Cara Cek Kuota Axis melalui Telepon dan Tips Hemat Kuota

by

Jogjabay.id

Jogjabay.id – Sebagai pengguna Axis, kamu perlu mengetahui cara cek kuota Axis melalui telepon, SMS, hingga aplikasi. Dengan mengecek kuota secara berkala, kamu bisa mengetahui sisa kuota yang tersisa sehingga kamu bisa mengontrol pemakaiannya. 

Terkadang, seseorang memakai wi-fi di dalam rumah sampai lupa tidak memeriksa berapa sisa kuota internet yang dimiliki. 

Padahal, ketika berada di luar tentunya kamu butuh paket internet baik dalam jumlah besar atau kecil tergantung penggunaan. Kuota paket internet juga memiliki batas waktu pemakaian sehingga wajib selalu diisi secara berkala.

Jika kamu tidak menyadari sisa kuota internet Axis, takutnya kuota tinggal sedikit lalu habis di situasi di mana kamu tidak bisa langsung menyambung ke jaringan wifi. Nah, maka dari itu kamu bisa menyimak cara cek sisa kuota Axis berikut ini. 

Cara Cek Kuota Axis melalui Telepon

Bagi kamu yang sedang mencari cara cek kuota Axis tanpa aplikasi baru, yaitu bisa mencoba cara check kuota Axis melalui telepon berikut ini. Kamu tidak perlu mengunduh atau menginstall aplikasi apa pun, cukup manfaatkan fitur telepon di hp.

Pertama-tama, kamu bisa membuka aplikasi telepon pada hp masing-masing dan mengetikkan *808#. Tekan panggilan telepon lalu tunggu hingga muncul layar notifikasi yang berisi informasi paket yang sedang aktif. 

Setelah muncul informasi paket yang sedang aktif kamu gunakan, kamu bisa memilih paket menu sesuai keinginan. Nah, pilihan menu berikutnya akan muncul bersamaan dengan informasi kuota internet yang kamu perlukan. 

Baca juga:  5 Cara Pesan Tiket KRL Solo Jogja Mudah dan Gak Ribet!

Cara ini terbilang cukup mudah karena kamu tidak perlu mengunduh aplikasi baru untuk mengecek kuota Axis. Apalagi, di masa sekarang yang serba digital ini, kamu membutuhkan kuota internet untuk mengakses aplikasi dan website dalam hp.

Misalnya, jika kamu ingin melakukan streaming video atau bermain sosial media seperti Twitter, Instagram, WhatsApp, dan lain sebagainya membutuhkan kuota internet yang memadai agar dapat berjalan lancar. 

Cara Cek Kuota Axis melalui SMS

Selain cara cek kuota Axis melalui telepon, kamu juga bisa menggunakan cara mengecek kuota Axis lewat SMS. Lewat cara ini, kamu tidak perlu mengunduh aplikasi baru dan tinggal memanfaatkan fitur pesan yang ada di hp. 

Kamu tidak perlu khawatir pulsa akan terpotong apabila mengecek kuota internet Axis via SMS. Karena, mengecek kuota Axis melalui SMS tidak membuat pulsa kamu menjadi berkurang atau terpotong otomatis. 

Langkah-langkah cara mengecek kuota Axis dengan fitur pesan yaitu kamu mengetik dengan format “Kuota”. Selanjutnya, tuliskan alamat pengiriman ke 123. 

Selama pesan dikirim, tunggu selama beberapa saat hingga kamu memperoleh balasan. Balasan pesan yang kamu terima nantinya akan berisi mengenai informasi sisa kuota internet waktu itu. 

Apabila kuota internet kamu tinggal sedikit, kamu bisa melakukan pengisian ulang atau top up melalui konter terdekat atau membelinya di aplikasi Axis.

Axis menyediakan berbagai macam pilihan paket data lengkap yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Harganya bervariasi tergantung dari besar jumlah kuota dan masa berlakunya. 

Cara Cek Kuota Axis melalui Aplikasi AXISNet

Cara cek kuota Axis gratis berikutnya yaitu bisa menggunakan aplikasi AXISNet. Hanya dengan bermodalkan koneksi jaringan internet yang stabil dan hp, kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur dalam aplikasi AXISNet, termasuk mengecek sisa kuota. 

Baca juga:  8 Cara Cek Nomor Smartfren & Solusi Voucher Tidak Masuk!

Caranya cukup sederhana dan mudah. Bagi kamu yang belum memiliki aplikasi AXISNet, maka bisa mengunduhnya terlebih dahulu melalui Play Store ataupun App Store. 

Selanjutnya, setelah aplikasi terpasang, kamu bisa membuka aplikasi AXISNet. 

Untuk mengetahui informasi sisa kuota paket internet yang kamu miliki saat itu, bisa kamu lihat pada halaman utama yang muncul pada aplikasi AXISNet. Jika kamu tertarik membacanya lebih detail, pilih opsi “lihat detail” untuk informasi lebih lanjut.

Usahakan untuk mengecek kuota secara berkala untuk mengantisipasi kuota internet habis di tengah aktivitas yang melibatkan koneksi internet. 

Terutama, jika kamu mengandalkan kuota internet untuk mengerjakan ujian, tentunya perlu lebih dicermati. 

Tips Menghemat Kuota Internet Axis

cara cek kuota Axis melalui telepon
cara cek kuota Axis melalui telepon

Pada zaman sekarang, secara sadar maupun tidak kuota internet sudah menjadi bagian dari kebutuhan sehari-hari. Bahkan bagi sebagian orang yang bekerja atau beraktivitas dengan melibatkan internet, keberadaan kuota seperti kebutuhan pokok.

Kemajuan teknologi memang memicu berbagai inovasi digital. Kebanyakan aktivitas yang dulunya dilakukan secara luring kini bisa dijangkau dengan daring asalkan terhubung ke jaringan internet. 

Hampir setiap minggu atau bulan, orang-orang memperbarui paketan mereka lantaran yang sebelumnya sudah habis terpakai. Membeli paketan internet terus menerus tentu saja bisa membuat keuangan kamu menjadi boros dan membengkak.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk mengetahui cara cek pulsa Axis atau kuota internetnya untuk mempersiapkan diri jika kuota sudah hampir menipis. 

Nah, kuota menipis dan belum ada jatah untuk membeli yang baru, maka kamu bisa mulai hemat. 

Berikut adalah beberapa tips hemat kuota internet Axis:

1. Batasi Fitur Pembaruan Otomatis

Kamu mungkin pernah berada dalam suatu peristiwa di mana aplikasi yang biasanya kamu gunakan sudah berganti versi padahal kamu belum mengunduh versi terbarunya. Kemungkinan, aplikasi tersebut melakukan update otomatis. 

Baca juga:  5 Cara Menghitung Harga Emas dengan Kalkulator Akurat

Proses pembaruan otomatis pada aplikasi bisa menyedot kuota internet kamu. Apalagi, jika ada banyak aplikasi yang perlu diperbarui. Kamu bisa mengaktifkan fitur update otomatis hanya ketika terkoneksi dengan wifi. 

Dengan begitu, saat kamu sedang memakai kuota internet Axis, aplikasi tidak serta merta langsung mengupdate sendiri. Melainkan menunggu tersambung wi-fi untuk melakukan pembaruan. 

2. Menggunakan Browser yang Hemat

Sebagian peramban internet, cukup membuat boros kuota internet ketika sedang digunakan untuk menelusuri sesuatu. Kamu bisa mencoba menggunakan browser lain di Play Store untuk melakukan penelusuran. 

Salah satu browser yang hemat untuk kamu pakai adalah Opera Mini. Opera Mini dapat mengompres situs-situs yang kamu buka sehingga kamu hanya memerlukan kuota data internet primer. 

3. Mengatur Penggunaan Aplikasi yang Boros Kuota

Jumlah besaran kuota yang dibutuhkan untuk mengakses tiap aplikasi tentu saja berbeda. Misalnya aplikasi chatting dengan aplikasi gaming, umumnya lebih boros kuota aplikasi gaming. 

Untuk mengetahui aplikasi mana yang boros kuota, kamu bisa pergi ke pengaturan dan melihat menu “Data Usage”. Lalu, gulir hingga ke bawah untuk mengetahui aplikasi mana saja yang boros kuota. 

Setelah mengetahuinya, kamu bisa mencoba untuk mengurangi frekuensi penggunaan aplikasi tersebut. Beberapa aplikasi yang biasanya menyedot kuota banyak antara lain aplikasi streaming video, aplikasi gaming, dan lain sebagainya. 

Selain tips yang sudah disebutkan di atas, kamu juga bisa mengaplikasikan cara cek kuota Axis melalui telepon, SMS, hingga aplikasi untuk mengetahui sisa internet sehingga dapat bersiap jika kuota menipis. 

Penutup

Nah, cara cek kuota Axis melalui telepon ternyata cukup mudah dilakukan, bukan? Kamu bisa membeli paket internet baru melalui aplikasi AXISNet dengan beragam pilihan kuota mulai dari harga terjangkau.

jogjabay

Jogjabay.id

Jogjabay.id merupakan official website resmi Jogja Bay Waterpark. Situs ini memberikan informasi & update terbaru seputar wisata di Yogyakarta dan daerah lain di Indonesia.

Artikel Terkait