
  • Parcel is being returned to the sorting center: Paket sedang diproses untuk dikembalikan ke gudang sortir Shopee Xpress.
  • Parcel has been picked up: Kurir telah mengambil paket dari penjual dan mengirimkannya ke gudang.
  • Your parcel has been returned: Paket telah dikembalikan ke penjual melalui kurir.
  • Received: Paket telah tiba di tangan penerima.
  • Parcel is being transported to [Kota Tujuan]: Paket dalam perjalanan menuju kota tujuan yang tertera.
  • Parcel is being delivered by courier: Paket dalam proses pengiriman ke alamat tujuan oleh kurir Shopee Xpress.
  • Parcel has arrived at transit station: Paket telah tiba di hub transit Shopee Xpress.
  • Parcel has been received by pickup hub: Paket sudah diterima oleh gudang pengambilan kurir.
  • Parcel has been received by sorting center: Paket sudah diterima oleh gudang sortir Shopee Xpress dan siap dikirim ke kota tujuan.
  • Parcel is on-hold: Paket ditahan sementara di gudang Shopee Xpress.
  • Reason: [Inaccessible Location]: Paket tidak dapat disampaikan karena alamat tujuan tidak dapat dijangkau oleh kurir Shopee Xpress.
  • Server error: Terdapat masalah dengan server Shopee Xpress atau nomor resi yang dimasukkan salah.
Baca juga:  Feeling Lonely Artinya Apa Ya? Ini Penjelasannya!

Istilah Status Pengiriman Paket JNE

  • Shipment Picked Up By JNE Courier [Nama kota]: Paket telah diambil oleh kurir JNE di kota tersebut.
  • Shipment Received By JNE Counter Officer at [Nama kota]: Paket telah diterima oleh petugas JNE pusat di kota yang tertera dalam status tersebut.
  • Received at Sorting Center [Nama kota]: Paket sedang dalam proses penyortiran di tempat sortir barang.
  • Processed at Sorting Center [Nama kota]: Paket telah melewati proses penyortiran dan sedang dalam perjalanan ke tujuan berikutnya.
  • Departed From Transit [Nama kota]: Paket telah transit di sebuah kota sesuai dengan nama kota yang tertera dalam status tersebut.
  • Received at Warehouse [Nama kota]: Paket telah sampai di gudang JNE yang paling dekat dengan kota tujuan.
  • Shipment Forwarded to Destination [Nama kota]: Paket sedang dalam perjalanan ke kantor JNE terdekat dengan kota tujuan.
  • With Delivery Courier [Nama kota]: Paket sedang dalam perjalanan untuk diantarkan oleh kurir JNE ke alamat tujuan.
  • Manifest: Paket telah terdaftar dalam daftar pengiriman JNE.
  • On-Process: Paket sedang dalam proses pengiriman.
  • On-Transit: Paket sedang dalam perjalanan, umumnya terjadi jika paket dikirim antar pulau.
  • POD Detail (Process on Delivery): Paket dalam proses pengiriman yang akan diantar oleh kurir.
  • Received on Destination: Paket telah sampai di kota tujuan.
  • Delivered: Paket telah diserahkan, dan pihak JNE biasanya mencantumkan nama penerima paket.

Itulah beberapa istilah umum yang sering kita temukan pada pengiriman Shopee dan JNE. Tapi kita tidak melihat istilah menunggu penjadwalan pada istilah di atas.

Paket Menunggu Penjadwalan Artinya Apa?

Paket Menunggu Penjadwalan
Paket Menunggu Penjadwalan

Paket Menunggu Penjadwalan berarti bahwa paket tersebut sudah diterima oleh perusahaan jasa pengiriman (pihak ekspedisi), namun belum memiliki jadwal pengiriman yang pasti. Jadi, itu adalah arti dari status tersebut. Intinya, paket yang kita pesan sudah berada di tangan ekspedisi, tapi belum memiliki jadwal pengiriman ke kita karena beberapa alasan atau penyebab.

Baca juga:  Cara Nonton Drama Korea di Situs Ilegal Nodrakor dalam 4 Langkah Mudah!

Apa yang Menyebabkan Paket Menunggu Penjadwalan?

Status paket “Menunggu Penjadwalan” bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk jadwal transportasi, pengambilan oleh kurir, atau permintaan pengaturan ulang dari penerima. Untuk lebih jelasnya, mari kita urai satu persatu.

1. Penjadwalan Transportasi

Salah satu penyebab yang sering terjadi adalah paket menunggu jadwal keberangkatan pesawat atau kapal. Situasi ini umumnya terjadi ketika Anda melakukan pengiriman antar pulau atau lintas negara yang memerlukan moda transportasi udara atau laut. Perusahaan pengiriman harus mengoordinasikan dengan jadwal keberangkatan yang tersedia, yang kadang-kadang bisa menyebabkan keterlambatan.

2. Penjadwalan Pengambilan oleh Kurir

Kondisi lain yang bisa menyebabkan paket menunggu penjadwalan adalah ketika paket tersebut menunggu jadwal pengambilan oleh kurir. Ini terjadi jika alamat tujuan sulit diakses oleh kurir secara langsung. Misalnya, jika alamat berada di daerah terpencil atau hanya bisa dijangkau dengan jenis kendaraan tertentu. Perusahaan pengiriman perlu mengkoordinasikan pengambilan dengan berbagai faktor ini, yang mungkin memerlukan waktu lebih lama.

3. Penjadwalan Pengantaran ke Penerima

Seringkali, paket menunggu penjadwalan karena penerima meminta untuk mengatur ulang jadwal pengiriman. Alasan ini bervariasi, seperti tidak ada orang di rumah untuk menerima paket pada waktu tertentu atau penerima ingin mengatur ulang pengiriman pada hari yang lebih sesuai bagi mereka.

Jadi, status paket “Menunggu Penjadwalan” bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk jadwal transportasi, pengambilan oleh kurir, atau permintaan pengaturan ulang dari penerima.

Paket Menunggu Penjadwalan, Apa yang Harus Dilakukan?

Apabila status paket Anda menunjukkan status “paket menunggu penjadwalan,” tak perlu khawatir. Sebagai alternatif, Anda dapat melakukan tindakan berikut:

  1. Pilih Layanan Pengiriman yang Tepat – Pastikan Anda memilih layanan pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda menginginkan pengiriman yang lebih cepat, seleksi layanan dengan estimasi waktu pengiriman singkat.
  1. Verifikasi Alamat Pengiriman – Pastikan bahwa alamat pengiriman Anda benar dan lengkap. Kesalahan dalam alamat dapat menyebabkan penundaan dalam pengiriman.
  1. Hubungi Penyedia Jasa Pengiriman – Jika Anda perlu merubah jadwal pengiriman atau memiliki pertanyaan mengenai status paket Anda, jangan ragu untuk menghubungi penyedia jasa pengiriman. Mereka akan memberikan informasi tambahan dan membantu Anda.
  1. Tetap Sabar – Lamanya waktu menunggu tergantung pada jadwal armada transportasi yang bekerja sama dengan penyedia jasa pengiriman. Faktor lain seperti volume barang yang harus diurus, masalah operasional, dan kondisi cuaca juga dapat mempengaruhi waktu pengiriman. Oleh karena itu, disarankan untuk tetap bersabar dan mengikuti estimasi waktu pengiriman yang diberikan.
Baca juga:  Lucius Best di The Incredible Memiliki Nama Super Hero

Kesimpulan

Status paket menunggu penjadwalan di mengindikasikan bahwa paket pesanan Anda telah dibuat dan siap untuk dikirim oleh penjual, tetapi belum memiliki jadwal pengiriman yang konkret. Biasanya, dalam status ini, penjual sedang melakukan persiapan untuk pengiriman dan menunggu waktu yang sesuai untuk mengirim barang. 

Penjadwalan pengiriman biasanya akan diberikan setelah paket siap dikirimkan kepada jasa pengiriman atau kurir yang bekerja sama dengan marketplace atau situs jual beli tempat kita memesan produk. Jika menemui pengalaman seperti ini, Anda dapat menghubungi penjual atau menunggu pemberitahuan lebih lanjut terkait jadwal pengiriman barang pesanan. Dan tetap bersabar menanti barang dikirim ke alamat Anda.

jogjabay

Jogjabay.id

Jogjabay.id merupakan official website resmi Jogja Bay Waterpark. Situs ini memberikan informasi & update terbaru seputar wisata di Yogyakarta dan daerah lain di Indonesia.

Artikel Terkait