6 Cara Menghemat Baterai HP Realme C2

by

Jogjabay.id

cara menghemat baterai HP Realme C2

Jogjabay.id – Bagaimana cara menghemat baterai HP Realme C2? Jika kamu pengguna hp Realme C2, mengetahui cara menghemat baterai, tentu adalah hal yang sangat penting. Paling tidak ada dua momen yang membuat kita membutuhkan baterai yang hemat ketika melakukan sesuatu. Yang pertama, ketika kita sedang bekerja menggunakan hp. Dan yang kedua, ketika kita sedang berada dalam perjalanan yang menyulitkan kita untuk mengecas hp.

Berkaitan dengan ini, di artikel kali ini saya akan membahas mengenai cara menghemat baterai HP Realme C2 dan beberapa ulasan umum mengenai HP Realme C2 ini. Yuk, simak ulasan berikut selengkapnya! 

Ulasan Singkat Seputar HP Realme C2

cara menghemat baterai HP Realme C2
cara menghemat baterai HP Realme C2

Sebelum kita membahas cara menghemat baterai HP Realme C2, kita akan berkenalan dulu hape tipe ini. Kita akan melihat apa saja keunggulan dan kekurangan hp Realme tipe ini. 

Realme C2 merupakan salah satu ponsel terbaru dari Realme yang diperkenalkan pada tahun 2019. Dengan harga yang terjangkau, yakni sekitar satu jutaan rupiah, ponsel ini berada dalam segmen menengah ke bawah. Meskipun harganya terjangkau, Realme C2 tetap menawarkan sejumlah fitur menarik. Salah satunya adalah baterai berkapasitas besar, mencapai 4000 mAh. Ponsel ini hadir dalam dua varian memori, dan memiliki sejumlah keunggulan yang menarik.

Keunggulan Realme C2

Berikut adalah beberapa keunggulan yang dimiliki Realme C2:

1. Desain yang Modern

Realme C2 memiliki desain yang terlihat modern dan segar. Meskipun bahan bodinya terbuat dari plastik, desainnya tetap menarik. Panel belakang ponsel ini memiliki pola yang mirip dengan permata berlian. Desainnya juga menggunakan berbagai tingkatan warna yang berbeda, menciptakan tampilan menarik. Realme C2 tersedia dalam dua warna, yaitu Hitam Berlian dan Biru Berlian. Desainnya yang tidak monoton membuatnya cocok untuk generasi muda.

2. Layar Besar dan Terlindungi

Layar Realme C2 memiliki ukuran yang besar, yakni 6,1 inci, dengan notch yang tidak terlalu mencolok. Resolusi layarnya mencapai 1520 × 720 piksel dengan rasio aspek 19,5:9. Ini menghasilkan kerapatan piksel yang baik, yaitu sekitar 282 ppi, yang cukup halus untuk ponsel kelas menengah ke bawah. Layar ini juga dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 3, memberikan perlindungan terhadap goresan dan kerusakan. 

Baca juga:  Adakah Dermawan yang Mau Membantu Melunasi Hutang

Ini adalah nilai tambah yang signifikan mengingat harganya yang terjangkau. Secara keseluruhan, layar Realme C2 menampilkan warna yang cerah dan tajam.

3. Kamera Ganda

Ponsel dengan kamera ganda atau lebih semakin diminati oleh penggemar teknologi. Realme C2 juga memiliki kamera belakang ganda dengan sensor 13 MP (utama, f/2.2) dan 2 MP (sekunder, f/2.4). Kedua kamera ini dilengkapi dengan fitur HDR dan panorama. Hasil foto yang dihasilkan oleh Realme C2 cukup memuaskan untuk ponsel di kelasnya. 

Kamera Realme C2 juga menggunakan teknologi AI dengan Chroma Boost untuk menghasilkan foto dengan keseimbangan warna yang baik. Efek bokeh juga tersedia untuk memungkinkan pengambilan foto yang lebih artistik. Selain itu, ponsel ini mampu merekam video dengan kualitas 1080p@30fps.

4. Kinerja yang Memadai

Realme C2 dibekali dengan prosesor MediaTek Helio P22 Octa-core dengan kecepatan clock 2.0 GHz. Ponsel ini memiliki dua varian memori, yaitu 2 GB RAM dengan 16 GB ROM atau 3 GB RAM dengan 32 GB ROM. Dalam penggunaan sehari-hari seperti bermain media sosial, menjelajah web, dan memainkan game ringan, Realme C2 tampil dengan baik. 

Meskipun tidak ditujukan untuk tugas-tugas berat, ponsel ini mampu memberikan pengalaman yang memuaskan. Realme C2 dapat dianggap sebagai ponsel yang menghibur.

5. Baterai Besar dan Tahan Lama

Untuk memastikan penggunaan yang lebih lama, Realme C2 dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar, yaitu 4000 mAh. Dengan satu kali pengisian penuh, ponsel ini dapat bertahan sepanjang hari atau lebih. Ini memungkinkan pengguna untuk tidak terlalu sering mencari sumber daya saat berada di luar ruangan.

6. Face Unlock

Salah satu fitur menarik lain yang dimiliki Realme C2 adalah Face Unlock, yang memungkinkan pengguna untuk mengakses ponsel secara cepat dan responsif saat dalam keadaan terkunci.

7. Harga Terjangkau dengan Sistem Operasi Terbaru

Realme C2 adalah ponsel yang terjangkau, tetapi menawarkan berbagai fitur menarik, termasuk proteksi layar Corning Gorilla Glass 3, baterai 4000 mAh, dan Face Unlock. Harganya sekitar satu jutaan rupiah, tergantung pada varian memori yang dipilih, yaitu 2/16 GB atau 3/32 GB. Dengan harga ini, Realme C2 termasuk salah satu yang terbaik di kelasnya. 

Ponsel ini juga menjalankan ColorOS 6 Lite berbasis Android 9.0 Pie, yang membuatnya lebih unggul dibandingkan dengan ponsel yang masih menjalankan sistem operasi Android versi lama.

Kekurangan Realme C2

Meskipun memiliki banyak keunggulan, Realme C2 juga memiliki beberapa kekurangan:

  1. Tidak Ada Sensor Sidik Jari – Realme C2 tidak dilengkapi dengan sensor sidik jari, yang merupakan cara umum untuk mengamankan dan mengakses ponsel. Namun, ponsel ini memiliki fitur Face Unlock sebagai penggantinya, meskipun tidak secepat atau seaman sensor sidik jari.
  1. Menggunakan Port microUSB 2.0 – Realme C2 masih menggunakan port microUSB 2.0, sementara banyak ponsel terbaru telah beralih ke teknologi yang lebih mutakhir.
  1. Resolusi Layar yang Tidak Tinggi – Resolusi layar Realme C2 hanya 720 × 1520 piksel, yang tergolong rendah untuk standar saat ini. Hal ini mengakibatkan ponsel tidak dapat menampilkan video dalam resolusi Full HD. Namun, untuk penggunaan dasar, resolusi ini sudah cukup memadai.
Baca juga:  Inilah Perbedaan Syukuran dan Tasyakuran dalam Budaya kita

Demikian keunggulan dan kekurangan hp Realme C2. Sekarang kita akan membahas bagaimana cara menghemat baterai HP Realme C2.

Cara Menghemat Baterai HP Realme C2

Meningkatkan daya tahan baterai di HP Realme C2 adalah salah satu usaha yang bisa dilakukan untuk memastikan bahwa perangkat tersebut dapat digunakan lebih lama. Hal ini karena seringkali pengguna melakukan pemakaian yang tidak efisien, seperti mengisi daya sambil menggunakan ponsel. Berikut ini adalah cara menghemat baterai HP realme C2:

1. Menonaktifkan Getaran di HP Realme C2

Salah satu cara untuk memperpanjang daya tahan baterai di HP Realme C2 adalah dengan menonaktifkan getaran. Tindakan ini akan membuat baterai lebih tahan lama dan tidak mudah habis. Sebagai alternatif, gunakan notifikasi suara. Dengan begitu, panggilan dan pesan akan tetap memberikan pemberitahuan suara.

Meskipun terlihat sederhana dan mungkin tidak banyak pengguna ponsel yang menyadarinya, menonaktifkan getaran ketika ada panggilan masuk adalah cara efektif untuk mengurangi penggunaan daya baterai di HP Realme C2. Jika memungkinkan, lebih sering menggunakan notifikasi suara.

2. Menggunakan Mode Hemat di HP Realme C2

Cara menghemat baterai HP realme C2 selanjutnya yaitu mengaktifkan mode hemat di HP Realme C2. Sistem operasi Realme, yaitu ColorOS, telah menyediakan fitur mode hemat yang memungkinkan pengguna untuk menghemat kapasitas baterai tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan.

Dengan mengaktifkan mode hemat di HP Realme C2, beberapa fitur lain dalam ponsel akan dinonaktifkan, seperti sinkronisasi aplikasi, getaran saat layar disentuh, dan penurunan kecerahan layar ponsel.

3. Mematikan Sinkronisasi Akun di HP Realme C2

Cara menghemat baterai HP realme C2 yang ketiga adalah mematikan sinkronisasi akun di HP. Menghemat daya baterai di HP Realme C2 bukan hanya tentang mengaktifkan mode hemat. Kamu juga bisa mematikan sinkronisasi akun yang sudah terdaftar di ponsel. Caranya cukup mudah melalui pengaturan ponsel.

Baca juga:  5 Desa di Kebumen yang Dilalui Tol Cilacap-Jogja

Masuk ke pengaturan, pilih opsi akun dan sinkronisasi, lalu nonaktifkan fitur sinkronisasi pada sudut kanan atas. Dengan ini, kamu telah berhasil menghemat kapasitas baterai. Gunakan ponsel sesuai kebutuhan dan pantau daya baterainya secara berkala.

4. Hindari Menggunakan Wallpaper yang Terlalu Terang

Cara menghemat baterai HP realme C2 yang keempat adalah menghindari penggunaan wallpaper yang terlalu terang. Salah satu kesalahan yang sering terjadi adalah menggunakan wallpaper dengan warna cerah di HP Realme C2. Perlu diingat bahwa warna-warna cerah ini dapat mempercepat penggunaan daya baterai, sehingga baterai menjadi cepat habis.

Warna pada wallpaper dapat memengaruhi daya baterai. Sebaiknya, hindari wallpaper dengan warna yang terlalu cerah, karena hal ini dapat mengonsumsi daya baterai dengan cepat.

5. Matikan Majalah Layar Kunci di HP Realme C2

Cara menghemat baterai HP realme C2 selanjutnya adalah mematikan majalah layar kunci. Dengan mematikannya, saat ponsel terkunci atau saat membuka layar, tidak akan ada tampilan yang cerah. Sehingga tampilannya akan lebih redup. Cara mematikan majalah layar kunci di HP Realme C2 cukup sederhana. Buka pengaturan atau settings, pilih layar beranda dan majalah layar kunci. Kemudian matikan opsi majalah layar kunci. Proses ini akan segera selesai.

6. Aktifkan Kecerahan Otomatis

Cara menghemat baterai HP realme C2 yang terakhir adalh dengan cara mengaktifkan kecerahan otomatis. Meskipun terlihat sederhana, penggunaan tingkat kecerahan layar yang tinggi dapat mempercepat penggunaan daya baterai di HP Realme C2. Sebaiknya, aktifkan opsi kecerahan otomatis yang sudah tersedia di bilah notifikasi.

Kamu bisa mengaktifkannya melalui bilah notifikasi di bagian atas layar. Cari ikon matahari dan di sebelahnya terdapat simbol “A”. Klik ikon tersebut, dan layar akan mengatur kecerahan secara otomatis. Dengan begitu, kecerahan layar akan disesuaikan dengan kondisi pencahayaan di sekitar kamu.

Itulah 6 cara menghemat baterai HP realme C2. 

Penutup

Cara menghemat baterai HP realme C2 cukup mudah. Dan pengetahuan ini harus dimiliki oleh para pengguna hape merk dan tipe ini. Secara umum, cara menghindari konsumsi daya baterai yang berlebihan pada HP ada tujuh, yakni kita bisa mengurangi kecerahan layar, nonaktifkan getaran hp, matikan fitur GPS, aktifkan mode hemat daya, dan menghapus aplikasi yang tidak diperlukan.

Selanjutnya, kurangi waktu standby pada layar HP, dan terakhir jangan menggunakan terlalu banyak widget di layar utama hp. Dengan menerapkan tips ini, dijamin hp kamu akan lebih hemat baterai.

jogjabay

Jogjabay.id

Jogjabay.id merupakan official website resmi Jogja Bay Waterpark. Situs ini memberikan informasi & update terbaru seputar wisata di Yogyakarta dan daerah lain di Indonesia.

Artikel Terkait