Bibarokatil Fatihah Artinya Dan Keutamaan Kalimat Tersebut

by

Jogjabay.id

Jogjabay.idBibarokatil Fatihah Artinya apa ya? Kata-kata ini sangat sering kita dengar dari lisannya orang-orang suci atau tokoh agama Islam seperti para kiai dan ustad. Bibarokatil Fatihah adalah sebuah frase yang sering digunakan dalam budaya dan kehidupan sehari-hari umat Muslim. Frase ini berasal dari bahasa Arab dan memiliki makna dan keutamaan khusus dalam Islam.

Lalu, apa saja keutamaan kalimat tersebut dan artinya? Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan Bibarokatil Fatihah artinya apa, dan beberapa keutamaan menggunakan kata-kata tersebut dalam kehidupan sehari ini dalam rangka mengabulkan permohonan kepada Tuhan.

Bibarokatil Fatihah Artinya Apa?

Bibarokatil Fatihah Artinya
Bibarokatil Fatihah Artinya

Bibarokatil Fatihah Artinya adalah ungkapan yang berasal dari bahasa Arab yang terdiri dari dua kata kunci, yaitu:

  • Bibarokati: Berarti “dengan berkatnya” atau “dengan barokahnya.”
  • Fatihah: Merujuk pada Surah Al-Fatihah, yaitu surah pertama dalam Al-Qur’an yang terdiri dari tujuh ayat.

Jadi, secara harfiah, Bibarokatil Fatihah artinya adalah “dengan berkatnya Surah Al-Fatihah” atau “dengan barokahnya Surah Al-Fatihah.”

Keutamaan Surah Al-Fatihah dalam Islam

Sekarang kita akan membahas sedikit tentang keutamaan Surah Al-Fatihah. Surat al Fatihah adalah surat yang sangat penting dalam Islam dan memiliki banyak keutamaan. Surah ini dianggap sebagai “Ummul Kitab” atau “Induk dari Al-Qur’an,” karena ia berisi pokok-pokok ajaran Islam secara ringkas.

Baca juga:  16 Aplikasi Download Lagu Terbaik, Cepat & Tanpa Iklan

Berikut adalah beberapa keutamaan Surah Al-Fatihah:

1. Surah Pembuka Pintu Doa

Surah Al-Fatihah dianggap sebagai kunci pembuka pintu doa bagi umat Muslim. Ini adalah surah yang paling sering dibaca dalam setiap rakaat shalat fardhu. 

Dalam hadis Nabi Muhammad SAW., disebutkan bahwa Allah SWT. berfirman, “Aku telah membagi shalat menjadi dua bagian antara Aku dan hamba-Ku, dan bagi hamba apa yang dia minta.” Sehingga, saat seorang Muslim membaca Surah Al-Fatihah, dia berkomunikasi langsung dengan Allah dalam setiap rakaat shalatnya.

2. Mengandung Pujian untuk Allah

Surah Al-Fatihah berisi pujian dan penghormatan terhadap Allah SWT. Sebagai pencipta dan pemelihara seluruh alam semesta, Allah diakui sebagai Tuhan yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Surah ini mengajarkan umat Muslim untuk selalu bersyukur dan memuji-Nya atas segala nikmat yang diberikan.

3. Doa untuk Petunjuk Jalan yang Lurus

Dalam Surah Al-Fatihah, umat Muslim memohon petunjuk dan hidayah Allah SWT. untuk menjalani kehidupan dengan jalan yang lurus (shiratal mustaqim). Surah ini menggambarkan kebutuhan manusia akan bimbingan ilahi agar dapat menghindari jalan-jalan sesat dan mengikuti jalan yang diridhoi oleh-Nya.

4. Pengampunan Dosa

Surah Al-Fatihah juga berisi doa memohon ampunan Allah atas dosa-dosa yang telah dilakukan. Dalam surah ini, umat Muslim memohon ampunan-Nya dan mengakui bahwa hanya Dia yang dapat mengampuni dosa-dosa hamba-Nya.

Jadi, keutamaan surat al Fatihah ini sangat banyak. Sebagaimana telah dijelaskan di atas. Sekarang kita akan membahas apa keutamaan membaca Bibarokatil Fatihah.

Keutamaan Membaca “Bibarokatil Fatihah”

“Bibarokatil Fatihah” adalah doa tambahan yang sering diucapkan oleh umat Muslim setelah membaca Surah Al-Fatihah. Dalam budaya Islam, doa ini dipercaya memiliki berbagai keutamaan, di antaranya:

Baca juga:  Efek Samping Makarizo Easy Straight Terbaru

1. Memperkuat Doa dan Harapan

Dengan mengucapkan “Bibarokatil Fatihah” setelah membaca Surah Al-Fatihah, umat Muslim berharap bahwa doa dan permohonan mereka akan diperkuat dan didengar oleh Allah SWT.

2. Mendatangkan Berkah

“Bibarokatil Fatihah” juga diyakini dapat mendatangkan berkah dan keberkahan dalam kehidupan sehari-hari. Doa ini menjadi sarana untuk memohon keberkahan-Nya dalam segala aspek kehidupan.

3. Peningkatan Kehadiran Spiritual

Dengan menghayati dan mengucapkan “Bibarokatil Fatihah,” seorang Muslim dapat merasakan peningkatan kesadaran spiritual dan kedekatan dengan Allah SWT. Doa ini membantu menciptakan ikatan yang lebih kuat antara hamba dan Tuhannya.

Jadi, itulah antara lain keutamaan membaca Bibarokatil Fatihah dalam rangka memperkuat permohonan, mendatangkan berkah, dan meningkatkan kualitas spiritual.

Kesimpulannya

Bibarokatil Fatihah Artinya adalah dengan keberkahan surat al Fatihah, atau doa tambahan yang sering bisa kita ucapkan ketika sedang memanjatkan doa atau suatu hajat. Artinya, dengan keberkahan surat al Fatihah ini sebagai perantara (washilah), kita mengharapkan doa kita lebih cepat terkabul.

Selain itu, penting bagi setiap Muslim untuk menghayati makna dan keutamaan Surah Al-Fatihah, serta “Bibarokatil Fatihah,” ini sebagai bagian dari ibadah dan hubungan pribadi dengan Allah SWT. Dengan memahami dan meresapi pesan dalam doa ini, seorang Muslim dapat memperkuat ikatan spiritualnya dan menghadirkan makna yang lebih dalam dalam kehidupan sehari-hari.

Dan yang lebih penting lagi, doa kita akan lebih cepat diijabah atau dikabulkan Allah berkat bertawasul dengan surat al Fatihah tersebut.

jogjabay

Jogjabay.id

Jogjabay.id merupakan official website resmi Jogja Bay Waterpark. Situs ini memberikan informasi & update terbaru seputar wisata di Yogyakarta dan daerah lain di Indonesia.

Artikel Terkait