Bendera Malaysia 55 Tahun yang Lalu Kembali Viral!

by

Jogjabay.id

Jogjabay.id – Isu tentang bendera Malaysia 55 tahun yang lalu kembali viral. Sedikitnya ada 54.000 orang dalam 2 hari terakhir saat artikel ini ditulis, yang mengetikkan kata kunci tersebut di mesin pencari Google. Tidak hanya kata-kata itu. Netizen juga menelusuri info viral tersebut dengan kata kunci serupa seperti “gambar bendera Malaysia 55 tahun yang lalu”, “foto bendera Malaysia 55 tahun yang lalu”, dan kata-kata senada.

Cukup menarik untuk membahas fenomena tersebut. Oleh karena itu di artikel kali ini saya ingin membahas tema tentang bendera Malaysia 55 tahun yang lalu ini, dan apa sih sebenarnya yang membuat isu tersebut kembali viral di dunia maya. Yuk, simak ulasan selengkapnya!

Gambar Bendera Malaysia 55 Tahun yang Lalu

bendera Malaysia 55 tahun yang lalu
bendera Malaysia 55 tahun yang lalu

Dari sejumlah sumber yang penulis telusuri, berita viral tentang bendera Malaysia 55 tahun ini bermula pada tanggal 24 September 2022. Ada seorang pengguna Tiktok dengan akun bernama @ppireng841 yang memposting sebuah video bergambar bendera negara Malaysia. Di video tersebut ia tulis caption “pokoknya jangan dicari bendera Malaysia 55 tahun yang lalu.”

Dengan caption seperti itu, tentu saja membuat para netizen jadi penasaran dan mencari informasi yang berkaitan dengan bendera Malaysia 55 tahun tersebut di Google.

Walhasil, tidak ada yang aneh pada gambar bendera Malaysia. Yang menimbulkan kontroversi ternyata desain gambar pada logo HUT Malaysia yang ke-55, yang menyerupai alat kelamin pria. Inilah yang menyebabkan kehebohan di jagat maya itu. Dan, entah kenapa, geger itu kembali terjadi hingga pada Mei 2023. 

Baca juga:  10 Cara Top Up Domino Murah 2K Via Pulsa

Logo Bendera Malaysia 55 Tahun yang Lalu

Setelah penulis teliti, sebenarnya tidak ada yang aneh dengan logo HUT Malaysia yang ke-55 tahun ini. Entah apa sudah direvisi oleh pemerintah Malaysia, atau memang itu hanya hoax, yang mengatakan bahwa logo bendera mirip dengan alat kelamin pria.

Setelah penulis amati, di logo tersebut hanya ada gambar bendera Malaysia, angka 55 dan 1, serta kata-kata “Merdeka” dan “Janji Ditepati”.

Dari berbagai sumber, makna gambar bendera pada logo tersebut sbb “Merupakan simbol negara Malaysia yang dicintai yang memamerkan pencapaian cemerlang negara sejak merdeka. Merupakan kebanggan setiap rakyat Malaysia kerana namanya kini terserlah di persada dunia.”

Kemudian angka 55 “Melambangkan Institusi Raja Berpelembagaan dan kedaulatan Negara yang telah dipertahankan sejak 55 Tahun”.

Selanjutnya huruf M pada kata Merdeka “Melambangkan perpaduan utuh masyarakat Malaysia yang berusaha mencapai kemajuan (Maju) dan kemakmuran (Makmur) negara sejak awal kemerdekaan dicapai.”

Sedangkan kata Merdeka “Melambangkan keunikan, liku-liku serta cabaran yang dihadapi oleh para pejuang dan pemimpin negara dalam memperjuang dan mempertahankan kemerdekaan serta kedaulatan negara.”

Adapun, makna kata Janji Ditepati “Melambangkan kesungguhan dan komitmen kerajaan dalam menunaikan janji kepada rakyat untuk membawa kemakmuran, kemajuan, kehidupan dan peluang ekonomi yang terbaik.”

Terakhir, makna angka 1 pada logo “Melambangkan rakyat Malaysia yang saling bersatu padu, bekerjasama, bermufakat, berdikari, berfikir dan menghayati satu visi untuk membina satu Negara Bangsa.”

Sejarah Bendera Malaysia

Bendera Malaysia, yang juga dikenal sebagai Jalur Gemilang, secara resmi diadopsi pada 16 September 1963. Bendera ini dirancang oleh seorang seniman terkenal bernama Mohamed Hamzah. Jalur Gemilang terdiri dari 14 jalur merah dan putih yang secara bergantian melintang secara horizontal.

Baca juga:  Terbaru! 5 Cara Mudah Dapat Kode Verifikasi Dari 3143

Warna merah melambangkan keberanian dan kepahlawanan, sementara warna putih melambangkan kesucian dan kejujuran. Di kanton sebelah kiri atas, terdapat sebuah bulan sabit kuning dengan bintang berjumlah 14 yang mewakili 13 negara bagian Malaysia dan Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur.

Makna Bendera Malaysia

Bendera Malaysia memiliki makna yang mendalam dan simbolik. Jalur merah dan putih melambangkan persatuan antara berbagai suku bangsa dan etnis di Malaysia. Bendera ini juga mencerminkan semangat kemerdekaan dan perjuangan rakyat Malaysia dalam mencapai kemerdekaan dari penjajahan. Bulan sabit dan bintang kuning adalah simbol Islam, agama mayoritas di negara ini, dan juga mewakili kesetaraan, persatuan, dan harmoni antara suku bangsa yang berbeda.

Dampak Video Viral

Video viral tentang bendera Malaysia 55 tahun yang lalu di TikTok telah memunculkan minat yang signifikan pada generasi muda terhadap sejarah dan budaya negara mereka. Banyak pengguna TikTok yang mengungkapkan kekaguman mereka terhadap desain yang sederhana namun bermakna dari bendera tersebut. 

Beberapa pengguna juga berbagi pengettahuan mereka tentang perjuangan kemerdekaan dan semangat persatuan yang tercermin dalam bendera Malaysia. Video tersebut juga menginspirasi orang-orang untuk lebih mempelajari sejarah negara mereka dan menghargai warisan budaya yang kaya.

Selain itu, viralnya video tentang bendera Malaysia 55 tahun yang lalu di TikTok juga memperluas jangkauan pengetahuan sejarah dan budaya Malaysia ke luar batas geografis negara tersebut. Melalui berbagi dan menyebarkan video ini, orang-orang di seluruh dunia dapat mempelajari lebih lanjut tentang Malaysia, mengenali simbol-simbol nasionalnya, dan menghormati perjuangan dan identitas bangsa tersebut.

Dengan adanya konten viral semacam ini, platform TikTok memberikan kesempatan unik bagi generasi muda untuk terhubung dengan sejarah mereka melalui format yang menarik dan relevan. Ini juga mendorong mereka untuk mengeksplorasi lebih dalam tentang identitas nasional mereka dan mendorong rasa kebanggaan akan warisan budaya mereka.

Baca juga:  9 Cara Cek Nomor Axis Paling Praktis dan Beberapa Persoalan Kartu Axis Saat Ini!

Merayakan HUT Kemerdekaan Malaysia ke-55 Tahun 2012

Setiap tahun, pada tanggal 31 Agustus, rakyat Malaysia dan dunia internasional merayakan Hari Kemerdekaan Malaysia. Namun, peringatan HUT Kemerdekaan ke-55 pada tahun 2012 mempunyai makna yang khusus dan istimewa. Tahun tersebut menjadi tonggak penting dalam sejarah negara ini, menandai perjalanan luar biasa Malaysia sejak meraih kemerdekaan pada tahun 1957.

55 Tahun Perjalanan Kemerdekaan

Dalam perjalanan sejarah negara Malaysia, HUT Kemerdekaan ke-55 tahun pada tahun 2012 merupakan tonggak penting dalam memperingati 55 tahun Malaysia merdeka. Sejak mendapatkan kemerdekaan pada tahun 1957, Malaysia telah menghadapi banyak tantangan dan pencapaian yang signifikan dalam bidang politik, sosial, dan ekonomi. Peringatan HUT Kemerdekaan Malaysia ke-55 tahun pada tahun 2012 adalah sebuah momen yang istimewa dalam sejarah negara ini.

Melibatkan Masyarakat

Merayakan perjalanan 55 tahun sejak kemerdekaan, peringatan ini melibatkan masyarakat dalam semangat kebangsaan, keanekaragaman budaya, dan prestasi-pencapaian Malaysia. Ini adalah momen untuk merayakan kebersamaan, merenungkan pencapaian, dan merencanakan masa depan yang lebih baik. Melalui peringatan ini, Malaysia terus menegaskan identitas nasionalnya sebagai negara yang maju, inovatif, dan bermasyarakat harmonis.

Penutup

Demikian artikel tentang bendera Malaysia 55 tahun yang lalu yang kembali viral akhir-akhir ini. Viralnya video tentang bendera Malaysia tersebut sebenarnya memberikan banyak dampak positif terhadap Malaysia. Dengan viralnya video tersebut, orang-orang dari berbagai belahan dunia akhirnya jadi mengenal keberadaan Malaysia.

Ini merupakan promosi gratis untuk Malaysia. Apakah ini by design atau tidak sengaja, yang jelas Malaysia cukup diuntungkan dengan viralnya video tersebut. Promo GRATIS!

jogjabay

Jogjabay.id

Jogjabay.id merupakan official website resmi Jogja Bay Waterpark. Situs ini memberikan informasi & update terbaru seputar wisata di Yogyakarta dan daerah lain di Indonesia.

Artikel Terkait