7 Tempat Wisata Hutan Pinus Mangunan Paling Hits

by

Jogjabay.id

Jogjabay.id – Jogja, surganya destinasi wisata, tidak hanya memiliki kekayaan budaya yang mengagumkan, tetapi juga alam yang memesona. Salah satu permata tersembunyi yang dapat Anda temukan adalah Hutan Pinus Mangunan di Dlingo. Terletak di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, tempat ini menawarkan perpaduan indah antara pepohonan pinus yang rimbun dan panorama alam yang menakjubkan.

Artikel ini akan membawa Anda menjelajahi pesona Hutan Pinus Mangunan Dlingo Jogja, dengan fokus pada jarak dari pusat kota Jogja, harga tiket masuk terbaru tahun 2023, fasilitas yang disediakan, dan asal-usul yang menarik.

Hutan Pinus Mangunan Bantul Yogyakarta

Hutan Pinus Mangunan Jogja
Hutan Pinus Mangunan

Asal-usul Hutan Pinus Dlingo

Asal-usul Hutan Pinus Dlingo mengandung cerita sejarah yang menarik. Konon, pada awalnya, hutan ini hanya dihuni oleh tanaman pangan penduduk setempat, seperti pohon aren dan pohon jati. Namun, seiring berjalannya waktu, terjadi perubahan di mana masyarakat mulai menanam pohon pinus di kawasan ini untuk menjaga kelestarian alam dan menghijaukan daerah Dlingo yang berada di ketinggian.

Dari tindakan bijaksana ini, Hutan Pinus Mangunan mulai mengembangkan daya tariknya sebagai tempat wisata alam yang menenangkan dan mempesona. Kombinasi antara suasana hutan pinus yang segar, hamparan hijau yang luas, dan panorama alam yang memukau menjadikan tempat ini menjadi tujuan wisata yang semakin populer.

Dengan keindahan alam yang memikat, harga tiket masuk yang terjangkau, fasilitas yang nyaman, dan asal-usul yang berharga, Hutan Pinus Mangunan Dlingo Jogja adalah destinasi yang wajib untuk dikunjungi oleh para pencinta alam dan wisatawan yang mencari ketenangan serta keindahan alam yang memukau.

Baca juga:  15 Platform Download Video Tik Tok Paling Populer Saat Ini

Jarak dari Pusat Kota Jogja

Hutan Pinus Dlingo memiliki jarak sekitar 25-30 kilometer dari pusat kota Yogyakarta. Perjalanan dari pusat kota dapat memakan waktu sekitar 1,5 hingga 2 jam, tergantung pada kondisi lalu lintas dan rute yang Anda pilih. Meskipun perjalanan mungkin memerlukan waktu, setibanya Anda di lokasi, pesona alam yang menakjubkan dan ketenangan yang ditawarkan oleh hutan pinus akan segera menghapus lelah Anda.

Harga Tiket Masuk Terbaru 2023

Untuk dapat menikmati keindahan Hutan Pinus Dlingo, pengunjung perlu membayar tiket masuk. Harga tiket masuk terbaru tahun 2023 bervariasi tergantung pada hari dan jenis pengunjung. Umumnya, harga tiket masuk berkisar antara Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per orang. Harga tiket tersebut memberikan akses kepada Anda untuk mengeksplorasi berbagai destinasi menarik di dalam hutan pinus yang memikat ini.

Fasilitas yang Disediakan

Hutan Pinus Dlingo Jogja telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang akan membuat kunjungan Anda semakin nyaman. Beberapa fasilitas yang tersedia di antaranya adalah:

  • Tempat Parkir: Terdapat area parkir yang cukup luas untuk kendaraan pengunjung. Anda dapat memarkir kendaraan dengan nyaman dan aman.
  • Mushola: Fasilitas mushola disediakan bagi pengunjung yang ingin beribadah.
  • Warung Makan: Terdapat beberapa warung makan di sekitar area hutan pinus yang menyajikan berbagai hidangan lezat dan minuman segar.
  • Toilet Umum: Toilet umum juga tersedia di beberapa titik di dalam area, sehingga Anda dapat bersantai dengan nyaman.
  • Spot Foto: Berbagai sudut indah di Hutan Pinus Dlingo menjadi spot foto yang sempurna untuk mengabadikan momen berharga Anda.

7 Tempat Wisata Menarik di Sekitar Objek Wisata Hutan Pinus Dlingo

Hutan Pinus Dlingo, dengan keindahan alam yang memukau dan aroma segar pepohonan pinus, telah menjadi destinasi unggulan di Yogyakarta. Namun, daya tarik wisata di sekitar area ini tak hanya berhenti di hutan pinus itu sendiri. Di sekitar Hutan Pinus Dlingo, Anda akan menemukan sejumlah tempat wisata menarik yang tak kalah indahnya. Mari jelajahi 7 destinasi menarik di sekitar objek wisata Hutan Pinus Dlingo yang patut Anda kunjungi.

Baca juga:  Daftar Aplikasi Youtube Tanpa Iklan dan Bisa Keluar Dari Iklan Terpopuler

1. Curug Siluwok

Curug Siluwok
Curug Siluwok

Curug Siluwok, atau air terjun Siluwok, adalah surga alami yang tersembunyi di dalam hutan. Suara gemuruh air yang jatuh dari ketinggian dan keindahan aliran sungai yang mengalir menambahkan keajaiban alam di sekitar Hutan Pinus Dlingo. Mengunjungi Curug Siluwok adalah pengalaman yang menenangkan dan menyegarkan.

2. Embung Tambakboyo

Embung Tambakboyo
Embung Tambakboyo

Embung Tambakboyo adalah tempat yang sempurna untuk menikmati panorama alam yang indah. Embung ini tidak hanya memenuhi kebutuhan irigasi, tetapi juga menciptakan pemandangan yang menawan. Saat matahari terbenam, embung ini menciptakan pantulan yang memukau di permukaan airnya.

3. Bukit Becici

Bukit Becici
Bukit Becici

Bukit Becici adalah tempat peristirahatan yang menakjubkan di sekitar Hutan Pinus Mangunan, Jogja. Dengan hutan pinus yang luas sebagai latar belakang, tempat ini cocok untuk bersantai sambil menikmati keindahan alam. Suasana sejuk dan damai membuatnya ideal untuk piknik sederhana bersama keluarga atau teman-teman.

Bukit Becici memberikan pengalaman santai yang tak terlupakan, di mana Anda dapat menikmati momen istirahat sambil merasakan kedamaian dan keindahan alam di sekitar.

4. Mangunan Pine Forest Stage

Mangunan Pine Forest Stage
Mangunan Pine Forest Stage

Mangunan Pine Forest Stage adalah area terbuka yang sempurna untuk menggelar acara atau pertunjukan. Dengan latar belakang hutan pinus yang indah, tempat ini menambah nuansa alami pada setiap kegiatan yang diadakan di sini.

5. Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung
Bukit Panguk Kediwung

Bukit Panguk Kediwung menawarkan panorama alam yang menakjubkan dari ketinggian. Dari sini, Anda dapat menikmati keindahan perbukitan, hutan pinus, dan langit yang biru. Bukit ini menjadi spot populer untuk menikmati sunrise atau sunset yang memukau.

6. Bukit Jurang Tembelan

Bukit Jurang Tembelan
Bukit Jurang Tembelan

Bukit Jurang Tembelan adalah surganya para pecinta fotografi di sekitar Hutan Pinus Dlingo, Jogja. Dengan pemandangan luar biasa dari atas bukit, hutan pinus yang menghijau, dan langit yang biru, tempat ini menciptakan komposisi gambar yang memesona. Kesempatan untuk menangkap momen sunrise atau sunset membuat pengalaman di Bukit Jurang Tembelan semakin istimewa.

Baca juga:  12 Platform Download Video IG Terpopuler, Mudah dan Cepat

Destinasi ini mengundang para pengunjung untuk merasakan keindahan alam dan menciptakan kenangan visual yang tak terlupakan.

7. Taman Wisata Candi Tebing Sambisari

Taman Wisata Candi Tebing Sambisari
Taman Wisata Candi Tebing Sambisari

Taman Wisata Candi Tebing Sambisari adalah destinasi unik di sekitar Hutan Pinus Mangunan, Jogja. Menawarkan replika mini candi di tengah hutan pinus yang mempesona, tempat ini cocok untuk berfoto dan menikmati suasana tenang alam.

Dengan destinasi menarik di sekitar Hutan Pinus Dlingo, Anda dapat merencanakan perjalanan yang beragam dan menarik. Dari keindahan alam alami hingga tempat-tempat unik yang memberikan pengalaman baru, kawasan ini mengajak Anda untuk menjelajahi kekayaan alam Indonesia yang mempesona.

Jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan keindahan alam dan pesona tempat-tempat menarik di sekitar Hutan Pinus Dlingo saat Anda berada di Yogyakarta. Anda juga bisa berkunjung ke Jogja Bay Waterpark, wahana air terbesar di Asia Tenggara yang lokasinya tidak jauh dari Hutan Pinus Mangunan.

Akhir Kata

Hutan Pinus Mangunan Dlingo Jogja dan sekitarnya adalah destinasi yang wajib dikunjungi bagi para pencinta alam dan wisatawan yang mencari kedamaian serta keindahan alam. Menikmati pesona alam yang memukau, harga tiket masuk yang terjangkau, fasilitas yang nyaman, dan berbagai tempat wisata menarik di sekitarnya, menjadikan kunjungan Anda di kawasan ini sebagai pengalaman yang tak terlupakan. 

Jangan ragu untuk menjelajahi kekayaan alam dan keindahan tempat-tempat menarik di sekitar Hutan Pinus Mangunan Dlingo saat Anda berada di Yogyakarta.

jogjabay

Jogjabay.id

Jogjabay.id merupakan official website resmi Jogja Bay Waterpark. Situs ini memberikan informasi & update terbaru seputar wisata di Yogyakarta dan daerah lain di Indonesia.

Artikel Terkait